Sponsor

Rabu, 15 Mei 2019

RPP 1.6 Kls XII_GJL_2013_PAI_NIKAH


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                        : SMA YZA 1 Kota Bogor
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII/Ganjil
MateriPokok                : Pernikahandalam Islam
AlokasiWaktu             : 3 X 3 Jam Pelajaran(JP)

A.  Kompetensi Inti
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.6
Menerima dan mengakui ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam
1.6.1    Menerima ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam
1.6.2    Mengimani ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam
1.6.3    Mempertahankan keimanan tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam
2.6
Menunjukkan sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai implementasi dari ketentuan pernikahan dalam Islam
2.6.1    Menampilkan sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam
2.6.2    Membiasakan sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam
2.6.3    Menjaga kebiasaan bersikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam.
3.6
Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam
3.6.1 Menganalis ketentuan pernikahan dalam Islam
3.6.2 Menentukan konsep pernikahan dalam Islam
3.6.3 Menerapkan ketentuan pernikahan dalam Islam
4.6
Menyajikan prinsip-prinsip pernikahan dalam Islam
4.6.1 Menyajikan prinsip-prinsip pernikahan dalam Islam
4.6.2 Mendemonstrasikan tata cara pernikahan dalam Islam

C.  TujuanPembelajaran
Melalui model pembelajaran Iklan TV dan Rol Playing pesertadidik diharapkan dapat menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam;menyajikan prinsip-prinsip pernikahan dalam Islam, sehingga peserta didik dapat menerima dan mengakui ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam

D.  Materi Pembelajaran
·      Ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam
·      Sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam
·      Prinsip-prinsip pernikahan dalam Islam
·      Tata cara pernikahan dalam Islam

E.  Model/MetodePembelajaran
·      Iklan TV
·      Role Playing
·      Sungai kehidupan

F.   Media Pembelajaran
·      Laptop dan LCD Projector
·      Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
·      Kertas karton
·      White board
·      Spidol
·      Penghapus
·      Peralatan praktik pernikahan

G. Sumber Belajar
·      Al-Quran dan terjemahnya, Depag RI
·      Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
·      Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
·      Buku lain yang relevan
·      Lingkungan
·      Perpustakaan
·      Tokoh












H.  Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Menganalis ketentuan pernikahan dalam Islam
·      Menentukan konsep pernikahan dalam Islam
·      Menerapkan ketentuan pernikahan dalam Islam
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5
6
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Melakukan  appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit


Kegiatan Inti: Iklan TV



1.      Bagilah siswa menjadi sejumlah tim beranggotakan tidak lebih dart 6 orang
2.      Perintahkan tirn-tim tersebut untuk membuat Iklan tv tiga puluh detik yang menawarkan rnata pelajaran— menekankan. misalnya. nilai gunanya bagi mereka (atau bahkan bagi dunia!), tokoh-tokoh terkenal yang terkait dengan materi pelajaran ini, dan sebagainya
3.      Iklan tersebut harus berisi slogan (misalnya.. "Dengan Menikah, Hidup Terhindar Dari Dosa") dan media vi­sual (misalnya, keberhasilan artis/tokoh dalam menggapai rumah tangga)
4.      Jelaskan bahwa dengan membuat konsep umum dan garis-garis besar ikian saja sudah cukup. Namun jika sebuah tim ingin memperagakan ikiannya. itu boleh-boleh saja
5.      Sebelum masing-masing tim mulai merencanakan ikiannya, diskusikan karakteristik dari beberapa ikian yang belakangan sedang terkenal untuk menyemarakkan kegiatan (misalnya, gunakan karakter terkenal, humor, perbandingan hingga persaingan, daya tarik seksual)
6.      Perintahkan tiap tim untuk menyajikan gagasannya pujilah kreativltas semua siswa
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan dating yaitu persiapan praktik simulasi pernikahan
Doa dan penutup
15  Menit






Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Mendemonstrasikan tata cara pernikahan dalam Islam
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kultum
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan  appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15  Menit


Kegiatan Inti: Role Playing



1)       Tiap kelompok mendapatkan kartu peran, mengidentifikasi dan mempelajari masalahnya
2)       Peserta didik menanyakan permasalahan yang ada dalam kartu peran
3)       Tiap peserta didik dalam kelompok mempelajari perannya masing-masing sesuai kartu peran
4)       Tiap kelompok membuat skenario peran
5)       Tiap peserta didik berlatih peran masing-masing di kelompoknya
6)       Setiap kelompok tampil bermain peran sesuai dengan masalah yang dipelajari dalam kelompoknya
7)       Kelompok lain menanggapi penampilan bermain peran yang telah diperankan oleh tiap kelompo.
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2


3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang yaitu tugas membuat peta sungai kehidupan tentang planing dalam berumah tangga panca pernikahan dan penilaian harian tertulis
Doa dan penutup
15  Menit













Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Menyajikan prinsip-prinsip dalam rumah tangga sesuai pernikahan dalam Islam
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kultum
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan  appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15  Menit


Kegiatan Inti: Sungai Kehidupan


1


2
Setiap orang secara bergantian atau perwakilan kelompok menyampaikan hasil rencana target-target kehidupan pasca pernikahan sampai meninggal dunia
Penilaian tertulis tentang konsep pernikahan dalam Islam
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit






















I.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian
1.    Sikap                        : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian
1.    Sikap                        : lembar observasi sikap (Lampiran)
2.    Pengetahuan            : Soal PG dan (Lampiran)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran)
a.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
b.    Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Zella Nurfititriani, SH, M.Pd                                               Badru Zaman, S.Ag






















LAMPIRAN 1
PENILAIAN

A.  Penilaian Sikap
a.    Observasi
No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.   Jurnal
No.
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






Dst.












B.  Pengetahuan
a.    Tes Tulis
No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Tuliskan salah satu dalil pernikahan dalam Islam beserta terjemahnya!
وَإِنۡ خِفۡتُمۡ أَلَّا تُقۡسِطُواْ فِي ٱلۡيَتَٰمَىٰ فَٱنكِحُواْ مَا طَابَ لَكُم مِّنَ ٱلنِّسَآءِ مَثۡنَىٰ وَثُلَٰثَ وَرُبَٰعَۖ فَإِنۡ خِفۡتُمۡ أَلَّا تَعۡدِلُواْ فَوَٰحِدَةً أَوۡ مَا مَلَكَتۡ أَيۡمَٰنُكُمۡۚ ذَٰلِكَ أَدۡنَىٰٓ أَلَّا تَعُولُواْ ٣
Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. kemudian jika kamu takut tidak akan dapat Berlaku adil[265], Maka (kawinilah) seorang saja[266], atau budak-budak yang kamu miliki. yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.
2.
Sebutkan rukun nikah!
1.      Calon suami
2.      Calon istri
3.      Wali
4.      Dua orang saksi
5.      Ijab dan qobul
3.
Jelaskan macam-macam pernikahan terlarang dalam Islam?
1.     Nikah mut’ah = nikah kontrak. Dengan ditentukan waktu lamanya, apabila telah selesai maka dianggap cerai
2.    Nikah shigor = silang, dengan menyilang antar dua orang yang masing-masing ingin memperistri adik atau kakak kawannya dengan syarat disilang
3. Nikah muhalil, menikahi orang lain dengan suruhan mantan suaminya yang telah ditalak bain kubro, dengan tujuan nanti akan dinikani kembali
4.      Pernikahan beda agama
4.
Mengapa menikah berbeda agama dilarang dalam Islam?
Pertama melanggar aturan Allah, kemudian ini akan berefek pada hukum dalam Islam laiinya, seperti pada generasi keturuanan (nasab), pewarisan, dll.
5.
Jelaskan hikah pernikahan!

Hikmah pernikahan
1.    Mendapat dan melangsungkan keturunan
2.    Memenuhi hajat danmenyalurkan syahwat
3.    Memenuhi panggilan agama
4.    Menghindarkan seks bebas, dll.

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan kewajiban istri terhadap suami!
1.    Membayar mahar
2.    Memberikan nafkah lahir dan batin dengan baik
3.    Menggauli istri dengan makruf
4.    Memimpin keluarga sehingga harmonis
5.    Adil dan bertanggung jawab terhadap keluarga
2.
Sebutkan hak suami!
1.    Menaati semua perintah suami yang baik
2.    Menjaga diri dan kehormatan keluarga
3.    Menjaga harta kepunyaan suami
4.    Mengatur rumah tangga
5.    Mendidik anak
3.
Jelaskan kandungan Q.S. An-Nisa: 3!
Tentang perintah untuk menikahi wanita secara adil, bahkan sampai maksimal 4. Namun jika merasa tidak akan bisa adil maka 1 saja cukup
4.
Apa saja kewajiban bersama dalam rumah tangga demi keluaraga sakinah, mawadah dan warohmah!
1.    Menajaga nama baik keluarga
2.    Berbuat ihsan pada kedua keluarga
3.    Memelihara dan mendidik anak
4.    Bijak dalam mecahkan masalah
5.    Memaafkan kesalahan orang lain
5.
Apa saja manfaat/hikmah dari  berusaha menwujudkan keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah?
1.    Akan menjalani rumah tangga yang harmonis
2.    Anak akan terpelihara termasuk pendidikannya
3.    Hidup akan selamat di akhirat


C.  Ketrampilan
a.    Presentasi Kelompok Model
Rubrik Unjuk Kerja Presentasi
No.
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/
Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)
1





2





3





4





5





Dst.








Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan



LAMPIRAN 2
MATERI PEMBELAJARAN

a.    Pengertian Pernikahan
Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara laki-laki dan perempuan dalam naungan rumah tangga berdasarkan ketuhanan yang maha esa dengan telah memenuhi ketentuan dalam pernikahan.
b.    Dalil dan Hukum
Di antaranya Q.S. An-Nisa: 3
وَإِنۡ خِفۡتُمۡ أَلَّا تُقۡسِطُواْ فِي ٱلۡيَتَٰمَىٰ فَٱنكِحُواْ مَا طَابَ لَكُم مِّنَ ٱلنِّسَآءِ مَثۡنَىٰ وَثُلَٰثَ وَرُبَٰعَۖ فَإِنۡ خِفۡتُمۡ أَلَّا تَعۡدِلُواْ فَوَٰحِدَةً أَوۡ مَا مَلَكَتۡ أَيۡمَٰنُكُمۡۚ ذَٰلِكَ أَدۡنَىٰٓ أَلَّا تَعُولُواْ ٣

Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. kemudian jika kamu takut tidak akan dapat Berlaku adil[265], Maka (kawinilah) seorang saja[266], atau budak-budak yang kamu miliki. yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.
[265] Berlaku adil ialah perlakuan yang adil dalam meladeni isteri seperti pakaian, tempat, giliran dan lain-lain yang bersifat lahiriyah.
[266] Islam memperbolehkan poligami dengan syarat-syarat tertentu. sebelum turun ayat ini poligami sudah ada, dan pernah pula dijalankan oleh Para Nabi sebelum Nabi Muhammad s.a.w. ayat ini membatasi poligami sampai empat orang saja.
c.    Rukun
1.      Calon pengantn lakj-laki
2.      Calon pengantin perempuan
3.      Wali
4.      Dua orang saksi
5.      Ijab qobul
d.   Macam-macam
1.      Nikah shigor
2.      Nikah muhalil
3.      Nikah mutah
4.      Nikah beda agama
e.    Tujuan dan hikmah
1.    Mendapat dan melangsungkan keturunan
2.    Memenuhi hajat danmenyalurkan syahwat
3.    Memenuhi panggilan agama
4.    Menghindarkan seks bebas, dll.
f.       Hak Istri (kewajiban suami)
1.      Membayar mahar
2.      Memberikan nafkah lahir dan batin dengan baik
3.      Menggauli istri dengan makruf
4.      Memimpin keluarga sehingga harmonis
5.      Adil dan bertanggung jawab terhadap keluarga
g.      Hak Suami (kewajiban istri)
1.      Menaati semua perintah suami yang baik
2.      Menjaga diri dan kehormatan keluarga
3.      Menjaga harta kepunyaan suami
4.      Mengatur rumah tangga
5.      Mendidik anak
h.      Kewajiban bersama
1.      Menajaga nama baik keluarga
2.      Berbuat ihsan pada kedua keluarga
3.      Memelihara dan mendidik anak
4.      Bijak dalam mecahkan masalah
5.      Memaafkan kesalahan orang lain



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...