Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-7)
Sekolah : SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XI/ Genap
Materi Pokok : Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-
Maidah/5: 32
Alokasi Waktu :
5x 3 Jam Pelajaran (JP)
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif,
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
1.2
|
Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi,
kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
121.Menerima bahwa agama mengajarkan toleransi,
kerukunan, dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan
122.Menyakini bahwa agama mengajarkan toleransi,
kerukunan, dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan
123.Mempertahankankeyakinan
bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
2.2
|
Bersikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis terkait
221.Menampilkan sikap toleran, rukun, dan menghindarkan
diri dari tindakekerasan sebagai implementasi pemahaman Q.S. Yunus /10 :
40-41 dan Q.Sal-Maidah/5 : 32, serta Hadis terkait
222.Membiasakan sikap toleran, rukun, dan menghindarkan
diri dari tindakekerasan sebagai implementasi pemahaman Q.S. Yunus /10 :
40-41 dan Q.Sal-Maidah/5 : 32, serta Hadis terkait
223.Mempertahankan
sikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai
implementasi pemahaman Q.S. Yunus /10 : 40-41 dan Q.Sal-Maidah/5 : 32, serta
Hadis terkait
|
3.2
|
Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan
|
|
3.2.1.
Mengartikan
Q.S. Yunus/10 :
40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis
tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
3.2.2.
Mengidentifikasi
tajwid arti Q.S. Yunus/10 :
40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis
tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
3.2.3
Menyimpulkan
isi kandungan Q.S. Yunus/10 :
40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis
tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
4.2.1
|
Membaca Q.S.
Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf.
|
|
4.2.1.1.Menerapkan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32,
4.2.1.2.Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, secara klasikal
4.2.1.3.Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, secara individual
|
4.2.2
|
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32dengan fasih dan lancar.
|
|
4.2.2.1.Menampilkan halafan Q.S.
Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32dengan fasih dan lancar secara individual
|
C.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui pembelajaran menggunakan
model Braiding, kepala bernomor, drill, gallery walk dan performance, siswa
dapat menganalisis Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta hadis
tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan;
Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32, sesuai dengan kaidah tajwid
dan makharijul huruf; Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan
Al-Maidah/5 : 32, dengan fasih dan lancar; Menyajikan hubungan antara kualitas
keimanan dengan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak
kekerasan sesuai dengan pesan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32, serta
Hadis terkait sehingga siswa terbiasa membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa
toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan adalah
perintah agama; dan Menunjukkan perilaku toleransi, kerukunan, dan
menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi perintah .S.
Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta Hadis terkait
D.
Materi Pembelajaran :
n Q.S.
Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis
tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
E.
Metode
Pembelajaran
1. Braiding Method
2.
Kepala Bernomor
3.
Drill
4.
Gallery Walk
5.
Performance
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD Projector
2.
Power point dan media audio visual lainnya sesuai
materi pembelajaran
G.
Sumber
Belajar
1. Al-Qur’an dan
terjemahnya, Depag RI
2. Buku tajwid
3. Buku teks siswa
PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
4. Kitab Tafsir (al-Maraghi,
Jalalain, dll).
5. Buku lain yang
relevan.
6. Perpustakaan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Menyebutkan nilai-nilai yang harusdibangun dalam
kehidupan bermasyarakat
2. Menunjukkan
perilaku tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai
implementasi perintah QQ.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta Hadis
terkait
3. Menunjukkan
perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah QQ.S. Yunus/10 : 40-41
dan Al-Maidah/5 : 32serta Hadis terkait
4.
Menunjukkan perilaku persaudaraan (ukhuwah)
sebagai implementasi perintah Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta
Hadis terkait
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan
kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
|
A.
Kegiatan Inti: BRAIDING METHODS
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
|
Membaca meserta didik menyampaikan isi bacaan
Menayangkan gambar-gambar tentang
peristiwa-peristiwa perpecahan di
masyarakat
Mengajukan
dan menerima pertanyaan terkait
bacaan dan penayangan
gambar diantaranya:
a. Mengapa terjadi pengrusakan alam ?
b. Mengapa terjadi perpecahan dan pertikaian
di masyarakat ?
Nilai-nilai apa yang harus dibangun agar tidak
terjadi perpecahan dan pertikaian tersebut membuka relung hati dan
mengkritisi sekitar kita.
Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok
masing-masing terdiri dari 5-6 orang.
Setiap kelompok dibagi kartu yang berisi nilai-nilai
yang terdiri dari : simpati, empati, kasih sayang, bekerja sama, komunikasi,
persaudaraan, pengendalian diri, husnudzan, santun, tidak diskriminasi,
tolong menolong, saling menghormati.
Peserta didik memilih lima nilai yang terpenting
dari 12 nilai tersebut yang harus dibagun agar tidak terjadi perpecahan dan
pertikaian di masyarakat.
Peserta didik menyusun kelima nilai yang telah
dipilihnya dan menyusunnya di karton yang telah disediakan. (10 menit)
Setiap kelompok mempresentasikan alasan memilih
nilai-nilai tersebut serta keterkaitannya.
Pendidik menuliskan di papan tulis nilai-nilai yang
dipilih oleh setiap kelompok, dan memilih 4-5 nilai yang paling banyak
dipilih oleh semua kelompok. Nilai yang paling banyak dipilih, itulah nilai yang
disepakati bersama bahwa nilai-nilai tersebut sangat penting untuk dibagun
agar tidak terjadi perpecahan dan pertikaian di masyarakat.
Peserta didik menulis 4-5 nilai tersebut di buku
masing-masing.
Peserta didik membaca buku sumber tentang kontrol diri, husnudzan dan persaudaraan.
Perwakilan peserta didik mempresentasikan hasil bacaan tentang kontrol
diri, husnudzan dan persaudaraan.
Peserta didik mencatat kesimpulan di buku
masing-masing
|
105 Menit
|
|
B.
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
PR menulis Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 :
32 serta hadits terkait.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Mengidentifikasi hukum bacaan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 :
32; (hukum nun mati dan tanwin, mad
wajib dan mad jaiz)
2. Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan
Al-Maidah/5 : 32, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek
kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti : KEPALA
BERNOMOR
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok,
masing-masing 5-6 orang.
Diskusi kelompok untuk mengisi LK dibuku
masing-masing .
Setiap anggota kelompok diberi nomor (kepala
bernomor)
Untuk presentasi tiap kelompok diundi nomornya yang harus maju ke muka kelas.
Nomor yang terundi dari satu kelompok maju ke muka
kelas dan mengambil undian materi yang harus dijelaskannya.
Demikian seterusnya secara bergantian menjelaskan
hukum bacaan sesuai dengan undian.
Peserta didik secara bersama-sama membaca Q.S.
Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 dengan fasih.
|
105 Menit
|
|
C.
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
PR menulis Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 :
32 serta hadits terkait.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Menyebutkan arti perkata Q.S. Yunus/10 :
40-41 dan Al-Maidah/5 : 32; serta hadis tentang tentang toleransi, kerukunan,
dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, prasangka baik (husnuzan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
2. Menterjemahkan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32;
serta hadis tentang tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan, prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek
kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
|
D.
Kegiatan Inti : DRILL
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Peserta didik menulis arti kata Q.S. Yunus/10 :
40-41 dan Al-Maidah/5 : 322 serta hadits terkait dengan diskusi kelompok.
Pendidik bersama-sama peserta didik membahas arti
kata Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta hadits terkait
Peserta didik latihan mengartikan perkata QS. Al
hujuraat ayat 10 dan 12. Serta hadits terkait.
Secara berkelompok peserta didik saling mengetes
kemampuan menyebutkan arti Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 serta
hadits terkait dengan mengisi format penilaian yang telah disediakan.
Beberapa perwakilan peserta didik mendemontrasikan menyebutkan
arti kata Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32
Beberapa peserta didik menerjemahkanQ.S. Yunus/10 :
40-41 dan Al-Maidah/5 : 32
|
105 Menit
|
|
E.
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Mencari tafsir QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 dari
kitab-kitab tafsir.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Keempat
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Menguraikan kandungan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32
tentang tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
2. Menguraikan kandungan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan
Al-Maraghi
3. Menguraikan kandungan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32
tentag kontrol diri (mujahadah an-nafs)dengan merujuk
pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
4. Menyimpulkan kandungan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32
tentang tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
5. Menyimpulkan kandungan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan
Al-Maraghi
6. Menyimpulkan kandungan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32
tentag kontrol diri (mujahadah an-nafs)dengan merujuk
pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
7. Menemukan pesan
tersiratQ.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32
tentang tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
8. Menemukan
pesantersirat Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan
Al-Maraghi
9. Menemukan
pesantersirat Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32 tentag kontrol diri (mujahadah an-nafs)dengan merujuk
pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan
kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
|
F.
Kegiatan Inti : GALLERY WALK
|
|
1
2
3
|
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok,
masing-masing 5-6 orang.
Diskusi kelompok untuk membuat peta konsep di
kartoon yang telah disediakan tentang kandungan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang tentang toleransi,
kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, prasangka baik
(husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah) berdasarkan salah satu mufasir,
serta hubungan antara kualitas
keimanan dengan tentang toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan, prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
sesuai dengan pesan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Al-Maidah/5 : 32, serta hadis
terkait
Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
kelompok.
|
90 Menit
|
|
G.
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
4
|
Refleksi
Tugas menghapal QS. Al hujuraat ayat 10 dan 12
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang
akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan kelima
Indikator Pencapaian Kompetensi:
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan
Al-Maidah/5 : 32 dengan fasih dan lancar
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan
kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti : PERFORMANCE
|
|
|
Peserta didik secara individu mendemontrasikan
hapalan QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12.
|
105 Menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang yaitu ulangan
tertulis tentang pengertian kontrol kontrol diri, baik sangka dan
persaudaraan, hukum bacaan QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12, arti kata,
kandungan QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait.
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
I. Penilaian Proses dan
Hasil Belajar
b. TeknikPenilaian:
1. Sikap : Observasi dan jurnal
2.
Pengetahuan : Tes Tertulis
3.
Keterampilan : Unjuk Kerja
c.
Bentuk Penilaian:
1.
Sikap :lembar
observasisikap (Lampiran1)
2.
Pengetahuan : soal esai (Lampiran 2)
3.
Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran 3)
d. Remedial
1.
Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui
remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
e. Pengayaan
·
Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.
Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn
(maksimum) diberikan
materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan
tambahan
2.
Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui
: Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Fitri Nurdiani, SH.,M.Pd. Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN
1. Penilaian Sikap
a. Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat
bagian dalam mencari
informasi yang diperlukan
b.
Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c. Mendapat
bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat
bagian dalam
mempresentasikan
hasil diskusi
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari informasi
yang diperlukan
b. Terlibat
aktif dalam diskusi atau presentasi
c. Terlibat
aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat
aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b. Jurnal
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek
Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan (Tes
Tulis)
3. Ketrampilan
a.
Presentasi
RubrikUnjuk
Kerja Presentasi
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya (*)
|
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberi masukan/Saran (*)
|
Nilai Keterampilan (**)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman
Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang
bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar,
tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
|
(*) diisi sesuai dengan perolehan
skor
sesuai dengan
pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan
diperoleh dari penghitungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.