Sponsor

Jumat, 03 Mei 2019

RPP 1.2 Kls XI_GNP_2013_PAI_TOLERANSI


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-7)

Sekolah                        : SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran              : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XI/ Genap
Materi Pokok              : Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-
   Maidah/5: 32
Alokasi Waktu            : 5x 3 Jam Pelajaran (JP)

A.      KOMPETENSI INTI

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :

1.2
Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
121.Menerima bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan  menghindarkan diri dari tindak kekerasan
122.Menyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan  menghindarkan diri dari tindak kekerasan
123.Mempertahankankeyakinan bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan  menghindarkan diri dari tindak kekerasan
2.2
Bersikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis terkait
221.Menampilkan sikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindakekerasan sebagai implementasi pemahaman Q.S. Yunus /10 : 40-41 dan Q.Sal-Maidah/5 : 32, serta Hadis terkait
222.Membiasakan sikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindakekerasan sebagai implementasi pemahaman Q.S. Yunus /10 : 40-41 dan Q.Sal-Maidah/5 : 32, serta Hadis terkait
223.Mempertahankan sikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman Q.S. Yunus /10 : 40-41 dan Q.Sal-Maidah/5 : 32, serta Hadis terkait
3.2
Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

3.2.1.      Mengartikan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
3.2.2.      Mengidentifikasi tajwid arti Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
3.2.3        Menyimpulkan isi kandungan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
4.2.1
Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

4.2.1.1.Menerapkan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32,
4.2.1.2.Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, secara klasikal
4.2.1.3.Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, secara individual
4.2.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32dengan fasih dan lancar.

4.2.2.1.Menampilkan halafan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32dengan fasih dan lancar secara individual



C.      Tujuan Pembelajaran :
Melalui pembelajaran menggunakan model Braiding, kepala bernomor, drill, gallery walk dan performance, siswa dapat  menganalisis Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta hadis tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan; Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf; Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32, dengan fasih dan lancar; Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sesuai dengan pesan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32, serta Hadis terkait sehingga siswa terbiasa membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan adalah perintah agama; dan Menunjukkan perilaku toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi perintah .S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta Hadis terkait

D.      Materi Pembelajaran :
n  Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

E.       Metode Pembelajaran
1.    Braiding Method
2.    Kepala Bernomor
3.    Drill
4.    Gallery Walk
5.    Performance

F.       Media Pembelajaran
1.     Laptop dan LCD Projector
2.     Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran

G.      Sumber Belajar
1.      Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
2.      Buku tajwid
3.      Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
4.      Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
5.      Buku lain yang relevan.
6.      Perpustakaan

H.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:

1.      Menyebutkan  nilai-nilai yang harusdibangun dalam kehidupan bermasyarakat
2.      Menunjukkan perilaku tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi perintah QQ.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta Hadis terkait
3.      Menunjukkan perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah QQ.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32serta Hadis terkait
4.      Menunjukkan perilaku persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta Hadis terkait

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15  Menit

A.    Kegiatan Inti: BRAIDING METHODS

1
2
3
4





5

6



7

8

9

10




11
12

13
Membaca meserta didik menyampaikan isi bacaan
Menayangkan gambar-gambar tentang peristiwa-peristiwa  perpecahan di masyarakat
Mengajukan dan menerima pertanyaan terkait bacaan dan  penayangan gambar diantaranya:
a.       Mengapa terjadi pengrusakan alam ?
b.      Mengapa terjadi perpecahan dan pertikaian di masyarakat ?
Nilai-nilai apa yang harus dibangun agar tidak terjadi perpecahan dan pertikaian tersebut membuka relung hati dan mengkritisi sekitar kita.
Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok masing-masing terdiri dari 5-6 orang.
Setiap kelompok dibagi kartu yang berisi nilai-nilai yang terdiri dari : simpati, empati, kasih sayang, bekerja sama, komunikasi, persaudaraan, pengendalian diri, husnudzan, santun, tidak diskriminasi, tolong menolong, saling menghormati.
Peserta didik memilih lima nilai yang terpenting dari 12 nilai tersebut yang harus dibagun agar tidak terjadi perpecahan dan pertikaian di masyarakat.
Peserta didik menyusun kelima nilai yang telah dipilihnya dan menyusunnya di karton yang telah disediakan. (10 menit)
Setiap kelompok mempresentasikan alasan memilih nilai-nilai tersebut serta keterkaitannya.
Pendidik menuliskan di papan tulis nilai-nilai yang dipilih oleh setiap kelompok, dan memilih 4-5 nilai yang paling banyak dipilih oleh semua kelompok. Nilai yang paling banyak dipilih, itulah nilai yang disepakati bersama bahwa nilai-nilai tersebut sangat penting untuk dibagun agar tidak terjadi perpecahan dan pertikaian di masyarakat.
Peserta didik menulis 4-5 nilai tersebut di buku masing-masing.
Peserta didik membaca buku sumber tentang  kontrol  diri, husnudzan dan persaudaraan.
Perwakilan peserta didik mempresentasikan  hasil bacaan tentang  kontrol  diri, husnudzan dan persaudaraan.
Peserta didik mencatat kesimpulan di buku masing-masing
105 Menit

B.     Kegiatan Penutup

1
2
3

Refleksi
PR menulis Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta hadits terkait.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.    Mengidentifikasi hukum bacaan  Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32;  (hukum nun mati dan tanwin, mad wajib dan mad jaiz)
2.    Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik



15 Menit

Kegiatan Inti : KEPALA BERNOMOR

1
2
3
4

5

6

7
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang.
Diskusi kelompok untuk mengisi LK dibuku masing-masing .
Setiap anggota kelompok diberi nomor (kepala bernomor) 
Untuk presentasi tiap kelompok diundi  nomornya yang harus maju ke muka kelas.
Nomor yang terundi dari satu kelompok maju ke muka kelas dan mengambil undian materi yang harus dijelaskannya.
Demikian seterusnya secara bergantian menjelaskan hukum bacaan sesuai dengan undian.
Peserta didik secara bersama-sama membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dengan fasih.
105 Menit

C.    Kegiatan Penutup

1
2
3

Refleksi
PR menulis Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta hadits terkait.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.    Menyebutkan arti perkata Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32; serta hadis tentang tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2.    Menterjemahkan  Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32; serta hadis tentang tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit

D.    Kegiatan Inti : DRILL

1

2

3

4


5

6

Peserta didik menulis arti kata Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 322 serta hadits terkait dengan diskusi kelompok.
Pendidik bersama-sama peserta didik membahas arti kata Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta hadits terkait
Peserta didik latihan mengartikan perkata QS. Al hujuraat ayat 10 dan 12. Serta hadits terkait.
Secara berkelompok peserta didik saling mengetes kemampuan menyebutkan arti Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta hadits terkait dengan mengisi format penilaian yang telah disediakan.
Beberapa perwakilan peserta didik mendemontrasikan menyebutkan arti kata Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32
Beberapa peserta didik menerjemahkanQ.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32
105 Menit

E.     Kegiatan Penutup

1
2
3

Refleksi
Mencari tafsir QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 dari kitab-kitab tafsir.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit


Pertemuan Keempat
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.      Menguraikan kandungan  Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentang tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
2.      Menguraikan kandungan  Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
3.      Menguraikan kandungan  Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentag  kontrol diri (mujahadah an-nafs)dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
4.      Menyimpulkan kandungan  Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentang tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
5.      Menyimpulkan kandungan  Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
6.      Menyimpulkan kandungan  Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentag  kontrol diri (mujahadah an-nafs)dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
7.      Menemukan pesan tersiratQ.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentang tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
8.      Menemukan pesantersirat Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
9.      Menemukan pesantersirat Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentag  kontrol diri (mujahadah an-nafs)dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit

F.     Kegiatan Inti : GALLERY WALK

1

2








3
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang.
Diskusi kelompok untuk membuat peta konsep di kartoon yang telah disediakan tentang kandungan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan   12; serta hadis tentang tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah) berdasarkan salah satu mufasir, serta  hubungan antara kualitas keimanan dengan tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32, serta hadis terkait
Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
90 Menit

G.    Kegiatan Penutup

1
2
3
4
Refleksi
Tugas menghapal QS. Al hujuraat ayat 10 dan 12
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan kelima
Indikator Pencapaian Kompetensi:
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dengan fasih dan lancar

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit

Kegiatan Inti : PERFORMANCE



Peserta didik secara individu mendemontrasikan hapalan QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12.
105 Menit

Kegiatan Penutup

1
2



3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang  yaitu ulangan tertulis tentang pengertian kontrol kontrol diri, baik sangka dan persaudaraan, hukum bacaan QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12, arti kata, kandungan QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait.
Doa dan penutup
15  Menit


I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
b.    TeknikPenilaian:
1.    Sikap                        : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
c.    Bentuk Penilaian:
1.    Sikap                          :lembar observasisikap (Lampiran1)
2.    Pengetahuan            : soal esai (Lampiran 2)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran 3)
d.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
e.    Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Zella Fitri Nurdiani, SH.,M.Pd.                                           Badru Zaman, S.Ag






















LAMPIRAN

1.    Penilaian Sikap
a.    Observasi
No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.    Jurnal

No
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






dst







2.    Pengetahuan (Tes Tulis)


3.    Ketrampilan
a.    Presentasi
RubrikUnjuk Kerja Presentasi
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)













Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...