Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII/Genap
MateriPokok : Iman kepada Qadha dan Qadar
AlokasiWaktu : 2X 3 Jam Pelajaran(JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.4
|
Meyakiniadanyaqadadanqadar Allah Swt.
|
1.4.1
Menerimaadanya qada dan qadar Allah Swt
1.4.2
Mengimaniadanya qada dan qadar Allah Swt
1.4.3
Mempertahankan keimanan adanya qada dan qadar Allah Swt
|
|
2.4
|
Bersikap optimis,
berikhtiar, dan bertawakal sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
|
2.4.1
Menampilkan sikap optimis, sebagai implementasi dari beriman kepada
qada dan qadar Allah Swt.
2.4.2
Menampilkan sikap berikhtiar sebagai implementasi
dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.3
Menampilkan sikap bertawakal sebagai implementasi
dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.4
Membiasakan sikap optimis, sebagai implementasi dari beriman kepada
qada dan qadar Allah Swt.
2.4.5
Membiasakan sikap berikhtiar sebagai implementasi
dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.6
Membiasakan sikap bertawakal sebagai implementasi
dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.7
Menjaga kebiasaan bersikap
optimis,
sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar
Allah Swt.
2.4.8
Menjaga kebiasaan berikhtiar sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.9
Menjaga kebiasaan bertawakal sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
|
|
3.4
|
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qada dan qadar
|
|
3.4.1 Menjelaskan konsep iman
kepada qadha danqadar Allah Swt.
3.4.2 Menjelaskan konsep ikhtiar
dan tawakal
3.4.3 Menguraikan makna beriman
kepada qadha’ dan qadar
|
4.4
|
Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan
qadarAllah Swt. Dengan sikap optimis,
berikhtiar, dan bertawakal
|
|
4.4.1 Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan
qadarAllah Swt. Dengan sikap optimis dalam
kehidupan
4.4.2 Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan
qadarAllah Swt. Dengan sikap beriktiar dalam
kehidupan
4.4.3 Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan
qadarAllah Swt. Dengan sikap bertawakal dalam
kehidupan
|
C. TujuanPembelajaran
Melalui model pembelajaranMake a Match dan Inside Outside Circle peserta didikdapat menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qada
dan qadar; menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan
qadarAllah Swt. Dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal; sehingga meyakini
adanya qada dan qadar Allah Swt. dan bersikap optimis,
berikhtiar, dan bertawakal sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan
qadar Allah Swt.
D. Materi
Pembelajaran
· Sikap optimis, sebagai implementasi
dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
· Sikap berikhtiar
sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah
Swt.
·
Sikap bertawakal sebagai implementasi
dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
·
Konsep iman kepada qadha
dan qadar
Allah Swt.
·
Konsep ikhtiar dan tawakal
·
Implementasi hikmah
beriman kepada qadha’ dan qadar
·
Kaitan antara beriman
kepada qada dan qadarAllah Swt. Dengan sikap optimis dalam kehidupan
·
Kaitan antara beriman
kepada qada dan qadar Allah Swt. Dengan sikap beriktiar dalam kehidupan
·
Kaitan antara beriman
kepada qada dan qadarAllah Swt. Dengan sikap bertawakal dalam kehidupan
E. Model/Metode Pembelajaran
·
Make a Match
·
Inside Outside Circle
F.
Media Pembelajaran
·
Laptop dan LCD Projector
·
Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
·
Kertas karton
·
White board
·
Spidol
·
Penghapus
G. Sumber
Belajar
·
Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
·
Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA
Kelas X
·
Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
·
Buku lain yang relevan.
·
Lingkungan
·
Perpustakaan
·
Tokoh
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:
· Menjelaskan konsep iman kepada
qadha dan qadar Allah Swt.
·
Menjelaskan konsep ikhtiar dan tawakal
· Menyimpulkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan
kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan
Inti: Make A Match
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Guru menyuruh siswa untuk memahami teks bacaan terkait
materi yang akan dipelajari
Guru menyiapkan
beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi
review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang
bertuliskan soal/jawaban
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang
dipegang
Setiap siswa mencari pasangan
kartu yang cocok dengan kartunya Misalnya: pemegang kartu yang bertuliskan
konsep iman kepada qodlo dan qodar akan berpasangan dengan deskripsinya. Berhadapan dengan pasangan dan menjelaskan makna
kartu kepada pasangan
Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum
batas waktu diberi poin
Guru menunjuk pasangan untuk presentasi
Setiap pasangan mempresentasikan secara bergiliran
hasil temuan mereka, sementara pasangan lain memperhatikan dan memberikan
tanggapan dan koreksi
Siswa membuat kesimpulan dari hasil yang
dipresentasikan.
Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap
siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
4
|
Refleksi
PR menulis tentang konsep beriman kepada qodlo dan qodar serta hadits terkait
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
· Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan
qadar Allah Swt. Dengan sikap optimis dalam kehidupan
·
Menyajikan kaitan
antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. Dengan sikap beriktiar dalam kehidupan
· Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan
qadarAllah Swt. Dengan sikap bertawakal dalam kehidupan
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti: Inside Outside Circle
|
|
|
Menurut Spencer
Kagan, ada lima langkah utama dalam penerapan
Model IOC ini, yaitu:
1. Langkah pertama, separuh kelas berdiri membentuk
lingkaran kecil dan menghadap keluar
2. Langkah kedua, separuh kelas lainnya membentuk
lingkaran di luar lingkaran pertama dan menghadap ke dalam
3. Langkah ketiga, kemudian dua siswa yang berpasangan
dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini
bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
4. Langkah keempat, siswa yang berada di lingkaran
kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser
satu atau dua langkah searah jarum jam, sehingga masing-masing siswa
mendapatkan pasangan baru
5. Langkah terakhir, giliran siswa yang berada di
lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
Anita
Lie mengembangkan langkah-langkah yang dirumuskan Kagan. Dalam pengembangan
(Anita Lie, 2008:66), siswa dalam kelas dibagi menjadi dua lingkaran, yaitu
lingkaran individu dan lingkaran kelompok Penjelasannya sebagai berikut:
a. Lingkaran individu
1. Separuh kelas (atau seperempat jika jumlah
siswa terlalu banyak) berdiri membentuk lingkaran kecil. Mereka berdiri
melingkar dan menghadap keluar
2. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar
lingkaran yang pertama. Dengan kata lain, mereka berdiri menghadap ke dalam
dan berpasangan dengan siswa yang berada di lingkaran dalam
3. Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan
lingkaran besar berbagi informasi. Siswa yang berada di lingkaran kecil yang
memulai. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu
yang bersamaan
4. Kemudian, siswa yang berada di lingkaran kecil diam
di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau
dua langkah searah perputaran jarum jam. Dengan cara ini, masing-masing siswa
mendapatkan pasangan baru untuk berbagi informasi.
5. Sekarang giliran siswa yang berada di lingkaran
besar yang membagikan informasi. Demikian seterusnya
b. Lingkaran kelompok
1. Satu kelompok berdiri di lingkaran kecil
menghadap keluar. Kelompok yang lain berdiri di lingkaran besar
2. Kelompok berputar seperti prosedur lingkaran
individu yang dijelaskan di atas dan saling berbagi
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Teknik
Penilaian
1.
Sikap : Observasi
dan jurnal
2.
Pengetahuan : Tes Tertulis
3.
Keterampilan : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Penilaian
1.
Sikap : lembar observasi sikap (Lampiran)
2.
Pengetahuan : Soal PG
dan (Lampiran)
3.
Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran)
a. Remedial
1. Pembelajaran remedial dilakukan bagi
siswa yang
capaian KD nya belum
tuntas
2. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui
remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
b. Pengayaan
· Bagi siswa yang sudah
mencapai
nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
1. Siswa yang mencapai nilai
n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan
materi
masih dalam
cakupan
KD dengan pendalaman
sebagai
pengetahuan
tambahan
2. Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman
sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui
: Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Fitri Nurdiani, SH. M.Pd. Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN 1
PENILAIAN
A. Penilaian Sikap
a.
Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat
bagian dalam mencari
informasi yang diperlukan
b. Mendapat bagian dalam diskusi atau
presentasi
c. Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil
diskusi
|
1. Jika 4 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari informasi
yang diperlukan
b. Terlibat aktif dalam diskusi atau
presentasi
c. Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat aktif dalam mempresentasikan
hasil diskusi.
|
1. Jika 4 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b.
Jurnal
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
B. Pengetahuan
a. Tes Tulis
No.
|
Butir-butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Jelaskan
pengetian iman kepada qada dan qadar!
|
Qada dapat berarti hukum atau keputusan, kehendak,
mejadikan. Sedangkan qadar berarti ukuran, ketentuan atau kepastian.
Iman kepada qadar dan qadar adalah meyakini,
mengucapkan dan mengamalkan dengan perbuatan tentang kehendak dan ketentuan
yang diberikan oleh Allah SWT.
|
2.
|
Tulis
dalil naqli dan terjemahhnya tentang beriman kepada qada dan qodar!
|
أَنزَلَ مِنَ السَّمَاء مَاء فَسَالَتْ أَوْدِيَةٌ بِقَدَرِهَا فَاحْتَمَلَ السَّيْلُ زَبَداً رَّابِياً وَمِمَّا يُوقِدُونَ عَلَيْهِ فِي النَّارِ ابْتِغَاء حِلْيَةٍ أَوْ مَتَاعٍ زَبَدٌ مِّثْلُهُ كَذَلِكَ يَضْرِبُ اللّهُ الْحَقَّ وَالْبَاطِلَ فَأَمَّا الزَّبَدُ فَيَذْهَبُ جُفَاء وَأَمَّا مَا يَنفَعُ النَّاسَ فَيَمْكُثُ فِي الأَرْضِ كَذَلِكَ يَضْرِبُ اللّهُ الأَمْثَالَ ﴿١٧﴾
17. Allah telah menurunkan
air (hujan) dari langit, Maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya,
Maka arus itu membawa buih yang mengambang. dan dari apa (logam) yang mereka
lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya
seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang
benar dan yang bathil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak
ada harganya; Adapun yang memberi manfaat kepada manusia, Maka ia tetap di
bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan (QS. Ar-Ra'd : 17)
|
3.
|
Sebutkan
hal-hal yang berkaitan dengan qada dan qadar?
|
1. Ikhtiar, menghendaki manusia supaya tidak pasif.
2. Tawakal, menyerahkan segala urusan
|
4.
|
Jelaskan
macam-macam takdir!?
|
1.
Takdir mubrom (yang bisa diubah)
2.
Takdir mualak (yang tidak bisa diubah)
|
5.
|
Sebutkan
hikmah beriman kepada qada
dan qadar!
|
1. Memotivasi manusia untuk patuh pada perintah
Allah, menjauhi larangan dan takut pada azab Allah SWT.
2. Merefleksikan manusia untuk senantiasa
meningkatkan kualitas hidup
3. Memahami bahwa takdir bukan berarti diam, namun
ada usaha untuk lebih baik
4. Menumbuhkan sikap perilaku terpuji dan
menghilangkan sifat tercela
|
C. Ketrampilan
a. Presentasi
Kelompok Model
Rubrik Unjuk Kerja
Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya (*)
|
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberi masukan/
Saran (*)
|
Nilai Keterampilan (**)
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu
bertanya
Skor 3, apabila sering
bertanya
Skor 2, apabila
kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak
pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila
materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila
materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila
materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila
materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu
memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering
memberi masukan/saran
Skor 2, apabila
kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak
pernah memberi masukan/saran
|
(*) diisi sesuai dengan perolehan
skor
sesuai dengan
pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan
LAMPIRAN 2
MATERI PEMBELAJARAN
a.
Pengertian Qada dan Qadar
Qada dapat berarti hukum atau keputusan, kehendak,
mejadikan. Sedangkan qadar berarti ukuran, ketentuan atau kepastian.
Iman kepada qadar dan qadar adalah meyakini,
mengucapkan dan mengamalkan dengan perbuatan tentang kehendak dan ketentuan
yang diberikan oleh Allah SWT.
b.
Dalil tentang qada dan qadar (QS. Ar-Ra'd : 17)
أَنزَلَ مِنَ السَّمَاء مَاء فَسَالَتْ أَوْدِيَةٌ بِقَدَرِهَا فَاحْتَمَلَ السَّيْلُ زَبَداً رَّابِياً وَمِمَّا يُوقِدُونَ عَلَيْهِ فِي النَّارِ ابْتِغَاء حِلْيَةٍ أَوْ مَتَاعٍ زَبَدٌ مِّثْلُهُ كَذَلِكَ يَضْرِبُ اللّهُ الْحَقَّ وَالْبَاطِلَ فَأَمَّا الزَّبَدُ فَيَذْهَبُ جُفَاء وَأَمَّا مَا يَنفَعُ النَّاسَ فَيَمْكُثُ فِي الأَرْضِ كَذَلِكَ يَضْرِبُ اللّهُ الأَمْثَالَ
(١٧﴿
Allah telah
menurunkan air (hujan) dari langit, Maka mengalirlah air di lembah-lembah
menurut ukurannya, Maka arus itu membawa buih yang mengambang. dan dari apa (logam)
yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula)
buihnya seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi)
yang benar dan yang bathil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang
tak ada harganya; Adapun yang memberi manfaat kepada manusia, Maka ia tetap di
bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan[770].
[770] Allah mengumpamakan yang benar dan yang bathil
dengan air dan buih atau dengan logam yang mencair dan buihnya. yang benar sama
dengan air atau logam murni yang bathil sama dengan buih air atau tahi logam
yang akan lenyap dan tidak ada gunanya bagi manusia.
c.
Hal-hal yang berkaitan dengan qada dan qadar
Ikhtiar, menghendaki manusia supaya tidak
pasif.Tawakal, menyerahkan segala urusan
d.
Hikmah beriman kepada qada dan qadar
· Memotivasi manusia untuk patuh pada perintah Allah,
menjauhi larangan dan takut pada azab Allah SWT.
· Merefleksikan manusia untuk senantiasa meningkatkan
kualitas hidup
· Memahami bahwa takdir bukan berarti diam, namun ada
usaha untuk lebih baik
· Menumbuhkan sikap perilaku terpuji dan menghilangkan
sifat tercela
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.