Sponsor

Rabu, 15 Mei 2019

RPP 1.2 Kls XII_GNP_2013_PAI_IHSAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        : SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran              : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII/Genap
Materi Pokok               : Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 tentang
  Ihsan
Alokasi Waktu            : 4X 3 Jam Pelajaran (JP)

A.  Kompetensi Inti
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.2
Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
1.2.1.  Menerima bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
1.2.2.  Mempertahankan keyakinan bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
1.2.3.  Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
2.2
Berbuat baik kepada sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta hadis terkait
2.2.1. Menampilkan kebaikan kepada sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. alBaqarah/2: 83, serta Hadis terkait
2.2.2. Membiasakan berbuat baik kepada sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. alBaqarah/2: 83, serta Hadis terkait
2.2.3. Menjaga kebiasaan berbuat baik kepada sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. alBaqarah/2: 83, serta Hadis terkait
3.2
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajibanberibadah dan bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia

3.2.1.  Mengidentifikasi hukum tajwid Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
3.2.2.  Mengidentifikasi mufrodat QS. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
3.2.3.  Menterjemahkan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
3.2.4.  Mengkritisi Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
3.2.5.  Menyimpulkan isi kandunganQ.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
4.2.1
Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf

4.2.1.1  Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 dengan lancar

4.2.2.1.    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai kaidah tajwid
4.2.2.2.    Mendemonstrasikan terjemahan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 dengan lancar
4.2.3
Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83

4.2.2.3.    Mengidentifikasi contoh sikap syukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 yang ada di masyarakat
4.2.2.4.    Menyajikan keterkaitan sikap syukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 dalam kehidupan sehari-hari

C.  Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Kepala Bernomor, Driil, Galery Walk dan Best Performance peserta didik dapat menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajibanberibadah dan bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia; membaca, mendemostrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhurufmenyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83; sehingga meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusiasesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta hadis terkait.



D.  Materi Pembelajaran
·      Agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
·      Kebaikan kepada sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. alBaqarah/2: 83, serta Hadis terkait
·      Hukum tajwid Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
·      Mufrodat QS. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
·      Terjemah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
·      Isi kandungan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
·      Hafalan dan terjemah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai kaidah tajwid


E.  Model/Metode Pembelajaran
·      Kepala Bernomor
·      Drill
·      Gallery Walk
·      Performance

F.   Media Pembelajaran
·      Laptop dan LCD Projector
·      Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
·      Kertas karton
·      White board
·      Spidol
·      Penghapus

G. Sumber Belajar
·      Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
·      Buku tajwid
·      Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
·      Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, Ibnu Katsir, dll).
·      Buku lain yang relevan
·      Lingkungan
·      Perpustakaan
·      Tokoh

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Mengidentifiasihukum bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
·      Membaca hukum bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
 Meminta siswa memimpin doa dan kultum
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit


Kegiatan Inti: Kepala Bernomor


1

2
3
4

5

6

7
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang
Diskusi kelompok untuk mengisi LK dibuku masing-masing
Setiap anggota kelompok diberi nomor (kepala bernomor) 
Untuk presentasi tiap kelompok diundi  nomornya yang harus maju ke muka kelas
Nomor yang terundi dari satu kelompok maju ke muka kelas dan mengambil undian materi yang harus dijelaskannya
Demikian seterusnya secara bergantian menjelaskan hukum bacaan sesuai dengan undian
Peserta didik secara bersama-sama membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 dengan fasih
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2

3

4
Refleksi
PR menulis Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadits terkait
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Menyebutkan arti perkata Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
·      Menterjemahkan  Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan apersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit


Kegiatan Inti: Drill


1

2

3

4



5

6

Peserta didik menulis arti kata Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadits terkait dengan diskusi kelompok
Pendidik bersama-sama peserta didik membahas arti kata Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 serta hadits terkait
Peserta didik latihan mengartikan perkata Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 serta hadits terkait
Secara berkelompok peserta didik saling mengetes kemampuan menyebutkan arti Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadits terkait dengan mengisi format penilaian yang telah disediakan
Beberapa perwakilan peserta didik mendemontrasikan menyebutkan arti kata Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83
Beberapa peserta didik menerjemahkan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2



3

4
Refleksi
Tugas mencari tafsir Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 dari kitab minimal Ibnu Katsir, Al-Maraghi, Jalalin, dll.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi
·   Menguraikan kandungan  Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
·  Mengimplementasikan sikap syukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 dalam kehidupan sehari-hari
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin doa, kultum dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit


Kegiatan Inti: Gallery Walk


1

2



3

Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang
Diskusi kelompok untuk membuat peta konsep di kartoon yang telah disediakan tentang kandungan  Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2
3

4
Refleksi
Tugas menghapal Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan dating yaitu menggunkan model pembelajaran FIDS
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan keempat
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83,dengan fasih dan lancar
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Minta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit


Kegiatan Inti: Performance


1


2

Peserta didik secara individu mendemontrasikan hapalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 dengan sistem penilaian tutor sebaya
Semua siswa mempresentasikan hasil karya video mereka tentang berbuat ihsan
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2



3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang  yaitu ulangan tertulis tentang Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait tentang berbuat syukur dan ihsan
Doa dan penutup
15  Menit

I.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian
1.    Sikap                        : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian
1.    Sikap                        : lembar observassikap (Lampiran)
2.    Pengetahuan            : Soal PG dan (Lampiran)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran)
a.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagsiswyang capaian Knybelutuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
b.    Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapanila(ketuntasan<n<(maksimum) diberikan matermasih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai >(maksimumdiberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Zella Fitri Nurdiani, SH.M.Pd.                                            Badru Zaman, S.Ag




LAMPIRAN 1
PENILAIAN

1.    Penilaian Sikap
a.    Observasi
No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapabagiadalamencariinformasyandiperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteriamuncumakdibersebutaselalu
2Jika 3 kriterimuncumakdiberisebutasering
3Jika 2 kriterimuncumakdiberisebutakadang-kadang
4Jika 1 kriterimuncumakdiberisebutajarang

2
Disiplin
a.  Mencarinformasyandiperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteriamuncumakdibersebutaselalu
2Jika 3 kriterimuncumakdiberisebutasering
3Jika 2 kriterimuncumakdiberisebutakadang-kadang
4Jika 1 kriterimuncumakdiberisebutajarang


b.   Jurnal
No.
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






Dst.







2.    Pengetahuan
a.    Tes Tulis
b.   Lembar Kerja Siswa Identifikasi Tajwid
No.
Identifikasi Hukum Bacaan
Penjelasan
Lafadz
1









2



3



4



5



Dst.







No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Tulislah Q.S. Luqman: 13-14!

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ ﴿١٣﴾ وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْناً عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ ﴿١٤﴾

2.
Tulislah Q.S. Al-Baqarah: 83!

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ لاَ تَعْبُدُونَ إِلاَّ اللّهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً وَذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُواْ لِلنَّاسِ حُسْناً وَأَقِيمُواْ الصَّلاَةَ وَآتُواْ الزَّكَاةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلاَّ قَلِيلاً مِّنكُمْ وَأَنتُم مِّعْرِضُونَ ﴿٨٣﴾
3.
Sebutkan 5 macam tajwid yang ada pada Tulislah Q.S. Al-Baqarah: 83!

1. Mad Thabi’i
 2. Aliflam Syamsiyah
 3. Qolqolah Sugro
4. Mad Arid Lissukun
5. Ihfa

4.
Lengkapi kalimat belrikut ini !
حَمَلَتْهُ أُمُّهُ .... وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ ﴿١٤﴾
وَهْناً عَلَى وَهْنٍ
5.
Tunjukkan bacaan tajwid pada kata yang bergaris bawah berikut ini !
 إِلاَّ قَلِيلاً مِّنكُمْ وَأَنتُم مِّعْرِضُونَ ﴿٨٣﴾
Idgom bigunnah, karena ada tanwin fathah menghadapi mim
No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan isi kandungan Q.S. Luqman: 13-14!

  • Ayat 13 perintah jangan menyekutukan Allah, karena itu kedzaliman dan dosa besar
  •  Ayat 14 perintah berbuat baik kepada orang tua
  • Karena orang tua, khususnya ibu yang telah mengandung dengan keadaan lemah
  • Harus bersyukur kepada Allah atas segala sesuatu
  • Semua akan kembali atau mati kepada Allah

2.
Jelaskan isi kandungan
Q.S. Al-Baqarah: 83!
  • Jangan menyekutukan Allah
  • Harus berbuat baik kepada orang tua, karib kerabat, anak yatim dan orang miskin
  • Perintah bertutur kata yang baik kepada orang lain
  • Mendirikan salat dan menunaikan zakat
  • Memenuhi janji dan jangan berpaling/mengingkarinya
3.
Bagaimana cara atau teknis saling menasihati yang baik?
·  Dengan bahasa yang baik dan  tidak menyinggung
·       Lentong suara yang lembut
·   Disesuaikan dengan situasi dan kondisi, dll.
4.
Berikan contoh perilaku berbakti kepada orang tua sebagai ciri anak saleh!
  •             Selalu mendoakannya
  •             Membantu pekerjaan rumah
  •            Apabila diperintah dalam kebaikan selalu dilaksankan, dll.
5.
Jelaskan hikmah dari berbuat ihsan pada orang tua dan manusia lainnya!
·         Akan disayangi orang tua dan orang lain
·         Akan banyak kawan
·         Mendapat pahala
·         Mendapat banyak rizki, dll.

3.    Ketrampilan
a.    Presentasi
Rubrik Unjuk KerjPresentasi
No.
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/
Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)
1





2





3





4





5





Dst.






Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diissesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan




LAMPIRAN 2
MATERI PEMBELAJARAN
Ø Luqman: 13-14
وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ ﴿١٣﴾ وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْناً عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ ﴿١٤﴾
13. Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".
14. Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun[1180]. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
[1180] Maksudnya: Selambat-lambat waktu menyapih ialah setelah anak berumur dua tahun.

Ø Q.S. Al-Baqarah: 83
وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ لاَ تَعْبُدُونَ إِلاَّ اللّهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً وَذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُواْ لِلنَّاسِ حُسْناً وَأَقِيمُواْ الصَّلاَةَ وَآتُواْ الزَّكَاةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلاَّ قَلِيلاً مِّنكُمْ وَأَنتُم مِّعْرِضُونَ ﴿٨٣﴾
83. Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...