Sponsor

Minggu, 12 Mei 2019

RPP 1.9 Kls XI_GJL_2013_PAI_EKONOMI ISLAM


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-5)

Sekolah                        : SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran              : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Materi Pokok               : Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
Alokasi Waktu            : 4 x 3 Jam Pelajaran (JP)

A.      KOMPETENSI INTI

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbaga ipermasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :

1.9
Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.
1.9.1    Menerimaprinsip ekonomi dan muamalah yang sesuai dengan ketentuan syariat Islam.
1.9.2   Meyakiniprinsip ekonomi dan muamalah yang sesuai dengan ketentuan syariat Islam.
1.9.3   Mempertahankan keyakinan prinsip ekonomi dan muamalah yang sesuai dengan ketentuan syariat Islam
2.9
Bekerjasama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam.
2.9.1    Menunjukkan sikap bekerjasama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktek ekonomi sesuai syariat Islam.
2.9.2    Membiasakan sikap bekerjasama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktek ekonomi sesuai syariat Islam
2.9.3    Mempertahankan kebiasaan bekerjasama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktek ekonomi sesuai syariat Islam.
3.9
Menelaah  prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
3.9.1    Mengidentifikasi prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
3.9.2  Menjelaskan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
3.9.3    Melaksanakan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
3.9.4    Menguraikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
4.9
Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
4.9.1    Mempresentasikan prinsip-prinsip ekonomi dalam Islam.
4.9.1    Mempresentasikan praktik ekonomi dalam Islam


C.      Tujuan Pembelajaran :
Melalui metode Discovery Learning Pembelajaran Peserta didik dapat Menelaah  prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam; Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam. Sehingga peserta didik mampu Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam; Bekerjasama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam.


D.      Materi Pembelajaran :
·       prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

E.       Metode Pembelajaran :
1.       FDIS (Feeling-Imagination-Do-Share)
2.       Team Games Tournament
3.       Market Place Activity

F.       Media Pembelajaran :
·          Laptop dan LCD Projector
·          Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran

G.      Sumber Belajar :
·         Al-Quran dan terjemahnya, Depag RI
·         Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
·         Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
·         Buku lain yang relevan.
·         Lingkungan
·         Perpustakaan
·         Tokoh

H.      Langkah-langkah Pembelajaran :

Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:
n Melaksanakan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan  appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15  Menit

Kegiatan Inti: FDIS (Feeling Imagination Do Share)


Pendekatan yang dilakukan,
1.      FEELING: (Merasakan)
Kelompok anak menemukan masalah di lingkungannya yang mereka  rasa  perlu untuk diselesaikan.
2.      IMAGINATION: (Mengkhayalkan)
Kemudian mereka  mengkhayalkan  kemungkinan jawaban untuk permasalahan tersebut. Kadang, jika perlu, mereka berdiskusi dengan orang dewasa
3.      DO: (Mewujudkan)
Dan sesudah dirasa matang, mereka  mewujudkan  jawaban tadi dan diujicobakan secara nyata
4.      SHARE: (Membagikan)
Setelah berhasil, mereka  membagikan  cerita keberhasilan itu melalui berbagai media 
105 Menit

A.    Kegiatan Penutup

1
2
3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit


Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
n Mengidentifikasi prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
n Menjelaskan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
n Melaksanakan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
n Menguraikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan  appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik
15  Menit

Kegiatan Inti: MARKET PLACE ACTIVITY


1.      Setiap kelompok mempersiapkan barang yang akan dijual (pokok/sub pokok bahasan hasil pembagian guru, masing-masing kelompok berbeda kontennya), Pada tahap ini siswa mengamati, menanya dan mengeksplorasi pokok/sub pokok bahasan melalui refferensi yang akurat antar sesama kelompok. Satu konten lebih dari satu referensi.
2.      Barang yang dijual harus menarik (bisa menggunkan mind map, peta konsep, desain gambar dll). Siswa mengasosiasi dan mengomunikasikan hasil eksplornya melalui produk seperti mind map, peta konsep, desain gambar dll.
3.      Setiap kelompok dibagi menjadi dua bagian (kelompok penjual dan kelompok pembeli) Kelompok penjual menjelaskan kehebatan produknya secara detail. Kelompok pembeli menilai atau mendengarkan penjelasan dan mencatatnya
4.      Pembeli akan berkunjung ke stan penjual (diberi kesempatan 5-6 menit) Pembeli mengunjungi penjual dan mencatat apa yang dijelaskan penjual.Ini harus dicatat karena pembeli ini harus menjelaskan kepada penjual di kelompoknya.
5.      Pembeli menyampaikan laporan hasil kunjungannya kepada kelompoknya. Pembeli menjelaskan hasil kunjungan kepada penjual dikelompoknya. Pembeli dan penjual menilai mana kelompok terbaik pada saat kunjungan dan dikunjungi.
6.      Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam bentuk lagu, puisi, atau pantun.
105 Menit

B.     Kegiatan Penutup

1
2
3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi:
n Mempresentasikan prinsip-prinsip ekonomi dalam Islam.
n Mempresentasikan prinsip-prinsip  dan praktik ekonomi dalam Islam

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahulun

1
2
3
4
5
6
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Melakukan  appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit

Kegiatan Inti : JIGSAW


1. Pilihlah materi belajar yang dapat dipisah menjadi bagian-bagian. Satu bagian dapat disingkat menjadi beberapa alenia atau beberapa halaman..
2. Hitunglah jumlah bagian materi belajar dan jumlah peserta didik. Bagikan tugas yang berbeda kepada kelompok peserta yang berbeda. Contoh : misalnya sebuah kelas terdiri atas 12 orang peserta. Anggaplah anda dapat membagi materi pelajaran dalam tiga bagian, kemudian anda dapat membentuk tiga kwartet (kelompok belajar yang terdiri dari empat orang) dengan tugas membaca, berdiskusi, dan mempelajari materi yang ditugaskan kepada mereka.
3. Setelah selesai, bentuklah kelompok ”Jigsaw Learning”. Setiap kelompok mempunyai seseorang wakil dari masing-masing kelompok dalam kelas. Setiap anggota masing-masing kwartet menghitung 1,2,3, dan 4. kemudian bentuklah kelompok peserta didik ”Jigsaw Learning” dengan jumlah sama. Hasilnya akan terdapat 4 kelompok yang terdiri dari 3 orang (trio). Dalam setiap trio akan ada seorang peserta yang mempelajari bagian 1, seorang untuk bagian 2, dan seorang lagi bagian 3.
4. Mintalah anggota kelompok “Jigsaw” untuk mengajarkan materi yang telah dipelajari kepada yang lain.
5. Kumpulkan kembali peserta didik ke kelas besar untuk memberi ulasan dan sisakan pertanyaan guna memastikan pemahaman yang tepat.

105 Menit

Kegiatan Penutup

1
2
3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

A.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
1.    Sikap                       : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan           : Tes Tertulis
3.    Keterampilan          : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian:
1.    Sikap                       : lembar observasi sikap (Lampiran1)
2.    Pengetahuan           : soal esai (Lampiran 2)
3.    Keterampilan          : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d.   Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Zella Nurfititriani, SH, M.Pd                                               Badru Zaman, S.Ag





























































LAMPIRAN

1.    Penilaian Sikap
a.    Observasi

No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.    Jurnal

No
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






dst







2.    Pengetahuan (Tes Tulis)
3.    Ketrampilan
a.    Presentasi
RubrikUnjuk Kerja Presentasi
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)














Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...