Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : XII/Ganjil
MateriPokok : Iman Kepada Hari
Akhir
AlokasiWaktu : 2X 3 Jam Pelajaran(JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.3
|
Meyakini terjadinya hari akhir
|
1.3.1.
Menerima terjadinya hari akhir
1.3.2.
Meyakini terjadinya hari akhir
1.3.3.
Mempertahankan keimanan tentang
terjadinya hari akhir
|
|
2.3
|
Berperilakujujur, tanggungjawab, dan
berbuat adil sesuai dengan keimanan kepada hari akhir
|
2.3.1.
Menampilkan perilaku jujur
sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.2.
Menampilkan perilakubertanggung
jawab sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.3.
Menampilkan perilakuadil
sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.4.
Membiasakan perilakuadil
sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.5.
Membiasakan perilakujujur
sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.6.
Membiasakan perilakubertanggung
jawab sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.7.
Menjaga kebiasaan
berperilakuadil sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.8.
Menjaga kebiasaan berperilaku jujur
sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.9.
Menjaga kebiasaan bertanggung
jawab sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
|
|
3.3
|
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir
|
|
3.3.1.
Menjelaskan makna iman kepada
hari akhir
3.3.2.
Mendiskusikan konsep iman
kepada hari akhir
3.3.3.
Menguraikan makna iman kepada
hari akhir
|
4.3
|
Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari
akhir dengan perilaku jujur, bertanggungjawab, dan adil
|
|
4.3.1.
Menyajikan kaitan antara
beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil
4.3.2.
Menyajikan kaitan antara
beriman kepada hari akhir dengan perilaku bertanggung jawab
4.3.3.
Menyajikan kaitan antara
beriman kepada hari akhir dengan perilaku adil
|
C. TujuanPembelajaran
Melalui model pembelajaran Make a Match dan Inside Outside Circle peserta didik dapat
menganalisis
dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir; menyajikan kaitan antara beriman
kepada hari akhir dengan perilaku jujur bertanggungjawab, dan adil;
sehingga meyakini terjadinya hari akhir; berperilaku
jujur, tanggungjawab, dan berbuat adil
D. Materi
Pembelajaran
·
Terjadinya hari akhir
·
Tanda-tanda terjadinya hari akhir
·
Perilaku jujur sebagai
implementasi beriman kepada hari akhir
·
Perilaku bertanggung jawab
sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
·
Perilaku adil sebagai implementasi
beriman kepada hari akhir
·
Kaitan antara beriman kepada hari
akhir dengan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil
E. Model/Metode Pembelajaran
·
Make a Match
·
Inside Outside Circle
F.
Media Pembelajaran
·
Laptop dan LCD Projector
·
Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
·
Kertas karton
·
White board
·
Spidol
·
Penghapus
G. Sumber
Belajar
·
Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
·
Buku tajwid
·
Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
·
Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, Ibnu Katsir, dll.)
·
Buku lain yang relevan
·
Lingkungan
·
Perpustakaan
·
Guru
·
Tokoh
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menjelaskan makna iman kepada
hari akhir
·
Mendiskusikan konsep iman kepada
hari akhir
·
Menyimpulkan makna iman kepada
hari akhir
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan
kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan
Inti: Make A Match
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
|
Guru menyuruh siswa untuk memahami teks bacaan terkait
materi yang akan dipelajari
Guru menyiapkan
beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi
review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang
bertuliskan soal/jawaban
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang
dipegang
Setiap siswa mencari
pasangan kartu yang cocok dengan kartunya Misalnya: pemegang kartu yang
bertuliskan nama lain hari kiamat akan berpasangan dengan deskripsinya. Berhadapan dengan pasangan dan menjelaskan makna
kartu kepada pasangan
Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum
batas waktu diberi poin.
Guru menunjuk pasangan untuk presentasi
Setiap pasangan mempresentasikan secara bergiliran
hasil temuan mereka, sementara pasangan lain memperhatikan dan memberikan
tanggapan dan koreksi.
Siswa membuat kesimpulan dari hasil yang
dipresentasikan
Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap
siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
4
|
Refleksi
PR menulis dalil tentang beriman kepada hari akhir serta hadits terkait
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menyajikan kaitan antara beriman
kepada hari akhir dengan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil
·
Menyajikan kaitan antara beriman
kepada hari akhir dengan perilaku bertanggung jawab
· Menyajikan
kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku adil
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kisah kultum siswa
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti : Inside
Outside Circle
|
|
|
Menurut
Spencer Kagan, ada lima langkah utama
dalam penerapan Model IOC ini, yaitu:
1. Langkah pertama, separuh kelas berdiri membentuk
lingkaran kecil dan menghadap keluar.
2. Langkah kedua, separuh kelas lainnya membentuk
lingkaran di luar lingkaran pertama dan menghadap ke dalam.
3. Langkah ketiga, kemudian dua siswa yang berpasangan
dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini
bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4. Langkah keempat, siswa yang berada di lingkaran
kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser
satu atau dua langkah searah jarum jam, sehingga masing-masing siswa
mendapatkan pasangan baru.
5. Langkah terakhir, giliran siswa yang berada di
lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya.
Anita Lie mengembangkan
langkah-langkah yang dirumuskan Kagan. Dalam pengembangan (Anita Lie,
2008:66), siswa dalam kelas dibagi menjadi dua lingkaran, yaitu lingkaran
individu dan lingkaran kelompok. Penjelasannya sebagai berikut :
a. Lingkaran individu
1. Separuh kelas (atau seperempat jika jumlah
siswa terlalu banyak) berdiri membentuk lingkaran kecil. Mereka berdiri
melingkar dan menghadap keluar.
2. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran
yang pertama. Dengan kata lain, mereka berdiri menghadap ke dalam dan
berpasangan dengan siswa yang berada di lingkaran dalam.
3. Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan
lingkaran besar berbagi informasi. Siswa yang berada di lingkaran kecil yang
memulai. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam
waktu yang bersamaan.
4. Kemudian, siswa yang berada di lingkaran kecil diam
di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau
dua langkah searah perputaran jarum jam. Dengan cara ini, masing-masing siswa
mendapatkan pasangan baru untuk berbagi informasi.
5. Sekarang giliran siswa yang berada di lingkaran
besar yang membagikan informasi. Demikian seterusnya.
b. Lingkaran kelompok
1. Satu kelompok berdiri di lingkaran kecil
menghadap keluar. Kelompok yang lain berdiri di lingkaran besar.
2. Kelompok berputar seperti prosedur lingkaran
individu yang dijelaskan di atas dan saling berbagi.
|
105 Menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
I.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a. TeknikPenilaian
1.
Sikap : Observasi
dan jurnal
2.
Pengetahuan : Tes Tertulis
3.
Keterampilan : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Penilaian
1.
Sikap : lembar observasi sikap (Lampiran)
2.
Pengetahuan : Soal PG
dan (Lampiran)
3.
Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran)
a. Remedial
1. Pembelajaran remedial dilakukan bagi
siswa yang
capaian KD nya belum
tuntas
2. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui
remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
b. Pengayaan
· Bagi siswa yang sudah
mencapai
nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
1. Siswa yang mencapai nilai
n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan
materi
masih dalam
cakupan
KD dengan pendalaman
sebagai
pengetahuan
tambahan
2. Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai
pengetahuan tambahan.
Mengetahui
: Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Fitriani, SH, M.Pd. Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN 1
PENILAIAN
A. Penilaian Sikap
a.
Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat
bagian dalam mencari
informasi yang diperlukan
b.
Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c. Mendapat
bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat
bagian dalam
mempresentasikan
hasil diskusi
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari informasi
yang diperlukan
b. Terlibat
aktif dalam diskusi atau presentasi
c. Terlibat
aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat
aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b.
Jurnal
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
B. Pengetahuan
a. Tes Tulis
No.
|
Butir-butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Jelaskan
pengertian hari akhir!
|
Hari kiamat atau hari akhir adalah peristiwa
luar biasa yang pasti akan terjadi dan semua makhluk hidup akan dimatikan,
kemudian dihidupkan dan akan dimintai pertanggung jawaban.
|
2.
|
Tulis
dalil naqli dan terjemahhnya tentang hari kiamat!
|
187.
Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah:
"Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku;
tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.
kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi.
kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba".
mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya.
Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di
sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui".
|
3.
|
Apa
saja hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir/kiamat?
|
1.
Yaumuul ba’ats (hari kebangkitan)
2.
Yaumul mahsyar (manusia akn dikumpulkan pada
sutu tempat yang sangat luas)
3.
Yaumul hisab (hari penghitungan amal)
4.
Yaumul mizan (hari penimbangan amal)
|
4.
|
Jelaskan
macam-macam kiamat!
|
1.
Kiamat sugro (kiamat kecil), yaitu
penghancuran, kematian makhluk yang bernyawa secara tidak berbarengan.
2.
Kiamat kubro (kiamat besar), yaitu waktu
hancurnya semua semesta alam secara bersamaan.
|
5.
|
Sebutkan contoh perilaku yang atau hikmah yang menggambarkan
beriman kepada hari kiamat!
|
1.
Menyadari bahwa hari kiamat pasti akan
datang, namun waktunya tidak tahu
2.
Hancurnya semesta membuktikan bahwa Allah
Mahakuasa
3.
Akan meningkatkan imanan dan ketakwaan
4.
Akan semakin baik amal hidupnya
|
C. Ketrampilan
a. Presentasi
Kelompok Model
Rubrik Unjuk Kerja
Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya (*)
|
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberi masukan/
Saran (*)
|
Nilai Keterampilan (**)
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman
Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang
bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar,
tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
|
(*) diisi sesuai dengan perolehan
skor
sesuai dengan
pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan
LAMPIRAN 2
MATERI PEMBELAJARAN
a. Pengertian
hari akhir
Hari kiamat atau hari akhir adalah peristiwa
luar biasa yang pasti akan terjadi dan semua makhluk hidup akan dimatikan,
kemudian dihidupkan dan akan dimintai pertanggung jawaban.
b. Dalil
hari akhir
يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي لاَ يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلاَّ هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لاَ تَأْتِيكُمْ إِلاَّ بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللّهِ وَلَـكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ
187. Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah
terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu
adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu
kedatangannya selain Dia. kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk)
yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan
dengan tiba-tiba". mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar
mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat
itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui". (QS. Al-A’raaf:187)
c. Hal-hal
yang berkaitan hari akhir
·
Yaumuul ba’ats (hari kebangkitan)
·
Yaumul mahsyar (manusia akn dikumpulkan pada
sutu tempat yang sangat luas)
·
Yaumul hisab (hari penghitungan amal)
·
Yaumul mizan (hari penimbangan amal)
d. Macam-macam
kiamat
·
Kiamat sugro (kiamat kecil), yaitu
penghancuran, kematian makhluk yang bernyawa secara tidak berbarengan.
· Kiamat kubro (kiamat besar), yaitu waktu
hancurnya semua semesta alam secara bersamaan.
e. Hikmah
beriman kepada hari akhir
·
Menyadari bahwa hari kiamat pasti akan datang,
namun waktunya tidak tahu
·
Hancurnya semesta membuktikan bahwa Allah
Mahakuasa
·
Akan meningkatkan imanan dan ketakwaan
·
Akan semakin baik amal hidupnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.