Sponsor

Kamis, 09 Mei 2019

RPP 1.6 Kls XI_GNP_2013_PAI_HORMAT PATUH


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-9)

Sekolah                        : SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran              : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XI/ Genap
MateriPokok                : Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
AlokasiWaktu             : 2 x 3 Jam Pelajaran(JP)

A.      Kompetensi Inti (KI) :
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menghayati dan mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan


B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :

1.6
Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama.
1.6.1    Menerima bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama
1.6.2   Meyakinibahwahormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama
1.6.3    Mempertahankankeyakinan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama
2.6
Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Isra/17: 23 dan hadis terkait.
261.Menampilkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Isra’/17: 23 dan hadis terkait.
262.Menmbiasakanperilakuhormatdanpatuhkepadaorangtuadan guru sebagaiimplementasidaripemahaman Q.S. al-Isra’/17: 23 danhadisterkait.
263.Mempertahankankebiasaan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Isra’/17: 23 dan hadis terkait.
3.6
Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
3.6.1       Mengidentifikasi perilakuhormatdanpatuhkepadaorangtuadan guru.
3.6.2       Menjelaskan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
3.6.3       Menggambarkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
3.6.4       Menyimpulkan perilakuhormatdanpatuhkepadaorangtuadan guru.
4.6
Menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormatdan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan Q.S. Al-Isra’/17: 23 dan hadis terkait.
4.6.1        Menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. Al-Isra’/17: 23 dan hadis terkait

C.      Tujuan Pembelajaran :
Melalui model pembelajaran discovery learning pesertadidik diharapkan mampu : Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dan mampu menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan Q.S. Al-Isra’/17: 23 dan hadis terkait sehingga dapat Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama dan Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Isra/17: 23 dan hadis terkait.

D.      Materi Pembelajaran :
n  Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama
n  Perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Isra’/17: 23 dan hadis terkait..
n  Kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. Al-Isra’/17: 23 dan hadis terkait

E.       Metode Pembelajaran :
1.     Role Playing
2.     Iklan

F.       Media Pembelajaran :
·       Laptop dan LCD Projector
·       Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran

G.      Sumber Belajar :
·       Al-Quran dan terjemahnya, Depag RI
·       BukutekssiswaPAI dan Budi Pekerti SMA Kelas X
·       Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
·       Buku lain yang relevan.
·       Lingkungan
·       Perpustakaan
·       Tokoh

H.      Langkah-langkah Pembelajaran:

PertemuanPertama
IndikatorPencapaianKompetensi:
3.6.5       Mengidentifikasi perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
3.6.6       Menjelaskan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
3.6.7       Menggambarkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
3.6.8       Menyimpulkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

NO
Kegiatan Pembelajaran
AlokasiWaktu

Pendahuluan

1
2
3
4

5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik
15  Menit

Kegiatan Inti: ROLE PLAYING


1.        Tiap kelompok mendapatkan kartu peran, mengidentifikasi dan mempelajari masalahnya.
2.        Peserta didik menanyakan permasalahan yang ada dalam kartu peran.
3.        Tiap peserta didik dalam kelompok mempelajari perannya masing-masing sesuai kartu peran.
4.        Tiap kelompok membuat skenario peran.
5.        Tiap peserta didik berlatih peran masing-masing di kelompoknya.
6.        Setiap kelompok tampil bermain peran sesuai dengan masalah yang dipelajari dalam kelompoknya.
7.        Kelompok lain menanggapi penampilan bermain peran yang telah diperankan oleh tiap kelompok.
105 Menit

A.    Kegiatan Penutup

1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

PertemuanKedua
IndikatorPencapaianKompetensi:
3.6.5  Mengidentifikasi perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
4.6.1  Menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. Al-Isra’/17: 23 dan hadis terkait           

NO
KegiatanPembelajaran
AlokasiWaktu

Pendahuluan

1
2
3
4

5
6
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Melakukan appersepsi:
Memberimotivasi kepada peserta didik :
15 Menit

Kegiatan Inti : IKLAN


1.      Bagilah siswa menjadi sejumlah tim beranggotakan tidak lebih dari 6 orang.
2.      Perintahkan tim-tim tersebut untuk membuat Iklan tv tiga puluh detik yang menawarkan mata pelajaran— menekankan. misalnya. nilaigunanyabagimereka (ataubahkanbagidunia!), tokoh-tokoh terkenal yang terkait dengan materi pelajaran ini, dan sebagainya.
3.      Iklan tersebut harus berisi slogan (misalnya.. "Dengan Ilmu Kimia, Hidup Menjadi Lebih Baik") dan media vi­sual (misalnya, produk kimia terkenal).
4.      Jelaskan bahwa dengan membuat konsep umum dan garis-garis besar ikian saja sudah cukup. Namun jika sebuah tim ingin memperagakan ikiannya. itu boleh-boleh saja.
5.      Sebelum masing-masing tim mulai merencanakan ikiannya, diskusikan karakteristik dari beberapa ikian yang belakangan sedang terkenal untuk menyemarakkan kegiatan (misalnya, gunakan karakter terkenal, humor, perbandingan hingga persaingan, daya tarik seksual).
6.      Perintahkan tiap tim untuk menyajikan gagasannya pujilah kreativltas semua siswa.
105 Menit

Kegiatan Penutup

1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

A.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
1.    Sikap                       : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan           : Tes Tertulis
3.    Keterampilan          : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian         :
1.    Sikap                       : lembar observasi sikap (Lampiran1)
2.    Pengetahuan           : soal esai (Lampiran 2)
3.    Keterampilan          : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d.   Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Zella Nurfititriani, SH, M.Pd                                               Badru Zaman, S.Ag


































LAMPIRAN


1.    Penilaian Sikap
a.    Observasi

No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.    Jurnal

No
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






dst







2.    Pengetahuan (Tes Tulis) :
3.    Ketrampilan
a.    Presentasi
Rubrik Unjuk Kerja Presentasi
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)













Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...