Sponsor

Rabu, 15 Mei 2019

RPP 1.5 Kls XII_GJL_2013_PAI_KERJA KERAS


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                        : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII/Ganjil
MateriPokok                : Bekerja Kerasdan Tanggung Jawab
AlokasiWaktu             : 2 X 3 Jam Pelajaran(JP)

A.  Kompetensi Inti
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.5
Meyakinibahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja keras dan tanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari
1.5.1   Menerima bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
1.5.2   Mengimani bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
1.5.3   Mempertahankan keimanan bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
2.5
Berperilaku kerja keras, dan tanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari
2.5.1 Menampilkan sikap  kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
2.5.2 Membiasakan sikap kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
2.5.3 Menjaga kebiasaan sikap kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
3.5
Menganalisis dan mengevaluasi perilaku bekerja keras dan bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
3.5.1    Menjelaskan konsep bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
3.5.2    Menguraikan konsep perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
3.5.3    Menyimpulkan konsep perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
4.5
Mengaitkan perilaku bekerja keras, bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
4.5.1    Menyajikan perilaku bekerja keras dan  bertanggung  jawab kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan
4.5.2    Membangun hubungan perilaku bekerja keras dan  bertanggung  jawab kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan
4.5.3    Mengintegrasikan hubungan perilaku bekerja keras dan  bertanggung  jawab kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan

C.  Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Poster Coment dan Market Place Activity peserta didik dapat Menganalisis dan mengevaluasi perilaku bekerja keras dan bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat: mengaitkan perilaku bekerja keras, bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat,sehingga meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja keras dan tanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari

D.  Materi Pembelajaran
·      Agama mewajibkan umatnya untuk bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
·      Kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
·      Konsep bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
·      Perilaku bekerja keras dan  bertanggung  jawab kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan

E.  Model/MetodePembelajaran
·      Poster Coment
·      Market Place Activity

F.   Media Pembelajaran
·      Laptop dan LCD Projector
·      Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
·      Kertas karton
·      White board
·      Spidol
·      Penghapus

G. Sumber Belajar
·      Al-Quran dan terjemahnya, Depag RI
·      Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas X
·      Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
·      Buku lain yang relevan.
·      Lingkungan
·      Perpustakaan
·      Tokoh

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Menganalisis konsep bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
·      Mempresentasikan konsep perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
·      Menyimpulkan konsep perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan  apersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15  Menit


Kegiatan Inti: Poster Comment


1
2
3
4
5
6
7
Pembagian kelompok
Menempelkan poster
Mengamati poster
Menuliskan komentar secara pribadi
Memilih 4 komentar terbaik
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok (4 komentar terbaik)
Merumuskan hasil diskusi semua kelompok dan dibahas bersama guru
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang dan
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Menyajikan perilaku bekerja keras dan  bertanggung  jawab kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan
·      Membangun hubungan perilaku bekerja keras dan  bertanggung  jawab kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan
·      Mengintegrasikan hubungan perilaku bekerja keras dan  bertanggung  jawab kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5
6
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
 Meminta siswa memimpin doa dan kultum
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Melakukan  appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit


Kegiatan Inti: Market Place Activity



1

1.      Setiap kelompok mempersiapkan barang yang akan dijual (pokok/sub pokok bahasan hasil pembagian guru, masing-masing kelompok berbeda kontennya), Pada tahap ini siswa mengamati, menanya dan mengeksplorasi pokok/sub pokok bahasan melalui refferensi yang akurat antar sesama kelompok. Satu konten lebih dari satu referensi
2.      Barang yang dijual harus menarik (bisa menggunkan mind map, peta konsep, desain gambar dll). Siswa mengasosiasi dan mengomunikasikan hasil eksplornya melalui produk seperti mind map, peta konsep, desain gambar dll.
3.      Setiap kelompok dibagi menjadi dua bagian (kelompok penjual dan kelompok pembeli) Kelompok penjual menjelaskan kehebatan produknya secara detail. Kelompok pembeli menilai atau mendengarkan penjelasan dan mencatatnya
4.      Pembeli akan berkunjung ke stan penjual (diberi kesempatan 5-6 menit) Pembeli mengunjungi penjual dan mencatat apa yang dijelaskan penjual.Ini harus dicatat karena pembeli ini harus menjelaskan kepada penjual di kelompoknya.
5.      Pembeli menyampaikan laporan hasil kunjungannya kepada kelompoknya. Pembeli menjelaskan hasil kunjungan kepada penjual dikelompoknya. Pembeli dan penjual menilai mana kelompok terbaik pada saat kunjungan dan dikunjungi.
6.      Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam bentuk lagu, puisi, atau pantun.
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan dating yaitu penilaian harian
Doa dan penutup
15  Menit




I.     Penilaian Hasil Pembelajaran
a.    Teknik Penilaian
1.    Sikap                        : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian
1.    Sikap                        : lembar observasisikap (Lampiran)
2.    Pengetahuan            : Soal PG dan (Lampiran)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran)
a.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
b.    Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Zella Fitri Nuridani, SH, M.Pd.                                             Badru Zaman, S.Ag






















LAMPIRAN 1
PENILAIAN

A.  Penilaian Sikap
a.    Observasi
No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.   Jurnal
No.
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






Dst.







B.  Pengetahuan
a.    Tes Tulis



C.  Ketrampilan
a.    Presentasi Kelompok Model
Rubrik Unjuk Kerja Presentasi
No.
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/
Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)
1





2





3





4





5





Dst.






Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...