RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII/Genap
Materi Pokok : Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 tentang
Ihsan
Alokasi
Waktu : 4X 3 Jam Pelajaran (JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.2
|
Meyakini bahwa agama
mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat
baik kepada sesama manusia
|
1.2.1. Menerima
bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah
serta berbuat baik kepada sesama manusia
1.2.2. Mempertahankan keyakinan bahwa
agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta
berbuat baik kepada sesama manusia
1.2.3. Meyakini bahwa agama mewajibkan
umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada
sesama manusia
|
|
2.2
|
Berbuat baik kepada sesama
manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83, serta hadis terkait
|
2.2.1. Menampilkan
kebaikan kepada sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14
dan Q.S. alBaqarah/2: 83, serta Hadis terkait
2.2.2. Membiasakan berbuat baik kepada sesama
manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. alBaqarah/2:
83, serta Hadis terkait
2.2.3. Menjaga kebiasaan berbuat baik kepada
sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
alBaqarah/2: 83, serta Hadis terkait
|
|
3.2
|
Menganalisis
dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83, serta
Hadis tentang kewajibanberibadah dan bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik
kepada sesama manusia
|
|
3.2.1. Mengidentifikasi
hukum tajwid Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis
tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik
kepada sesama manusia
3.2.2. Mengidentifikasi
mufrodat QS. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang
kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada
sesama manusia
3.2.3. Menterjemahkan
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang
kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada
sesama manusia
3.2.4. Mengkritisi
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang
kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada
sesama manusia
3.2.5. Menyimpulkan
isi kandunganQ.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis
tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik
kepada sesama manusia
|
4.2.1
|
Membaca
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan kaidah tajwid
dan makharijulhuruf
|
|
4.2.1.1 Membaca
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan kaidah tajwid
dan makharijul huruf
|
4.2.2
|
Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 dengan lancar
|
|
4.2.2.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14
dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai kaidah tajwid
4.2.2.2. Mendemonstrasikan terjemahan Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 dengan
lancar
|
4.2.3
|
Menyajikan keterkaitan antara
kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap
sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83
|
|
4.2.2.3. Mengidentifikasi contoh sikap
syukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 yang ada di masyarakat
4.2.2.4. Menyajikan
keterkaitan sikap syukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama
manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 dalam
kehidupan sehari-hari
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Kepala Bernomor, Driil, Galery
Walk dan Best Performance peserta
didik dapat menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajibanberibadah dan
bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia; membaca, mendemostrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijulhuruf; menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada
Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83; sehingga meyakini
bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta
berbuat baik kepada sesama manusiasesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta hadis terkait.
D. Materi
Pembelajaran
· Agama mewajibkan umatnya
untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama
manusia
· Kebaikan kepada sesama
manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. alBaqarah/2: 83,
serta Hadis terkait
· Hukum tajwid Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban
beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
· Mufrodat QS. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan
bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
· Terjemah Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan
bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
· Isi kandungan Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah
dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
· Hafalan dan terjemah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai kaidah tajwid
E. Model/Metode Pembelajaran
· Kepala Bernomor
· Drill
· Gallery Walk
· Performance
F. Media Pembelajaran
· Laptop dan LCD Projector
· Power point dan media audio visual lainnya sesuai
materi pembelajaran
· Kertas karton
· White board
· Spidol
· Penghapus
G. Sumber
Belajar
· Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
· Buku tajwid
· Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
· Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, Ibnu Katsir, dll).
· Buku lain yang relevan
· Lingkungan
· Perpustakaan
· Tokoh
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mengidentifiasihukum
bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang
kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama
manusia
· Membaca hukum bacaan Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban
beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa
dan kultum
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi
motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan
Inti: Kepala Bernomor
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Peserta didik
dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang
Diskusi kelompok
untuk mengisi LK dibuku masing-masing
Setiap anggota
kelompok diberi nomor (kepala bernomor)
Untuk
presentasi tiap kelompok diundi nomornya yang harus maju ke muka
kelas
Nomor yang
terundi dari satu kelompok maju ke muka kelas dan mengambil undian materi
yang harus dijelaskannya
Demikian
seterusnya secara bergantian menjelaskan hukum bacaan sesuai dengan undian
Peserta didik
secara bersama-sama membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83 dengan fasih
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
4
|
Refleksi
PR
menulis Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadits terkait
Menyampaikan
rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
· Menyebutkan arti perkata Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada
Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
· Menterjemahkan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada
Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa
dan kisah inspiratif
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan apersepsi
Memberi
motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan
Inti: Drill
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Peserta didik
menulis arti kata Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83serta
hadits terkait dengan diskusi kelompok
Pendidik
bersama-sama peserta didik membahas arti kata Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 serta hadits terkait
Peserta didik
latihan mengartikan perkata Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83 serta hadits
terkait
Secara
berkelompok peserta didik saling mengetes kemampuan menyebutkan arti Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadits terkait dengan mengisi format penilaian yang
telah disediakan
Beberapa
perwakilan peserta didik mendemontrasikan menyebutkan arti kata Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83
Beberapa
peserta didik menerjemahkan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
4
|
Refleksi
Tugas mencari tafsir Q.S. Luqman/31: 13-14 dan
Q.S. al-Baqarah/2: 83 dari kitab minimal Ibnu Katsir, Al-Maraghi,
Jalalin, dll.
Menyampaikan
rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi
· Menguraikan kandungan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada
Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
· Mengimplementasikan sikap syukur
kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 dalam kehidupan sehari-hari
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa
memimpin doa, kultum dan kisah inspiratif
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi
motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan
Inti: Gallery Walk
|
|
1
2
3
|
Peserta didik
dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang
Diskusi kelompok untuk membuat peta konsep di kartoon
yang telah disediakan tentang kandungan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan
Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
Tiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompok
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
4
|
Refleksi
Tugas
menghapal Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83
Menyampaikan
rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan dating yaitu
menggunkan model pembelajaran FIDS
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan keempat
Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83,dengan fasih dan lancar
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Minta siswa
memimpin doa dan kisah inspiratif.
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi
motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan
Inti: Performance
|
|
1
2
|
Peserta didik
secara individu mendemontrasikan hapalan Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 dengan sistem penilaian tutor
sebaya
Semua siswa mempresentasikan hasil karya video mereka
tentang berbuat ihsan
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan
rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang yaitu
ulangan tertulis tentang Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait tentang berbuat syukur dan ihsan
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
1. Sikap : Observasi
dan jurnal
2. Pengetahuan :
Tes Tertulis
3. Keterampilan :
Unjuk Kerja
b. Bentuk Penilaian
1. Sikap : lembar observasi sikap (Lampiran)
2. Pengetahuan : Soal PG dan (Lampiran)
3. Keterampilan :
rubrik presentasi (Lampiran)
a. Remedial
1. Pembelajaran
remedial dilakukan bagi siswa yang
capaian KD nya belum tuntas
2. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
b. Pengayaan
· Bagi siswa yang
sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran
pengayaan sebagai berikut:
1. Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) <n<n (maksimum) diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan
tambahan
2. Siswa yang mencapai nilai n >n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman
sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui
: Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Fitri Nurdiani,
SH.M.Pd. Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN 1
PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
a. Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat bagian dalam mencariinformasi yang diperlukan
b. Mendapat bagian dalam diskusi atau
presentasi
c. Mendapat
bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat
bagian dalam
mempresentasikan
hasil diskusi
|
1. Jika 4 kriteriamuncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberisebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberisebutan kadang-kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberisebutan jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari informasi yang diperlukan
b. Terlibat
aktif dalam diskusi atau presentasi
c. Terlibat
aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat
aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
|
1. Jika 4 kriteriamuncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberisebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberisebutan kadang-kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberisebutan jarang
|
b. Jurnal
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
a. Tes Tulis
b. Lembar Kerja Siswa Identifikasi Tajwid
No.
|
Identifikasi Hukum Bacaan
|
Penjelasan
|
Lafadz
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
No.
|
Butir-butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
|
1.
|
Tulislah Q.S. Luqman: 13-14!
|
وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا
بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ ﴿١٣﴾
وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْناً عَلَى
وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ
الْمَصِيرُ ﴿١٤﴾
|
|
2.
|
Tulislah Q.S. Al-Baqarah: 83!
|
وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ لاَ
تَعْبُدُونَ إِلاَّ اللّهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً وَذِي الْقُرْبَى
وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُواْ لِلنَّاسِ حُسْناً وَأَقِيمُواْ
الصَّلاَةَ وَآتُواْ الزَّكَاةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلاَّ قَلِيلاً مِّنكُمْ
وَأَنتُم مِّعْرِضُونَ ﴿٨٣﴾
|
|
3.
|
Sebutkan 5 macam tajwid yang ada pada
Tulislah Q.S. Al-Baqarah: 83!
|
1. Mad Thabi’i
2. Aliflam Syamsiyah
3. Qolqolah Sugro
4. Mad Arid Lissukun
5. Ihfa
|
|
4.
|
Lengkapi kalimat belrikut ini !
حَمَلَتْهُ أُمُّهُ .... وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ
اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ ﴿١٤﴾
|
وَهْناً عَلَى وَهْنٍ
|
|
5.
|
Tunjukkan bacaan tajwid pada kata
yang bergaris bawah berikut ini !
|
Idgom bigunnah,
karena ada tanwin fathah menghadapi mim
|
|
No.
|
Butir-butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
|
1.
|
Jelaskan isi kandungan Q.S. Luqman:
13-14!
|
|
|
2.
|
Jelaskan isi kandungan
Q.S. Al-Baqarah: 83!
|
|
|
3.
|
Bagaimana cara atau teknis saling
menasihati yang baik?
|
· Dengan bahasa yang baik dan tidak menyinggung
· Lentong suara yang lembut
· Disesuaikan dengan situasi dan kondisi, dll.
|
|
4.
|
Berikan contoh perilaku berbakti
kepada orang tua sebagai ciri anak saleh!
|
|
|
5.
|
Jelaskan hikmah dari berbuat ihsan
pada orang tua dan manusia lainnya!
|
· Akan disayangi orang tua dan orang
lain
· Akan banyak kawan
· Mendapat pahala
· Mendapat banyak rizki, dll.
|
|
3. Ketrampilan
a. Presentasi
Rubrik Unjuk Kerja Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya (*)
|
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberi masukan/
Saran (*)
|
Nilai Keterampilan (**)
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman
Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor
3, apabila sering bertanya
Skor
2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah
bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban
benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban
benar, rasional, dan tidak jelas
Skor
2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban
tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu memberi
masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi
masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang
memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah
memberi masukan/saran
|
(*) diisi sesuai dengan
perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan
LAMPIRAN 2
MATERI PEMBELAJARAN
Ø Luqman: 13-14
وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ
لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ
لَظُلْمٌ عَظِيمٌ ﴿١٣﴾ وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ
أُمُّهُ وَهْناً عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي
وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ ﴿١٤﴾
13. Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di
waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu
mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah
benar-benar kezaliman yang besar".
14. Dan Kami
perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya;
ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan
menyapihnya dalam dua tahun[1180]. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang
ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
[1180] Maksudnya: Selambat-lambat waktu menyapih ialah
setelah anak berumur dua tahun.
|
Ø Q.S. Al-Baqarah: 83
وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ لاَ
تَعْبُدُونَ إِلاَّ اللّهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً وَذِي الْقُرْبَى
وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُواْ لِلنَّاسِ حُسْناً وَأَقِيمُواْ
الصَّلاَةَ وَآتُواْ الزَّكَاةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلاَّ قَلِيلاً مِّنكُمْ
وَأَنتُم مِّعْرِضُونَ ﴿٨٣﴾
83. Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani
Israil (yaitu): janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat
kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang
miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah
shalat dan tunaikanlah zakat. kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali
sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.