Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMA YZA 1 Kota Bogor
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : XII/Genap
Materi Pokok : Ketentuan waris dalam Islam
Alokasi Waktu :
5 x 3 Jam Pelajaran (JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.7
|
Menerima dan mengakui ketentuan waris berdasarkan
syariat Islam
|
1.7.1 Menerima
kebenaran ketentuan waris berdasarkan syariat Islam
1.7.2 Mengimani
kebenaran ketentuan waris berdasarkan syariat Islam
1.7.3 Mempertahankan
keimanan tentang kebenaran ketentuan waris berdasarkan syariat Islam
|
|
2.7
|
Peduli kepada orang lain sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan waris dalam
Islam.
|
2.7.1
Menunjukkan kepedulian kepada
orang lain sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan waris dalam Islam
2.7.2
Membiasakan kepedulian kepada
orang lain sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan waris dalam Islam
2.7.3
Menjaga kebiasaan sikap peduli
kepada orang lain sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan waris dalam Islam
|
|
3.7
|
Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam
|
3.7.1 Mempelajari ketentuan waris dalam Islam
3.7.2 Merinci ketentuan
waris dalam Islam
3.7.3 Menggunakan ketentuan waris dalam Islam
3.7.4 Mengkategorikan ketentuan waris dalam Islam
|
|
4.7
|
Mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
|
4.7.1 Mengatur pelaksanaan pembagian waris dalam
Islam
4.7.2
Mendemonstrasikan pelaksanaanpembagian
waris dalam Islam
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui model pembelajarn Market Place Activity dan Demontrasi peserta didik dapat menganalisis dan mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam; mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
sehingga peserta didik menerima
dan mengakui ketentuan waris berdasarkan syariat Islam dan Peduli kepada orang lain sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan waris dalam
Islam
D. Materi
Pembelajaran
·
Kebenaran ketentuan waris berdasarkan syariat Islam
·
Kepedulian kepada orang lain sebagai cerminan
pelaksanaan ketentuan waris dalam Islam
·
Sikap peduli kepada orang lain sebagai cerminan
pelaksanaan ketentuan waris dalam Islam
·
Ketentuan waris dalam Islam
· Pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
E. Model/Metode Pembelajaran
·
Market Place Activity
·
Demontrasi
F.
Media Pembelajaran
·
Laptop dan LCD Projector
·
Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
·
Kertas karton
·
White board
·
Softwere tata cara pembagian
waris
·
Spidol
·
Penghapus, dll.
G. Sumber
Belajar
·
Al-Quran dan terjemahnya, Depag RI
·
Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA
Kelas XII
·
Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
·
Buku lain yang relevan
·
Lingkungan
·
Perpustakaan
·
Guru
·
Tokoh
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mempelajari ketentuan waris dalam
Islam
·
Merinci ketentuan waris dalam
Islam
·
Menggunakan ketentuan waris dalam
Islam
·
Mengkategorikan ketentuan waris
dalam Islam
·
Mempertahankan ketentuan waris
dalam Islam
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kultum
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti: Market Place Activity
|
|
1
|
1.
Setiap kelompok
mempersiapkan barang yang akan dijual (pokok/sub pokok bahasan hasil
pembagian guru, masing-masing kelompok berbeda kontennya), Pada tahap ini
siswa mengamati, menanya dan mengeksplorasi pokok/sub pokok bahasan melalui
refferensi yang akurat antar sesama kelompok. Satu konten lebih dari satu
referensi
2.
Barang yang
dijual harus menarik (bisa menggunkan mind map, peta konsep, desain gambar
dll). Siswa mengasosiasi dan mengomunikasikan hasil eksplornya melalui produk
seperti mind map, peta konsep, desain gambar dll.
3.
Setiap kelompok
dibagi menjadi dua bagian (kelompok penjual dan kelompok pembeli) Kelompok
penjual menjelaskan kehebatan produknya secara detail. Kelompok pembeli
menilai atau mendengarkan penjelasan dan mencatatnya
4.
Pembeli akan
berkunjung ke stan penjual (diberi kesempatan 5-6 menit) Pembeli mengunjungi
penjual dan mencatat apa yang dijelaskan penjual.Ini harus dicatat karena
pembeli ini harus menjelaskan kepada penjual di kelompoknya.
5.
Pembeli
menyampaikan laporan hasil kunjungannya kepada kelompoknya. Pembeli
menjelaskan hasil kunjungan kepada penjual dikelompoknya. Pembeli dan penjual
menilai mana kelompok terbaik pada saat kunjungan dan dikunjungi.
6.
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam bentuk lagu, puisi,
atau pantun.
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan dating yaitu penilaian harian
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mempelajari ketentuan waris dalam
Islam
·
Merinci ketentuan waris dalam
Islam
·
Menggunakan ketentuan waris dalam
Islam
·
Mengkategorikan ketentuan waris
dalam Islam
·
Mempertahankan ketentuan waris
dalam Islam
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek
kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kultum
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti: Market Place Activity
|
|
1
|
Mempraktikan model
pembelajarn market place activity
dengan konsep mind map yang telah dibuat minggu lalu
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan dating yaitu mempraktikan tata cara penghitungan mawaris
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mengatur pelaksanaan pembagian
waris dalam Islam
·
Mendemonstrasikan pelaksanaanpembagian waris dalam Islam
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek
kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kultum
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti: Demonstrasi
Praktik
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Peserta didik dibagi
5-6 kelompok
Guru memandu tata cara
penghitungan mawaris secara manual matematis
Atau guru memandu tata
cara pembagian dan penghitungan mawaris dengan softwere waris
Peserta didik secara
bersama kelompok melalukan pembagian mawaris dengan soal-soal dari guru
Peserta didik dengan
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil dan tata cara pembagian mawaris
yang telah dikerjakan sebelumnya
Guru memberi ulasan
materi
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang yaitu penilaian harian mawaris
dan materi selanjutnya
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
a. TeknikPenilaian
1.
Sikap : Observasidanjurnal
2.
Pengetahuan : Tes Tertulis
3.
Keterampilan : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Penilaian
1.
Sikap : lembar observasisikap (Lampiran)
2.
Pengetahuan : Soal PG
dan (Lampiran)
3.
Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran)
c.
Remedial
1.
Pembelajaran remedial dilakukan bagi
siswa yangcapaian KD
nya belum tuntas
2.
Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial
teaching (klasikal), atau
tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes
d.
Pengayaan
1.
Bagi siswa yang sudah
mencapai
nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
1)
Siwa yang
mencapai nilai
n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan
materi
masih dalam
cakupan
KD dengan pendalaman
sebagai
pengetahuan
tambahan
2)
Siwa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Mengetahui
: Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Fitri, Nurdiani, SH. M.Pd. Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN 1
PENILAIAN
A. Penilaian Sikap
a.
Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat
bagian dalam mencari
informasi yang diperlukan
b.
Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c. Mendapat
bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat
bagian dalam
mempresentasikan
hasil diskusi
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari informasi
yang diperlukan
b. Terlibat
aktif dalam diskusi atau presentasi
c. Terlibat
aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat
aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b.
Jurnal
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
B. Pengetahuan
a. Tes Tulis
No.
|
Butir-butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Sebutkan
pengertian mawaris!
|
Adalah ilmu untuk mengetahui orang-orang
yang berhak dan tidak brhak menerima warisan, untuk mengetahui bagian
masing-masing dan cara pembagiannya
|
2.
|
Tulis
dalil Al-Qur’an dan terjemahnya salah satu dalil tentang mawaris!
|
Artinya:
bagi orang laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan ibu-bapa dan
kerabatnya, dan bagi orang wanita ada hak bagian (pula) dari harta
peninggalan ibu-bapa dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut
bahagian yang telah ditetapkan.
|
3.
|
Sebutkan
sebab-sebab saling mewarisi!
|
· Karena
hubungan keluarga (nasab)
· Pernikahan
· Wala’
(membebaskan hamba sahaya
|
4.
|
Sebutkan
faktor-faktor penghalang dalam waris!
|
· Hamba
sahaya
· Pembunuhan
· Murtad
· Berlainan
agama
|
5.
|
Sebutkan
minimal tiga dari tujuan atau hikamh mawaris dalam Islam!
|
· Agar
menjalankan hukum pembagian harta sesuai syariat Islam
· Agar
jelas siapa yang mendapat, tidak mendapat bagian dan ukuran bagian
· Agar
membagikan harta secara adil
|
C. Ketrampilan
a. Presentasi
Kelompok Model
Rubrik Unjuk Kerja
Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya (*)
|
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberi masukan/
Saran (*)
|
Nilai Keterampilan (**)
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman
Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang
bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar,
tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
|
(*) diisi sesuai dengan perolehan
skor
sesuai dengan
pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan
LAMPIRAN 2
MATERI PEMBELAJARAN
a.
Pengertian mawaris
Adalah
ilmu untuk mengetahui orang-orang yang berhak dan tidak brhak menerima warisan,
untuk mengetahui bagian masing-masing dan cara pembagiannya.
b.
Dalil mawaris Q.S. An-Nisa: 7
لِّلرِّجَالِ نَصيِبٌ مِّمَّا تَرَكَ الْوَالِدَانِ وَالأَقْرَبُونَ وَلِلنِّسَاء نَصِيبٌ مِّمَّا تَرَكَ الْوَالِدَانِ وَالأَقْرَبُونَ مِمَّا قَلَّ مِنْهُ أَوْ كَثُرَ نَصِيباً مَّفْرُوضاً ﴿٧
Artinya:
bagi orang laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan ibu-bapa dan
kerabatnya, dan bagi orang wanita ada hak bagian (pula) dari harta peninggalan
ibu-bapa dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut bahagian yang telah
ditetapkan.
c.
Sebab-sebab saling mewarisi
1.
Karena hubungan keluarga (nasab)
2.
Pernikahan
3.
Wala’ (membebaskan hamba sahaya
d.
Faktor penghalang dalam waris
1.
Hamba sahaya
2.
Pembunuhan
3.
Murtad
4.
Berlainan agama
e.
Hikmah dan tujuan waris dalam Islam
1.
Agar menjalankan hukum pembagian harta sesuai
syariat Islam
2.
Agar jelas siapa yang mendapat, tidak mendapat
bagian dan ukuran bagian
3.
Agar membagikan harta secara adil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.