Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-3)
Sekolah : SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XI/Ganjil
MateriPokok : Syaja’ah (berani membela kebenaran)
AlokasiWaktu : 2 x 3 Jam Pelajaran(JP)
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, bertanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
1.5
|
Meyakini bahwa Islam mengharuskan umatnya untuk memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran)
dalam mewujudkan kejujuran
1.5.1
Menerima sifat Syaja’ah
(berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
1.5.2
Meyakini sifat Syaja’ah
(berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
1.5.3 Memperthankan sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran)
dalam mewujudkan kejujuran
|
2.5
|
Menunjukkan sikap Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran.
2.5.1
Meenunjukkani sikap Syaja’ah (berani membela kebenaran)
dalam mewujudkan kejujuran.na
2.5.2
Membiasakan sikap
Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran.
2.5.3
Mempertahankan sikap
Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran.
|
3.5
|
Menganalisis makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
3.5.1 Menjelaskan makna Syaja’ah (berani membela kebenaran)
dalam kehidupan sehari-hari
3.5.2
Mengemukakan makna Syaja’ah
(berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
3.5.3
Menyimpulkan makna Syaja’ah
(berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
|
4.5
|
Menyajikan kaitan antara
Syaja’ah
(berani
membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
dengan keimanan seseorang
4.5.1 Menyajikan kaitan antara Syaja’ah
(berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan seseorang
|
C.
TujuanPembelajaran :
Melalui metode Role Playing daniklan TV serta teknik pembelajaran peserta didik diharapkan
mampu: Menganalisis
makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari dan mampu Menyajikan kaitan antara
Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan seseorang sehingga
peserta didik dapat Meyakini bahwa Islam mengharuskan
umatnya untuk memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran dan MenunjukkansikapSyaja’ah
(beranimembelakebenaran) dalam mewujudkan kejujuran.
D.
MateriPembelajaran :
n sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
n sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan
kejujuran
n sikap Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan
kejujuran
n makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan
sehari-hari
n kaitan antara Syaja’ah (berani membela kebenaran)
dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan seseorang
E.
Metode Pembelajaran :
1.
Role Playing
2.
Iklan
F.
Media Pembelajaran :
· Laptop dan LCD Projector
· Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi
pembelajaran
G.
Sumber Belajar :
·
Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
·
Buku teks siswaPAI dan Budi Pekerti SMA
Kelas X
·
Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
·
Buku lain yang relevan.
·
Lingkungan
·
Perpustakaan
·
Tokoh
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran:
PertemuanPertama
IndikatorPencapaianKompetensi:
3.5.1 Menjelaskan makna Syaja’ah (berani membela kebenaran)
dalam kehidupan sehari-hari
3.5.2 Mengemukakan makna Syaja’ah (berani membela kebenaran)
dalam kehidupan sehari-hari
3.5.3 Menyimpulkan makna Syaja’ah (berani membela kebenaran)
dalam kehidupan sehari-hari
NO
|
KegiatanPembelajaran
|
AlokasiWaktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberimotivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti: ROLE PLAYING
|
|
|
1.
Tiap
kelompok mendapatkan kartu peran, mengidentifikasi dan mempelajari masalahnya.
2.
Peserta
didik menanyakan permasalahan yang ada dalam kartu peran.
3.
Tiap
peserta didik dalam kelompok mempelajari perannya masing-masing sesuai kartu peran.
4.
Tiap
kelompok membuat skenario peran.
5.
Tiap peserta didik berlatih peran masing-masing di
kelompoknya.
6.
Setiap kelompok tampil bermain peran sesuai dengan masalah yang dipelajari dalam kelompoknya.
7.
Kelompok lain menanggapi penampilan bermain peran
yang telah diperankan oleh tiap kelompok.
|
105 Menit
|
|
A.
KegiatanPenutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaika n rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
n Menyajikan kaitan antara
Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan
seseorang
NO
|
KegiatanPembelajaran
|
AlokasiWaktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek
kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan
kisahinspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Melakukan appersepsi:
Memberimotivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
|
Kegiatan
Inti : IKLAN
|
|
|
1.
Bagilah
siswa menjadi sejumlah tim beranggotakan tidak lebih dart 6 orang.
2.
Perintah
kan tirn-tim tersebut untuk membuat Iklan tv tigapuluh detik yang menawarkan rnata
pelajaran— menekankan. misalnya. nilai gunanya bag imereka (atau bahkan bagi dunia!),
tokoh-tokoh terkenal yang terkait dengan materi pelajaran ini, dan sebagainya.
3.
Iklan tersebut harus berisi slogan
(misalnya.. "Dengan Ilmu Kimia, Hidup Menjadi Lebih Baik") dan
media visual (misalnya, produk kimia terkenal).
4.
Jelaskan bahwa dengan membuat konsep
umum dan garis-garis besar ikian saja sudah cukup. Namun jika sebuah tim
ingin memperagakan ikiannya. itu boleh-boleh saja.
5.
Sebelum masing-masing tim mulai
merencanakan iklannya, diskusikan karakteristik dari beberapa iklan yang
belakangan sedang terkenal untuk menyemarakkan kegiatan (misalnya, gunakan
karakter terkenal, humor, perbandingan hingga persaingan, daya tarik
seksual).
6.
Perintahkan tiap tim untuk menyajikan
gagasannya pujilah kreativitas
semua siswa.
|
105 Menit
|
|
KegiatanPenutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencan auntuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
A.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
1. Sikap :
Observasi dan jurnal
2.
Pengetahuan
: Tes Tertulis
3.
Keterampilan
: Unjuk Kerja
b.
Bentuk Penilaian:
1.
Sikap : lembar observasi sikap (Lampiran1)
2.
Pengetahuan
: soal esai (Lampiran 2)
3.
Keterampilan
: rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.
Remedial
1.
Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui
remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d.
Pengayaan
·
Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran
pengayaan sebagai berikut:
1.
Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.
Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui
: Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Fitri Nurdiani, SH.M.Pd. Badru Zaman, S.Ag
LAMPIRAN
1. Penilaian Sikap
a. Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat bagian
dalam
mencari informasi
yang diperlukan
b. Mendapat bagian dalam diskusi atau
presentasi
c.
Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.
Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
|
1. Jika
4 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
selalu
2. Jika 3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika 2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika 1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari
informasi yang diperlukan
b.
Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.
Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.
Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
|
1. Jika
4 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
selalu
2. Jika 3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika 2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika 1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b. Jurnal
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
AspekSikap
|
Positif/Negatif
|
TindakLanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan (TesTulis) :
3. Ketrampilan
a.
Presentasi
RubrikUnjukKerjaPresentasi
No
|
Nama PesertaDidik
|
KemampuanBertanya (*)
|
KemampuanMenjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberimasukan/Saran (*)
|
NilaiKeterampilan (**)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Aspek
|
Pedoman
Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang
bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar,
tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
|
(*) diisi sesuai dengan perolehan
skor
sesuai dengan
pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.