Sponsor

Minggu, 12 Mei 2019

RPP 1.7 Kls XI_GJL_2013_PAI_JENAZAH


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-4)

Sekolah                        : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Materi Pokok               : Pelaksanaan tata cara penyelenggaraan jenazah
Alokasi Waktu                        : 4  x 3 Jam Pelajaran(JP)

A.      KOMPETENSI INTI

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbaga ipermasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
1.7
Menerapkan penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.
1.7.1    Menerima penerapan penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.
1.7.2    Meyakini bahwa penerapan penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
1.7.3    Mempertahankan keyakinan bahwa penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
2.7
Bertanggung jawab dan bekerja sama dalam penyelenggaraan jenazah di masyarakat.
2.7.1    Mematuhi tata cara penyelenggaraan jenazah di masyarakat.sesuai dengan ketentuan syariat Islam
2.7.2    Membiasakan tata cara penyelenggaraan jenazah di masyarakat.sesuai dengan ketentuan syariat Islam
2.7.3   Mempertahankan tata cara penyelenggaraan jenazah di masyarakat sesuai dengan ketentuan syariat Islam
3.7
Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
3.7.1    Menjelaskan pelaksanaanpenyelenggaraanjenazah.
3.7.2    Membedakan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
3.7.3    Mensimulasikan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
3.7.4    Menyimpulkan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
4.7
Menyajikan prosedur penyelenggaraan jenazah
4.7.1        Menyajikan prosedur penyelenggaraan jenazah


C.      TujuanPembelajaran :
Melaluimetode Discovery Learning Pembelajaran peserta didik dapat Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.; Menyajikan prosedur penyelenggaraan jenazah sehingga peserta didik mampu Menerapkan penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuansyariat Islam ; Bertanggung jawab dan bekerja sama dalam penyelenggaraan jenazah di masyarakat.

D.      Materi Pembelajaran :
·          Penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

E.       Metode Pembelajaran
1.     Poster Commen
2.     Penyelenggaraan jenazah

F.       Media Pembelajaran
1.     Laptop dan LCD Projector
2.     Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran

G.      Sumber Belajar
1.     Al-Qur’an danterjemahnya, Depag RI
2.     Bukutekssiswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas X
3.     KitabTafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
4.     Buku lain yang relevan.
5.     Lingkungan
6.     Perpustakaan
7.     Tokoh

H.      Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:
3.7.5    Menjelaskan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
3.7.6    Membedakan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
3.7.7    Mensimulasikan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
3.7.8    Menyimpulkan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.

NO
KegiatanPembelajaran
AlokasiWaktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecekkerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada pesertadi dik :
15  Menit

Kegiatan Inti: POSTER COMMENT

1
2
3
4
5
6
7
Pembagian kelompok
Menempelkan poster
Mengamati poster
Menuliskan komentar secara pribadi
Memilih 4 komentar terbaik
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok (4 komentar terbaik)
Merumuskan hasil diskusi semua kelompok
105 Menit

A.    Kegiatan Penutup

1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencna untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
n Menyajikan prosedur penyelenggaraan jenazah

NO
KegiatanPembelajaran
AlokasiWaktu

Pendahuluan

1
2
3
4

5
6
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit

Kegiatan Inti : PERFORMANCE

1
Peserta didik menampilkan peragaan busana Muslim muslimah
105 Menit

Kegiatan Penutup

1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

B.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
1.    Sikap                       : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan           : Tes Tertulis
3.    Keterampilan          : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian :
1.    Sikap                       : lembar observasi sikap (Lampiran1)
2.    Pengetahuan           : soal esai (Lampiran 2)
3.    Keterampilan          : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d.   Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Zella Nurfititriani, SH, M.Pd                                               Badru Zaman, S.Ag















LAMPIRAN

1.    Penilaian Sikap
a.    Observasi

No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.    Jurnal

No
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
AspekSikap
Positif/Negatif
TindakLanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






dst







2.    Pengetahuan (TesTulis)
3.    Ketrampilan
a.    Presentasi
Rubrik Unjuk Kerja Presentasi
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)















Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...