Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-4)
Sekolah : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : Pelaksanaan tata cara penyelenggaraan jenazah
Alokasi Waktu : 4 x 3 Jam Pelajaran(JP)
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, bertanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbaga ipermasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
1.7
|
Menerapkan penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan
syariat Islam.
1.7.1
Menerima penerapan
penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.
1.7.2
Meyakini bahwa penerapan
penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
1.7.3
Mempertahankan keyakinan bahwa penyelenggaraan jenazah
sesuai dengan ketentuan syariat Islam
|
2.7
|
Bertanggung jawab dan bekerja sama dalam penyelenggaraan jenazah di masyarakat.
2.7.1
Mematuhi tata cara penyelenggaraan jenazah di masyarakat.sesuai dengan ketentuan
syariat Islam
2.7.2
Membiasakan tata cara
penyelenggaraan jenazah
di masyarakat.sesuai
dengan ketentuan syariat Islam
2.7.3 Mempertahankan tata cara penyelenggaraan
jenazah di masyarakat sesuai dengan ketentuan syariat Islam
|
3.7
|
Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
3.7.1
Menjelaskan pelaksanaanpenyelenggaraanjenazah.
3.7.2 Membedakan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
3.7.3 Mensimulasikan
pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
3.7.4 Menyimpulkan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
|
4.7
|
Menyajikan prosedur penyelenggaraan jenazah
4.7.1
Menyajikan
prosedur penyelenggaraan jenazah
|
C.
TujuanPembelajaran :
Melaluimetode Discovery Learning Pembelajaran peserta didik dapat
Menganalisis pelaksanaan
penyelenggaraan jenazah.; Menyajikan prosedur penyelenggaraan
jenazah sehingga peserta didik mampu Menerapkan penyelenggaraan jenazah
sesuai dengan ketentuansyariat Islam ; Bertanggung
jawab dan bekerja sama dalam penyelenggaraan jenazah di masyarakat.
D.
Materi Pembelajaran :
·
Penyelenggaraan
jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.
E. Metode Pembelajaran
1. Poster Commen
2. Penyelenggaraan jenazah
F. Media Pembelajaran
1. Laptop dan LCD Projector
2. Power point dan media audio
visual lainnya sesuai materi pembelajaran
G. Sumber Belajar
1. Al-Qur’an danterjemahnya,
Depag RI
2. Bukutekssiswa PAI dan Budi
Pekerti SMA Kelas X
3. KitabTafsir (al-Maraghi,
Jalalain, dll).
4. Buku lain yang relevan.
5. Lingkungan
6. Perpustakaan
7. Tokoh
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:
3.7.5 Menjelaskan pelaksanaan
penyelenggaraan jenazah.
3.7.6
Membedakan pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah.
3.7.7 Mensimulasikan pelaksanaan
penyelenggaraan jenazah.
3.7.8 Menyimpulkan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
NO
|
KegiatanPembelajaran
|
AlokasiWaktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecekkerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada pesertadi dik :
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti: POSTER COMMENT
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Pembagian kelompok
Menempelkan poster
Mengamati poster
Menuliskan komentar secara pribadi
Memilih 4 komentar terbaik
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok (4 komentar terbaik)
Merumuskan hasil diskusi semua
kelompok
|
105 Menit
|
|
A.
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencna untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
n Menyajikan prosedur
penyelenggaraan jenazah
NO
|
KegiatanPembelajaran
|
AlokasiWaktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek
kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan
kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan
Inti : PERFORMANCE
|
|
1
|
Peserta didik menampilkan peragaan busana Muslim
muslimah
|
105 Menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
B.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
1. Sikap : Observasi dan jurnal
2.
Pengetahuan : Tes Tertulis
3.
Keterampilan : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Penilaian :
1.
Sikap : lembar
observasi sikap (Lampiran1)
2.
Pengetahuan : soal esai (Lampiran 2)
3.
Keterampilan : rubrik presentasi
(Lampiran 3)
c.
Remedial
1.
Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui
remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d.
Pengayaan
·
Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran
pengayaan sebagai berikut:
1.
Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.
Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui
: Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Nurfititriani, SH, M.Pd Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN
1. Penilaian Sikap
a. Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat bagian
dalam
mencari informasi
yang diperlukan
b. Mendapat bagian dalam diskusi atau
presentasi
c.
Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.
Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
|
1. Jika
4 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
selalu
2. Jika 3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika 2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika 1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari
informasi yang diperlukan
b.
Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.
Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.
Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
|
1. Jika
4 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
selalu
2. Jika 3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika 2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika 1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b. Jurnal
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
AspekSikap
|
Positif/Negatif
|
TindakLanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan (TesTulis)
3. Ketrampilan
a.
Presentasi
Rubrik Unjuk
Kerja Presentasi
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya (*)
|
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberi masukan/Saran (*)
|
Nilai Keterampilan (**)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman
Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang
bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar,
tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
|
(*) diisi sesuai dengan perolehan
skor
sesuai dengan
pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan
diperoleh dari penghitungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.