Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Materi Pokok : Strategi Dakwah dan Perkembangan Islam di Indonesia
Alokasi Waktu :
2X 3 Jam Pelajaran (JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.8
|
Menerapkan ketentuan dakwah berdasarkan syariat
Islam dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia
|
1.8.1
Menerima kebenaran dakwah berdasarkan syariat Islam
dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia
1.8.2
Meyakini kebenaran dakwah berdasarkan syariat Islam
dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia
|
|
2.8
|
Bersikap moderat dan santun dalam berdakwah dan
mengembangkan ajaran Islam
|
2.8.1
Menampilkan sikap moderat dalam berdakwah dan
mengembangkan ajaran Islam
2.8.2 Menampilkan sikap santun dalam
berdakwah dan mengembangkan ajaran Islam
2.8.3
Membiasakan sikap moderat dalam berdakwah dan
mengembangkan ajaran Islam
2.8.4 Membiasakan sikap santun dalam
berdakwah dan mengembangkan ajaran Islam
2.8.5
Menjaga kebiasaan bersikap moderat dalam berdakwah
dan mengembangkan ajaran Islam
2.8.6 Menjaga kebiasaan bersikap
santun dalam berdakwah dan mengembangkan ajaran Islam
|
|
3.8
|
Menganalisis dan
mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
3.8.1 Meninjau strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia
3.8.2 Menggambarkan strategi dakwah
dan perkembangan Islam di Indonesia
3.8.3 Mengaitkan strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia
3.8.4 Menjelaskan peranan para wali dan pengaruhnya dalam perkembangan Islam diIndonesia
3.8.5 Menjelaskan
perkembangan agama, politik, dan ekonomi di Indonesia
3.8.6 Menjelaskan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia
3.8.7 Menjelaskan
perkembangan seni dan budaya Islam di Indonesia dan pernanan umat Islam dalam
perkembangan-perkembangan tersebut
3.8.8 Mendiskusikan strategi dakwah
dan perkembangan Islam di Indonesia
|
|
4.8
|
Menyajikan
prinsip-prinsip strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
4.8.1
Membangun prinsip-prinsip strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia
4.8.2
Membuat contoh-contoh strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia
4.8.3
Mendemonstrasikan prinsip-prinsip strategi dakwah
dan perkembangan
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
model pembelajaran Calender Storydan
Pesta Topeng peserta didik dapat menganalisis dan
mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia;
menyajikan
prinsip-prinsip strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia,
sehingga dapat menerapkan ketentuan dakwah
berdasarkan syariat Islam dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia dan bersikap moderat dan santun dalam berdakwah dan
mengembangkan ajaran Islam
D. Materi
Pembelajaran
·
Kebenaran ketentuan dakwah berdasarkan syariat Islam
dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia
·
Sikap moderat dalam berdakwah dan mengembangkan ajaran
Islam
·
Sikap santun dalam berdakwah dan mengembangkan ajaran
Islam
· Strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia
· Perananparawalidan pengaruhnyadalamperkembangan Islam diIndonesia
· Perkembangan agama,
politik, dan ekonomi di Indonesia
· Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi di Indonesia
· Perkembangan seni dan
budaya Islam di Indonesia dan pernanan umat Islam dalam
perkembangan-perkembangan tersebut
·
Prinsip-prinsip strategi dakwah dan perkembangan Islam
di Indonesia
·
Contoh-contoh strategi dakwah dan perkembangan Islam di
Indonesia
E. Model/Metode Pembelajaran
·
Calender Story
·
Pesta Topeng
F.
Media Pembelajaran
·
Laptop dan LCD Projector
·
Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
·
Kertas karton
·
Peta atau globe
·
White board
·
Spidol
·
Penghapus, dll.
G. Sumber
Belajar
·
Al-Quran dan terjemahnya Depag RI
·
Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
·
Buku lain yang relevan
·
Lingkungan
·
Perpustakaan
·
Guru
·
Tokoh sejarah
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Meninjau strategi dakwah dan perkembangan Islam di
Indonesia
· Menggambarkan strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia
· Mengaitkan strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia
· Menjelaskan perkembangan
agama, politik, dan ekonomi di Indonesia
· Menjelaskan perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia
· Menjelaskan perkembangan
seni dan budaya Islam di Indonesia dan pernanan umat Islam dalam
perkembangan-perkembangan tersebut
·
Mendiskusikan strategi dakwah dan perkembangan Islam
di Indonesia
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek
kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Melakukan apersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti: Calender Story
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
15
16
|
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok hetorogen yang terdiri dari laki-laki
dan perempuan, dengan tingkat kemampuan dan latar pendidikan yang beragam
Setiap kelompok diberi tugas untuk membaca sebuah
materi tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia dengan sistem silent reading dan menggunakan
berbagai macam literasi yang beragam
Dari naskah yang dibaca oleh setiap kelompok kini
saatnya kelompok untuk membuat buku
tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia sesuai dengan topik topik
yang dipelajari
Buku cerita yang harus dibuat oleh kelompok
susunannya sebagai berikut cover berisi judul dan nama kelompok yang
membuatnya. Cover dibuat dengan lay out
sebagus mungkin sehingga menarik dan membangkitkan selera orang untuk
membacanya. Kemudian halaman kedua berisi cerita atau kisah tentang sejarah perkembangan Islam di
Indonesia yang ditulis dengan lengkap
dan runtut. Halaman berikutnya berisi
tulisan bagaimana pengalamanmu? Di halaman ini setiap kelompok menuliskan
pengalaman yang menggambarkan peristiwa sejarah perkembangan Islam di
Indonesia seperti pegalaman peserta
didik mengimplementasikan
nilai-nilai perjuangan para tokoh.
Halaman berikutnya setiap kelompok harus membuat
peta pikiran atau mind mapping
tentag sejarah
perkembangan Islam di Indonesia. Beberapa
hal yang dituliskan dalam peta konsep tidak lepas dari pertayaan 4 W (what, why, where, when, who) dan 1 H (how). Peta pikiran atau mind map disajikan dengan berbagai tampilan yang
sangat menarik dan dalam bentuk yang sangat bervariasi bentuknya bisa gambar
pohon, gambar bunga di taman, gambar teratai di kolam gambar kendaraan, dan
sebagainya sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas kelompok
Halaman berikutnya berisi tokoh dalam cerita di halaman ini setiap kelompok harus menuliskan siapa saja
tokoh yang ada dalam cerita atau kisah peristiwa sejarah perkembangan Islam di
Indonesia dan setiap tokoh harus
dideskripsikan dengan jelas dan lengkap
Halaman selanjutnya berjudul puisi salah satu tokoh
yang ada dalam kisah atau cerita sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Halaman selanjutnya ceerita imajinatif yang berisi
apa yang akan dilakukan apabila kalian menjadi salah satu tokoh yang ada
dalam kisah tersebut
Halaman berikutnya berisi tentang siapa tokoh yang
paling disukai dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Halaman selanjutnya berisi tentang refleksi tentang
peristiwa hijrah yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
Halaman selanjutnya berisi map atau peta perjalanan para penyebar Islam
sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Halaman berikutnya
berisi tentang referensi yang digunakan untuk membuat buku tersebut
Halaman terakhir dikosongkan karena akan diisi oleh
berbagai komentar dari teman-teman yang membaca buku tersebut
Langkah selanjutnya adalah setiap kelompok menukar
hasil karya satu kelompok dengan kelompok lain dan minta kelompok lain untuk
memberikan komentar
Giliran setiap kelompok mengadakan presentasi dengan
mengujungi kelas lain
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan dating yaitu demontrasi tokoh-tokoh perjuang Islam sejarah perkembangan Islam
di Indonesia
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menjelaskan peranan
para wali dan pengaruhnya dalam perkembangan Islam
d iIndonesia
·
Membangun prinsip-prinsip strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia
·
Membuat contoh-contoh strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek
kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kultum
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Melakukan apersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti: Pesta
Topeng
|
|
1
2
3
4
5
|
Peserta didik dibagi
menjadi 4-6 kelompok
Guru membagikan
nama-nama tokoh sejarah
Setiap peserta didik
mendalami semua karakter, pemikiran, biografi dan karya-karya tokoh sejarah
Peserta didik membuat
topeng sesuai dengan nama tokoh sejarah
Setiap kelompok
presentasi sesuai dengan nama tohoh sejarah
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datangyaitu penilaian harian tertulis
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Teknik
Penilaian
1.
Sikap : Observasi
dan jurnal
2.
Pengetahuan : Tes Tertulis
3.
Keterampilan : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Penilaian
1.
Sikap : lembar observasisikap (Lampiran)
2.
Pengetahuan : Soal PG
dan (Lampiran)
3.
Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran)
c.
Remedial
1.
Pembelajaran remedial dilakukan bagi
siswa yangcapaian KD
nya belum tuntas
2.
Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial
teaching (klasikal), atau
tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes
d.
Pengayaan
1.
Bagisiswa yang sudah
mencapai
nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
1)
Siswa yang
mencapai nilai
n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan
materi
masih dalam
cakupan
KD dengan pendalaman
sebagai
pengetahuan
tambahan
2)
Siwa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Mengetahui
: Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Fitri nurdiani, SH.,M.Pd. Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN 1
PENILAIAN
A. Penilaian Sikap
a.
Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat
bagian dalam mencari
informasi yang diperlukan
b. Mendapat bagian dalam diskusi atau
presentasi
c. Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil
diskusi
|
1. Jika 4 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari informasi
yang diperlukan
b. Terlibat aktif dalam diskusi atau
presentasi
c. Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat aktif dalam mempresentasikan
hasil diskusi.
|
1. Jika 4 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b.
Jurnal
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
B. Pengetahuan
a. Tes Tulis
No.
|
Butir-butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Sebutkan
hal-hal yang pertama kali dikenlkan dalam penyebaran Islam!
|
1.
Islam mengajarkan bahwa Allah tuhan yang
Mahaesa
2.
Islam mengajarkan saling menghormati dan
tolong-menolong
3.
Bahwa umat manuia semuanya sama, kecuali
takwa yang membedakannya
4.
Islam melarang saling berselisih,
bermusuhan, merusak dan saling dengki
|
2.
|
Bagaima
cara srategi penyebaran Islam di Indonesia?
|
1.
Melalui perdagangan
2.
Melalui pernikahan
3.
Melalui pendidikan dengan mengkader para
mubalig
4.
Melalui karya tulis yang disebarkan, dll.
|
3.
|
Siapa
saja tokoh-tokoh yang menyebarkan Islam di Indonesia!
|
1.
Sultan Iskandar Muda (1607-1636) di Aceh
2.
Para wali songo di Jawa
3.
Datuk Ribanding dan Tunggang Parangan di
Kalimantan Timur
|
4.
|
Sebutkan
bukti peninggalan sejarah masjid sebagai bukti penyebaran Islam di Indonesia!
|
1.
Masjid, seperti masjid kuno Demak
2.
Masjid Sandang Duwur Kasepuhan Cirebon
3.
Masjid Agung Banten
4.
Masjid Baiturahman Aceh, dll.
|
5.
|
Sebutkan
hikmah dari hasil belajat sejarah masuknya Islam ke Indonesia!
|
1.
Karya kitab hasil ulama bisa dimanfaatkan
untuk zaman sekarang
2.
Meneladani tokoh dalam kesuksesan berkarya
3.
Meperkaya arsitektur dalam pembangunan
4.
Menyadari bahwa sejarah bisa dijadikan
sebagai pelajaran untuk lebih baik
|
C. Ketrampilan
a. Presentasi
Kelompok Model
Rubrik Unjuk Kerja
Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya (*)
|
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberi masukan/
Saran (*)
|
Nilai Keterampilan (**)
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu
bertanya
Skor 3, apabila sering
bertanya
Skor 2, apabila
kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak
pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan
menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila
materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila
materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila
materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila
materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu
memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering
memberi masukan/saran
Skor 2, apabila
kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak
pernah memberi masukan/saran
|
(*) diisi sesuai dengan perolehan
skor
sesuai dengan
pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan
LAMPIRAN 2
MATERI PEMBELAJARAN
a.
Pengenalan awal mula Islam pada masyarakat
Indonesia
Para
mubalig mengenalkan Islam dengan cara, di antaranya:
1.
Islam mengajarkan bahwa Allah tuhan yang
Mahaesa
2.
Islam mengajarkan saling menghormati dan tolong-menolong
3.
Bahwa umat manuia semuanya sama, kecuali takwa
yang membedakannya
4.
Islam melarang saling berselisih, bermusuhan,
merusak dan saling dengki
b.
Tokoh-tokoh penyebar Islam
1.
Sultan Iskandar Muda (1607-1636) di Aceh
2.
Para wali songo di Jawa
3.
Datuk Ribanding dan Tunggang Parangan di
Kalimantan Timur
c.
Cara menyebarkan Islam
1.
Melalui perdagangan
2.
Melalui pernikahan
3.
Melalui pendidikan dengan mengkader para
mubalig
4.
Melalui karya tulis yang disebarkan, dll.
d.
Perkembangan seni dan budaya
Bukti
fisik bahwa Islam telah disebar di Indonesia di antaranya:
1.
Masjid, seperti masjid kuno Demak
2.
Masjid Sandang Duwur Kasepuhan Cirebon
3.
Masjid Agung Banten
4.
Masjid Baiturahman Aceh, dll.
e.
Hikmah mempelajari sejarah penyebaran Islam di
Indonesia
1.
Karya kitab hasil ulama bisa dimanfaatkan
untuk zaman sekarang
2.
Meneladani tokoh dalam kesuksesan berkarya
3.
Meperkaya arsitektur dalam pembangunan
4.
Menyadari bahwa sejarah bisa dijadikan sebagai
pelajaran untuk lebih baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.