Sponsor

Rabu, 15 Mei 2019

RPP 1.4 Kls XII_GNP_2013_PAI_QADHA QODAR


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                        : SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran              : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII/Genap
MateriPokok                : Iman kepada Qadha dan Qadar
AlokasiWaktu             : 2X 3 Jam Pelajaran(JP)

A.  Kompetensi Inti
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.4
Meyakiniadanyaqadadanqadar Allah Swt.
1.4.1    Menerimaadanya qada dan qadar Allah Swt
1.4.2    Mengimaniadanya qada dan qadar Allah Swt
1.4.3    Mempertahankan keimanan adanya qada dan qadar Allah Swt
2.4
Bersikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.1    Menampilkan sikap optimis, sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.2    Menampilkan sikap berikhtiar sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.3    Menampilkan sikap bertawakal sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.4    Membiasakan sikap optimis, sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.5    Membiasakan sikap berikhtiar sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.6    Membiasakan sikap bertawakal sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.7    Menjaga kebiasaan bersikap optimis, sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.8    Menjaga kebiasaan berikhtiar sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
2.4.9    Menjaga kebiasaan bertawakal sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
3.4
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qada dan qadar

3.4.1    Menjelaskan konsep iman kepada qadha danqadar Allah Swt.
3.4.2    Menjelaskan konsep ikhtiar dan tawakal
3.4.3    Menguraikan makna beriman kepada qadha’ dan qadar
4.4
Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. Dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal

4.4.1    Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. Dengan sikap optimis dalam kehidupan
4.4.2    Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. Dengan sikap beriktiar dalam kehidupan
4.4.3    Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. Dengan sikap bertawakal dalam kehidupan

C.  TujuanPembelajaran
Melalui model pembelajaranMake a Match dan Inside Outside Circle peserta didikdapat menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qada dan qadar; menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. Dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal; sehingga meyakini adanya qada dan qadar Allah Swt. dan bersikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.

D.  Materi Pembelajaran
·      Sikap optimis, sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
·      Sikap berikhtiar sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
·      Sikap bertawakal sebagai implementasi dari beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
·      Konsep iman kepada qadha dan qadar Allah Swt.
·      Konsep ikhtiar dan tawakal
·      Implementasi hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar
·      Kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. Dengan sikap optimis dalam kehidupan
·      Kaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. Dengan sikap beriktiar dalam kehidupan
·      Kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. Dengan sikap bertawakal dalam kehidupan

E.  Model/Metode Pembelajaran
·      Make a Match
·      Inside Outside Circle

F.   Media Pembelajaran
·      Laptop dan LCD Projector
·      Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
·      Kertas karton
·      White board
·      Spidol
·      Penghapus



G. Sumber Belajar
·         Al-Quran dan terjemahnya, Depag RI
·         Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas X
·         Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
·         Buku lain yang relevan.
·         Lingkungan
·         Perpustakaan
·         Tokoh

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:
·      Menjelaskan konsep iman kepada qadha dan qadar Allah Swt.
·      Menjelaskan konsep ikhtiar dan tawakal
·      Menyimpulkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15  Menit


Kegiatan Inti: Make A Match


1

2


3

4



5

6
7


8
9
Guru menyuruh siswa untuk memahami teks bacaan terkait materi yang akan dipelajari
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/jawaban
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya Misalnya: pemegang kartu yang bertuliskan konsep iman kepada qodlo dan qodar akan berpasangan dengan deskripsinya. Berhadapan dengan pasangan dan menjelaskan makna kartu kepada pasangan
Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
Guru menunjuk pasangan untuk presentasi
Setiap pasangan mempresentasikan secara bergiliran hasil temuan mereka, sementara pasangan lain memperhatikan dan memberikan tanggapan dan koreksi
Siswa membuat kesimpulan dari hasil yang dipresentasikan.
Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2

3

4
Refleksi
PR menulis tentang konsep beriman kepada qodlo dan qodar serta hadits terkait
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. Dengan sikap optimis dalam kehidupan
·      Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. Dengan sikap beriktiar dalam kehidupan
·      Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. Dengan sikap bertawakal dalam kehidupan
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit


Kegiatan Inti: Inside Outside Circle





Menurut  Spencer  Kagan,  ada  lima  langkah utama  dalam  penerapan Model  IOC ini, yaitu:
1.      Langkah pertama, separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
2.      Langkah kedua, separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama dan menghadap ke dalam
3.      Langkah ketiga, kemudian dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
4.      Langkah keempat, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam, sehingga masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru
5.      Langkah terakhir, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
Anita Lie mengembangkan langkah-langkah yang dirumuskan Kagan. Dalam pengembangan (Anita Lie, 2008:66), siswa dalam kelas dibagi menjadi dua lingkaran, yaitu lingkaran individu dan lingkaran kelompok Penjelasannya sebagai berikut:
a. Lingkaran individu
1.    Separuh kelas (atau seperempat jika  jumlah  siswa terlalu banyak) berdiri membentuk lingkaran kecil. Mereka berdiri melingkar dan menghadap keluar
2.    Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran yang pertama. Dengan kata lain, mereka berdiri menghadap ke dalam dan berpasangan dengan siswa yang berada di lingkaran dalam
3.    Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan lingkaran besar berbagi informasi. Siswa yang berada di lingkaran kecil yang memulai. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
4.    Kemudian, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah perputaran jarum jam. Dengan cara ini, masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru untuk berbagi informasi.
5.    Sekarang giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagikan informasi. Demikian seterusnya
b. Lingkaran kelompok
1.    Satu kelompok berdiri di  lingkaran kecil menghadap keluar. Kelompok yang lain berdiri di lingkaran besar
2.    Kelompok berputar seperti prosedur lingkaran individu yang dijelaskan di atas dan saling berbagi
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit


I.     Penilaian Hasil Pembelajaran
a.    Teknik Penilaian
1.    Sikap                        : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian
1.    Sikap                        : lembar observasi sikap (Lampiran)
2.    Pengetahuan            : Soal PG dan (Lampiran)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran)
a.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
b.    Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Zella Fitri Nurdiani, SH. M.Pd.                                           Badru Zaman, S.Ag







































LAMPIRAN 1
PENILAIAN

A.  Penilaian Sikap
a.    Observasi
No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.   Jurnal
No.
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






Dst.












B.  Pengetahuan
a.    Tes Tulis
No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan pengetian iman kepada qada dan qadar!
Qada dapat berarti hukum atau keputusan, kehendak, mejadikan. Sedangkan qadar berarti ukuran, ketentuan atau kepastian.
Iman kepada qadar dan qadar adalah meyakini, mengucapkan dan mengamalkan dengan perbuatan tentang kehendak dan ketentuan yang diberikan oleh Allah SWT.
2.
Tulis dalil naqli dan terjemahhnya tentang beriman kepada qada dan qodar!
أَنزَلَ مِنَ السَّمَاء مَاء فَسَالَتْ أَوْدِيَةٌ بِقَدَرِهَا فَاحْتَمَلَ السَّيْلُ زَبَداً رَّابِياً وَمِمَّا يُوقِدُونَ عَلَيْهِ فِي النَّارِ ابْتِغَاء حِلْيَةٍ أَوْ مَتَاعٍ زَبَدٌ مِّثْلُهُ كَذَلِكَ يَضْرِبُ اللّهُ الْحَقَّ وَالْبَاطِلَ فَأَمَّا الزَّبَدُ فَيَذْهَبُ جُفَاء وَأَمَّا مَا يَنفَعُ النَّاسَ فَيَمْكُثُ فِي الأَرْضِ كَذَلِكَ يَضْرِبُ اللّهُ الأَمْثَالَ ﴿١٧﴾
17. Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, Maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya, Maka arus itu membawa buih yang mengambang. dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang benar dan yang bathil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak ada harganya; Adapun yang memberi manfaat kepada manusia, Maka ia tetap di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan (QS. Ar-Ra'd : 17)
3.
Sebutkan hal-hal yang berkaitan dengan qada dan qadar?
1.    Ikhtiar, menghendaki manusia supaya tidak pasif.
2.    Tawakal, menyerahkan segala urusan
4.
Jelaskan macam-macam takdir!?
1.    Takdir mubrom (yang bisa diubah)
2.    Takdir mualak (yang tidak bisa diubah)
5.
Sebutkan hikmah beriman kepada qada dan qadar!
1.    Memotivasi manusia untuk patuh pada perintah Allah, menjauhi larangan dan takut pada azab Allah SWT.
2.    Merefleksikan manusia untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidup
3.    Memahami bahwa takdir bukan berarti diam, namun ada usaha untuk lebih baik
4.    Menumbuhkan sikap perilaku terpuji dan menghilangkan sifat tercela






C.  Ketrampilan
a.    Presentasi Kelompok Model
Rubrik Unjuk Kerja Presentasi
No.
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/
Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)
1





2





3





4





5





Dst.






Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan



















LAMPIRAN 2
MATERI PEMBELAJARAN

a.    Pengertian Qada dan Qadar
Qada dapat berarti hukum atau keputusan, kehendak, mejadikan. Sedangkan qadar berarti ukuran, ketentuan atau kepastian.
Iman kepada qadar dan qadar adalah meyakini, mengucapkan dan mengamalkan dengan perbuatan tentang kehendak dan ketentuan yang diberikan oleh Allah SWT.
b.   Dalil tentang qada dan qadar (QS. Ar-Ra'd : 17)
أَنزَلَ مِنَ السَّمَاء مَاء فَسَالَتْ أَوْدِيَةٌ بِقَدَرِهَا فَاحْتَمَلَ السَّيْلُ زَبَداً رَّابِياً وَمِمَّا يُوقِدُونَ عَلَيْهِ فِي النَّارِ ابْتِغَاء حِلْيَةٍ أَوْ مَتَاعٍ زَبَدٌ مِّثْلُهُ كَذَلِكَ يَضْرِبُ اللّهُ الْحَقَّ وَالْبَاطِلَ فَأَمَّا الزَّبَدُ فَيَذْهَبُ جُفَاء وَأَمَّا مَا يَنفَعُ النَّاسَ فَيَمْكُثُ فِي الأَرْضِ كَذَلِكَ يَضْرِبُ اللّهُ الأَمْثَالَ 
(١٧﴿

Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, Maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya, Maka arus itu membawa buih yang mengambang. dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang benar dan yang bathil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak ada harganya; Adapun yang memberi manfaat kepada manusia, Maka ia tetap di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan[770].
[770] Allah mengumpamakan yang benar dan yang bathil dengan air dan buih atau dengan logam yang mencair dan buihnya. yang benar sama dengan air atau logam murni yang bathil sama dengan buih air atau tahi logam yang akan lenyap dan tidak ada gunanya bagi manusia.
c.    Hal-hal yang berkaitan dengan qada dan qadar
Ikhtiar, menghendaki manusia supaya tidak pasif.Tawakal, menyerahkan segala urusan
d.   Hikmah beriman kepada qada dan qadar
·  Memotivasi manusia untuk patuh pada perintah Allah, menjauhi larangan dan takut pada azab Allah SWT.
·  Merefleksikan manusia untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidup
·  Memahami bahwa takdir bukan berarti diam, namun ada usaha untuk lebih baik
·  Menumbuhkan sikap perilaku terpuji dan menghilangkan sifat tercela




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...