Sponsor

Rabu, 08 Mei 2019

RPP 1.5 Kls XI_GJL_2013_PAI_SYAJAAH


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-3)

Sekolah                        : SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran              : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
MateriPokok                : Syaja’ah (berani membela kebenaran)
AlokasiWaktu             : 2 x 3 Jam Pelajaran(JP)

A.      KOMPETENSI INTI

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
1.5
Meyakini bahwa Islam mengharuskan umatnya untuk memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
1.5.1    Menerima sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
1.5.2   Meyakini sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
1.5.3   Memperthankan sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
2.5
Menunjukkan sikap Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran.
2.5.1    Meenunjukkani sikap Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran.na
2.5.2    Membiasakan sikap Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran.
2.5.3    Mempertahankan sikap Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran.
3.5
Menganalisis makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
3.5.1    Menjelaskan makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
3.5.2    Mengemukakan makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
3.5.3    Menyimpulkan makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
4.5
Menyajikan kaitan antara Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan seseorang
4.5.1    Menyajikan kaitan antara Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan seseorang

C.      TujuanPembelajaran :
Melalui metode Role Playing daniklan  TV serta teknik pembelajaran peserta didik diharapkan mampu: Menganalisis makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari dan mampu Menyajikan kaitan antara Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan seseorang sehingga peserta didik dapat Meyakini bahwa Islam mengharuskan umatnya untuk memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran dan MenunjukkansikapSyaja’ah (beranimembelakebenaran) dalam mewujudkan kejujuran.

D.      MateriPembelajaran :
n  sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
n  sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
n  sikap Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
n  makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
n  kaitan antara Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan seseorang

E.      Metode Pembelajaran :
1.     Role Playing
2.     Iklan

F.       Media Pembelajaran :
·       Laptop dan LCD Projector
·       Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
G.      Sumber Belajar :
·       Al-Quran dan terjemahnya, Depag RI
·       Buku teks siswaPAI dan Budi Pekerti SMA Kelas X
·       Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
·       Buku lain yang relevan.
·       Lingkungan
·       Perpustakaan
·       Tokoh

H.      Langkah-langkah Pembelajaran:
PertemuanPertama
IndikatorPencapaianKompetensi:
3.5.1  Menjelaskan makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
3.5.2  Mengemukakan makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
3.5.3  Menyimpulkan makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari

NO
KegiatanPembelajaran
AlokasiWaktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberimotivasi kepada peserta didik :
15  Menit

Kegiatan Inti: ROLE PLAYING


1.        Tiap kelompok mendapatkan kartu peran, mengidentifikasi dan mempelajari masalahnya.
2.        Peserta didik menanyakan permasalahan yang ada dalam kartu peran.
3.        Tiap peserta didik dalam kelompok mempelajari perannya masing-masing sesuai kartu peran.
4.        Tiap kelompok membuat skenario peran.
5.        Tiap peserta didik berlatih peran masing-masing di kelompoknya.
6.        Setiap kelompok tampil bermain peran sesuai dengan masalah yang dipelajari dalam kelompoknya.
7.        Kelompok lain menanggapi penampilan bermain peran yang telah diperankan oleh tiap kelompok.
105 Menit

A.    KegiatanPenutup

1
2
3
Refleksi
Menyampaika n rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit





Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:

n  Menyajikan kaitan antara Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan seseorang  

NO
KegiatanPembelajaran
AlokasiWaktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5
6
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisahinspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Melakukan appersepsi:
Memberimotivasi kepada peserta didik :
15 Menit

Kegiatan Inti : IKLAN


1.      Bagilah siswa menjadi sejumlah tim beranggotakan tidak lebih dart 6 orang.
2.      Perintah kan tirn-tim tersebut untuk membuat Iklan tv tigapuluh detik yang menawarkan rnata pelajaran— menekankan. misalnya. nilai gunanya bag imereka (atau bahkan bagi dunia!), tokoh-tokoh terkenal yang terkait dengan materi pelajaran ini, dan sebagainya.
3.      Iklan tersebut harus berisi slogan (misalnya.. "Dengan Ilmu Kimia, Hidup Menjadi Lebih Baik") dan media vi­sual (misalnya, produk kimia terkenal).
4.      Jelaskan bahwa dengan membuat konsep umum dan garis-garis besar ikian saja sudah cukup. Namun jika sebuah tim ingin memperagakan ikiannya. itu boleh-boleh saja.
5.      Sebelum masing-masing tim mulai merencanakan iklannya, diskusikan karakteristik dari beberapa iklan yang belakangan sedang terkenal untuk menyemarakkan kegiatan (misalnya, gunakan karakter terkenal, humor, perbandingan hingga persaingan, daya tarik seksual).
6.      Perintahkan tiap tim untuk menyajikan gagasannya pujilah kreativitas semua siswa.
105 Menit

KegiatanPenutup

1
2
3
Refleksi
Menyampaikan rencan auntuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

A.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
1.    Sikap                           : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian:
1.    Sikap                          : lembar observasi sikap (Lampiran1)
2.    Pengetahuan            : soal esai (Lampiran 2)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d.   Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Zella Fitri Nurdiani, SH.M.Pd.                                            Badru Zaman, S.Ag




LAMPIRAN


1.    Penilaian Sikap
a.    Observasi

No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.    Jurnal

No
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
AspekSikap
Positif/Negatif
TindakLanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






dst







2.    Pengetahuan (TesTulis) :
3.    Ketrampilan
a.    Presentasi
RubrikUnjukKerjaPresentasi
No
Nama PesertaDidik
KemampuanBertanya (*)
KemampuanMenjawab/
Argumentasi (*)
Memberimasukan/Saran (*)
NilaiKeterampilan (**)














 Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...