Sponsor

Rabu, 15 Mei 2019

RPP 1.9 Kls XII_GJL_2013_PAI_PERK ISLAM IND


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                        : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII/Ganjil
Materi Pokok               : Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
Alokasi Waktu            : 2X 3 Jam Pelajaran (JP)

A.  Kompetensi Inti
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.9
Meyakini bahwa dakwah dengan cara damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia
1.9.1    Menerima kebenaran bahwa dakwah dengan cara damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia 
1.9.2 Mengakui kebenaran bahwa dakwah dengan cara damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia 
2.9
Menjunjung tinggi kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
2.9.1   Menampilkan sikap menjunjung tinggi kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
2.9.2   Membiasakan sikap kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
2.9.3   Menjaga kebiasaan rukun dan damai dalam kehidupan sehari-hari
3.9
Menganalisis dan mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia
3.9.1    Menelusuri sejarah perkembangan Islam di Indonesia
3.9.2    Menelaah sejarah perkembangan Islam di Indonesia
3.9.3    Mengemukakan sejarah perkembangan Islam di Indonesia
3.9.4    Menyimpulkan sejarah perkembangan Islam di Indonesia
4.9
Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
4.9.1    Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
4.9.2    Mendemonstrasikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
4.9.3    Mencontoh nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari

C.  Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Calender Story dan Pesta Topeng peserta didik dapat menganalisis dan mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia; menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia, sehingga meyakini bahwa dakwah dengan cara damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia dan menjunjung tinggi kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari

D.  Materi Pembelajaran
·      Kebenaran bahwa dakwah dengan cara damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia 
·      Kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
·      Sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·      Nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia


E.  Model/Metode Pembelajaran
·      Calender Story
·      Pesta Topeng

F.   Media Pembelajaran
·      Laptop dan LCD Projector
·      Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
·      Kertas karton
·      Peta atau globe
·      White board
·      Spidol
·      Penghapus, dll.

G. Sumber Belajar
·      Al-Quran dan terjemahnya Depag RI
·      Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
·      Buku lain yang relevan
·      Lingkungan
·      Perpustakaan
·      Guru
·      Tokoh sejarah

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Menelusuri sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·      Menelaah sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·      Mengemukakan sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·      Menyimpulkan sejarah perkembangan Islam di Indonesia
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5
6
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Melakukan  apersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit


Kegiatan Inti: Calender Story


1


2


3


4









5








6



7

8


9

10


11

12

13

15


16
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok hetorogen yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, dengan tingkat kemampuan dan latar pendidikan yang beragam
Setiap kelompok diberi tugas untuk membaca sebuah materi tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia  dengan sistem silent reading dan menggunakan berbagai macam literasi yang beragam
Dari naskah yang dibaca oleh setiap kelompok kini saatnya kelompok untuk membuat buku  tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia  sesuai dengan topik topik yang dipelajari
Buku cerita yang harus dibuat oleh kelompok susunannya sebagai berikut cover berisi judul dan nama kelompok yang membuatnya. Cover dibuat dengan lay out sebagus mungkin sehingga menarik dan membangkitkan selera orang untuk membacanya. Kemudian halaman kedua berisi cerita atau kisah  tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia yang ditulis dengan lengkap dan runtut. Halaman  berikutnya berisi tulisan bagaimana pengalamanmu? Di halaman ini setiap kelompok menuliskan pengalaman yang menggambarkan peristiwa sejarah perkembangan Islam di Indonesia seperti pegalaman peserta didik mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan para tokoh.
Halaman berikutnya setiap kelompok harus membuat peta pikiran atau mind mapping tentag sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Beberapa hal yang dituliskan dalam peta konsep tidak lepas dari pertayaan 4 W (what, why, where, when, who) dan 1 H (how). Peta pikiran atau mind map disajikan dengan berbagai tampilan yang sangat menarik dan dalam bentuk yang sangat bervariasi bentuknya bisa gambar pohon, gambar bunga di taman, gambar teratai di kolam gambar kendaraan, dan sebagainya sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas kelompok
Halaman berikutnya berisi tokoh dalam cerita di halaman ini setiap kelompok harus menuliskan siapa saja tokoh yang ada dalam cerita atau kisah peristiwa sejarah perkembangan Islam di Indonesia dan setiap tokoh harus dideskripsikan dengan jelas dan lengkap
Halaman selanjutnya berjudul puisi salah satu tokoh yang ada dalam kisah atau cerita sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Halaman selanjutnya ceerita imajinatif yang berisi apa yang akan dilakukan apabila kalian menjadi salah satu tokoh yang ada dalam kisah tersebut
Halaman berikutnya berisi tentang siapa tokoh yang paling disukai dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Halaman selanjutnya berisi tentang refleksi tentang peristiwa kemajuan peradaban Islam dunia yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
Halaman selanjutnya berisi map atau peta perjalanan para penyebar Islam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Halaman berikutnya  berisi tentang referensi yang digunakan untuk membuat buku tersebut
Halaman terakhir dikosongkan karena akan diisi oleh berbagai komentar dari teman-teman yang membaca buku tersebut
Langkah selanjutnya adalah setiap kelompok menukar hasil karya satu kelompok dengan kelompok lain dan minta kelompok lain untuk memberikan komentar
Giliran setiap kelompok mengadakan presentasi dengan mengujungi kelas lain
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2


3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan dating yaitu demontrasi tokoh-tokoh perjuang Islam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·      Mendemonstrasikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·      Mencontoh nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5
6
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
 Meminta siswa memimpin doa dan kultum
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Melakukan  apersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit


Kegiatan Inti: Pesta Topeng


1
2
3

4
5
Peserta didik dibagi menjadi 4-6 kelompok
Guru membagikan nama-nama tokoh sejarah
Setiap peserta didik mendalami semua karakter, pemikiran, biografi dan karya-karya tokoh sejarah
Peserta didik membuat topeng sesuai dengan nama tokoh sejarah
Setiap kelompok presentasi sesuai dengan nama tohoh sejarah
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datangyaitu penilaian harian tertulis
Doa dan penutup
15  Menit

I.     Penilaian Hasil Pembelajaran
a.    TeknikPenilaian
1.    Sikap                        : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian
1.    Sikap                        : lembar observasi sikap (Lampiran)
2.    Pengetahuan            : Soal PG dan (Lampiran)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran)
a.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
b.    Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Saepuddin Al-Malik, M.Pd.I.                                               Badru Zaman, S.Ag







LAMPIRAN 1
PENILAIAN

A.  Penilaian Sikap
a.    Observasi
No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.   Jurnal
No.
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






Dst.







B.  Pengetahuan
a.    Tes Tulis








C.  Ketrampilan
a.    Presentasi Kelompok Model
Rubrik Unjuk Kerja Presentasi
No.
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/
Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)
1





2





3





4





5





Dst.






Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...