Sponsor

Rabu, 15 Mei 2019

RPP 1.3 Kls XII_GJL_2013_PAI_HARI AKHIR


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                        : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII/Ganjil
MateriPokok                : Iman Kepada Hari Akhir
AlokasiWaktu             : 2X 3 Jam Pelajaran(JP)

A.  Kompetensi Inti
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.3
Meyakini terjadinya hari akhir
1.3.1.     Menerima terjadinya hari akhir
1.3.2.     Meyakini terjadinya hari akhir
1.3.3.     Mempertahankan keimanan tentang terjadinya hari akhir
2.3
Berperilakujujur, tanggungjawab, dan berbuat adil sesuai dengan keimanan kepada hari akhir
2.3.1.      Menampilkan perilaku jujur sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.2.      Menampilkan perilakubertanggung jawab sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.3.      Menampilkan perilakuadil sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.4.      Membiasakan perilakuadil sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.5.      Membiasakan perilakujujur sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.6.      Membiasakan perilakubertanggung jawab sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.7.      Menjaga kebiasaan berperilakuadil sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.8.      Menjaga kebiasaan berperilaku jujur sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.3.9.      Menjaga kebiasaan bertanggung jawab sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
3.3
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir

3.3.1.      Menjelaskan makna iman kepada hari akhir
3.3.2.      Mendiskusikan konsep iman kepada hari akhir
3.3.3.      Menguraikan makna iman kepada hari akhir
4.3
Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, bertanggungjawab, dan adil

4.3.1.      Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil
4.3.2.      Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku bertanggung jawab
4.3.3.      Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku adil

C.  TujuanPembelajaran
Melalui model pembelajaran Make a Match dan Inside Outside Circle peserta didik dapat menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir; menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur bertanggungjawab, dan adil; sehingga meyakini terjadinya hari akhir; berperilaku jujur, tanggungjawab, dan berbuat adil

D.  Materi Pembelajaran
·      Terjadinya hari akhir
·      Tanda-tanda terjadinya hari akhir
·      Perilaku jujur sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
·      Perilaku bertanggung jawab sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
·      Perilaku adil sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
·      Kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil

E.  Model/Metode Pembelajaran
·      Make a Match
·      Inside Outside Circle

F.   Media Pembelajaran
·      Laptop dan LCD Projector
·      Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
·      Kertas karton
·      White board
·      Spidol
·      Penghapus

G. Sumber Belajar
·      Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
·      Buku tajwid
·      Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
·      Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, Ibnu Katsir, dll.)
·      Buku lain yang relevan
·      Lingkungan
·      Perpustakaan
·      Guru
·      Tokoh


H.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Menjelaskan makna iman kepada hari akhir
·      Mendiskusikan konsep iman kepada hari akhir
·      Menyimpulkan makna iman kepada hari akhir
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15  Menit


Kegiatan Inti: Make A Match


1

2


3
4
5
6


7

8
9


10
11
Guru menyuruh siswa untuk memahami teks bacaan terkait materi yang akan dipelajari
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/jawaban
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya Misalnya: pemegang kartu yang bertuliskan nama lain hari kiamat akan berpasangan dengan deskripsinya. Berhadapan dengan pasangan dan menjelaskan makna kartu kepada pasangan
Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
Guru menunjuk pasangan untuk presentasi
Setiap pasangan mempresentasikan secara bergiliran hasil temuan mereka, sementara pasangan lain memperhatikan dan memberikan tanggapan dan koreksi.
Siswa membuat kesimpulan dari hasil yang dipresentasikan
Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2
3

4
Refleksi
PR menulis dalil tentang beriman kepada hari akhir serta hadits terkait
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil
·      Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku bertanggung jawab
·      Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku adil
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah kultum siswa
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit


Kegiatan Inti : Inside Outside Circle





Menurut  Spencer  Kagan,  ada  lima  langkah utama  dalam  penerapan Model  IOC ini, yaitu:
1.      Langkah pertama, separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar.
2.      Langkah kedua, separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama dan menghadap ke dalam.
3.      Langkah ketiga, kemudian dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.      Langkah keempat, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam, sehingga masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru.
5.      Langkah terakhir, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya.
Anita Lie mengembangkan langkah-langkah yang dirumuskan Kagan. Dalam pengembangan (Anita Lie, 2008:66), siswa dalam kelas dibagi menjadi dua lingkaran, yaitu lingkaran individu dan lingkaran kelompok. Penjelasannya sebagai berikut :
a. Lingkaran individu
1.    Separuh kelas (atau seperempat jika  jumlah  siswa terlalu banyak) berdiri membentuk lingkaran kecil. Mereka berdiri melingkar dan menghadap keluar.
2.    Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran yang pertama. Dengan kata lain, mereka berdiri menghadap ke dalam dan berpasangan dengan siswa yang berada di lingkaran dalam.
3.    Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan lingkaran besar berbagi informasi. Siswa yang berada di lingkaran kecil yang memulai. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.    Kemudian, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah perputaran jarum jam. Dengan cara ini, masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru untuk berbagi informasi.
5.    Sekarang giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagikan informasi. Demikian seterusnya.
b. Lingkaran kelompok
1.    Satu kelompok berdiri di  lingkaran kecil menghadap keluar. Kelompok yang lain berdiri di lingkaran besar.
2.    Kelompok berputar seperti prosedur lingkaran individu yang dijelaskan di atas dan saling berbagi.
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

I.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    TeknikPenilaian
1.    Sikap                        : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian
1.    Sikap                        : lembar observasi sikap (Lampiran)
2.    Pengetahuan            : Soal PG dan (Lampiran)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran)
a.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
b.    Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Zella Fitriani, SH, M.Pd.                                          Badru Zaman, S.Ag


LAMPIRAN 1
PENILAIAN

A.  Penilaian Sikap
a.    Observasi
No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.   Jurnal
No.
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






Dst.










B.  Pengetahuan
a.    Tes Tulis
No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan pengertian hari akhir!
Hari kiamat atau hari akhir adalah peristiwa luar biasa yang pasti akan terjadi dan semua makhluk hidup akan dimatikan, kemudian dihidupkan dan akan dimintai pertanggung jawaban.
2.
Tulis dalil naqli dan terjemahhnya tentang hari kiamat!
 يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي لاَ يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلاَّ هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لاَ تَأْتِيكُمْ إِلاَّ بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللّهِ وَلَـكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ ﴿ (QS. Al-A’raaf:187)

187. Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui".
3.
Apa saja hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir/kiamat?
1.    Yaumuul ba’ats (hari kebangkitan)
2.    Yaumul mahsyar (manusia akn dikumpulkan pada sutu tempat yang sangat luas)
3.    Yaumul hisab (hari penghitungan amal)
4.    Yaumul mizan (hari penimbangan amal)
4.
Jelaskan macam-macam kiamat!
1.      Kiamat sugro (kiamat kecil), yaitu penghancuran, kematian makhluk yang bernyawa secara tidak berbarengan.
2.      Kiamat kubro (kiamat besar), yaitu waktu hancurnya semua semesta alam secara bersamaan.
5.
Sebutkan contoh perilaku yang atau hikmah yang menggambarkan beriman kepada hari kiamat!
1.    Menyadari bahwa hari kiamat pasti akan datang, namun waktunya tidak tahu
2.    Hancurnya semesta membuktikan bahwa Allah Mahakuasa
3.    Akan meningkatkan imanan dan ketakwaan
4.    Akan semakin baik amal hidupnya






C.  Ketrampilan
a.    Presentasi Kelompok Model
Rubrik Unjuk Kerja Presentasi
No.
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/
Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)
1





2





3





4





5





Dst.






Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan























LAMPIRAN 2
MATERI PEMBELAJARAN

a.    Pengertian hari akhir
Hari kiamat atau hari akhir adalah peristiwa luar biasa yang pasti akan terjadi dan semua makhluk hidup akan dimatikan, kemudian dihidupkan dan akan dimintai pertanggung jawaban.
b.    Dalil hari akhir
  يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي لاَ يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلاَّ هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لاَ تَأْتِيكُمْ إِلاَّ بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللّهِ وَلَـكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ  
187. Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui". (QS. Al-A’raaf:187)
c.    Hal-hal yang berkaitan hari akhir
·      Yaumuul ba’ats (hari kebangkitan)
·      Yaumul mahsyar (manusia akn dikumpulkan pada sutu tempat yang sangat luas)
·      Yaumul hisab (hari penghitungan amal)
·      Yaumul mizan (hari penimbangan amal)
d.   Macam-macam kiamat
·      Kiamat sugro (kiamat kecil), yaitu penghancuran, kematian makhluk yang bernyawa secara tidak berbarengan.
·   Kiamat kubro (kiamat besar), yaitu waktu hancurnya semua semesta alam secara bersamaan.
e.    Hikmah beriman kepada hari akhir
·      Menyadari bahwa hari kiamat pasti akan datang, namun waktunya tidak tahu
·      Hancurnya semesta membuktikan bahwa Allah Mahakuasa
·      Akan meningkatkan imanan dan ketakwaan
·      Akan semakin baik amal hidupnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...