Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Materi
Pokok : Q.S. Ali Imran/3:
190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 tentang Berfikir Kritis dan Demokrasi
Alokasi
Waktu :
4X 3 Jam Pelajaran (JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1
|
Meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya
untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
|
1.1.1.
Menerima bahwa
agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap
demokratis
1.1.2.
Meyakini bahwa
agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap
demokratis
1.1.3.
Mempertahankan
keyakinan bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan
bersikap demokratis
|
|
2.1
|
Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159,
serta hadis terkait
2.1.1. Menampilkan sikap kritis dan demokratis sesuai
dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait
2.1.2. Membiasakan sikap kritis dan demokratis sesuai
dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait
2.1.3. Menjaga kebiasaan bersikap kritis dan demokratis
sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait
|
3.1
|
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali
Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang, berpikir
kritis dan bersikap demokratis.
|
3.1.1. Menjelaskan arti Q.S. Ali Imran/3:190-191 serta
hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.1.2. Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran/3:190-191
serta hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.1.3. Mengilustrasikan makna ayat dan hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.1.4. Mengkritisi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan
Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis
3.1.5. Menyimpulkan makna ayat dan hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis
|
|
4.1.1
|
Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf
|
4.1.1.1 Membaca QS. Ali-Imran: 159,190-191
sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf dengan benar
4.1.1.2 Menyebutkan
arti Q.S. Ali Imran
(3): 190-191,dan Q.S. Ali Imran (3): 159
4.1.1.3 Mengurai
hukum tajwid yang terkandung pada QS. Ali-Imran : 159,190-191
|
|
4.1.2
|
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan
Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan lancer
|
4.1.2.1 Mendemostrasikan
hafalanQ.S. Ali-Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali
Imran(3): 159 dengan lancar
4.1.2.2 Mendemostrasikan
hafalan hadits tentang sikap kritis dan demokratis
|
|
4.1.3
|
Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan
ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S.
Ali Imran/3: 190-191
|
4.1.3.1
Menyajikan
keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil
albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191
4.1.3.2
Mengimplementasikan
sikap kritis dalam kehidupan sehari-hari sesuai pesan Q.S.
Ali Imran/3: 190-191
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Braiding Method, Kepala
Bernomor, Drill, Gallery Walk, Performancepeserta
didik dapatmenganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191,
dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis; membaca,
mendomeonstrasikan hafalanQ.S.
Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah tajwid dan
makharijulhuruf; menyajikan
keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191;
sehingga meyakini bahwa
agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis dan; sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan159, serta hadis terkait
D. Materi
Pembelajaran
·
Agama
mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
·
Sikap
kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159,
serta Hadis terkait
·
Asbabu Nuzul Q.S. Ali Imran (3): 190-191,dan Q.S.
Ali Imran (3): 159
·
TerjemahQ.S. Ali Imran (3): 190-191,dan Q.S. Ali Imran (3):
159. Serta hadis
·
Isi kandungan Q.S. Ali Imran (3): 190-191,dan Q.S.
Ali Imran (3): 159
·
Isi kandungan hadits tentang sikap
kritis dan demokratis
·
Pengertian sikap kritis dan demokratis
·
Contoh sikap kritis dan demokratis
· QS. Ali-Imran: 159,190-191 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf dengan benar.
·
Arti Q.S. Ali Imran (3): 190-191,dan Q.S. Ali Imran (3): 159 serta
hadis
· Hukum
tajwid yang terkandung pada QS.
Ali-Imran : 159,190-191
·
Menulis
Q.S. Ali Imran (3): 190-191,dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan baik dan
benar
·
Menghafal
Q.S. Ali-Imran
(3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran(3): 159 dengan lancar
·
Menghapalhadits
tentang sikap kritis dan demokratis
·
Ciri-ciri
orang yang bersikap kritis sesuai pesan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191
·
Sikap
kritis dalam kehidupan sehari-hari sesuai pesan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191
E. Model/Metode Pembelajaran
·
Braiding Method
·
Kepala Bernomor
·
Drill
·
Gallery Walk
·
Performance
F. Media Pembelajaran
·
Laptop dan LCD Projector
·
Power point dan media audio visual lainnya sesuai
materi pembelajaran
·
Kertas karton
·
White board
·
Spidol
·
Penghapus
G.
Sumber
Belajar
·
Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
·
Buku tajwid
·
Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
·
Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, Ibnu Katsir, dll).
·
Buku lain yang relevan
·
Perpustakaan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
Indikator Pencapaian
Kompetensi
·
Mengidentifikasi
hukum bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis
tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis(hukum nun mati dan tanwin, mad wajib dan mad jaiz)
·
Membaca
Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3:
159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis, sesuai dengan kaidah tajwid dan
makharijul huruf
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
7
8
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan apersepsi
Memberi motivasi kepada peserta
didik
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti: Kepala Bernomor
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Peserta didik dibagi menjadi
beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang
Diskusi kelompok untuk mengisi LK
dibuku masing-masing
Setiap anggota kelompok diberi
nomor (kepala bernomor)
Untuk presentasi tiap kelompok
diundi nomornya yang harus maju ke
muka kelas
Nomor yang terundi dari satu
kelompok maju ke muka kelas dan mengambil undian materi yang harus
dijelaskannya
Demikian seterusnya secara
bergantian menjelaskan hukum bacaan sesuai dengan undian
Peserta didik secara bersama-sama
membaca QS. Ali-Imran 190-191dan Q.S. Ali Imran/3: 159dengan
fasih
|
105 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
||
1
2
3
4
|
Refleksi
PR menulis QS.Ali-Imran:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159serta hadits terkait
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15
Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian
Kompetensi
·
Menyebutkan
arti perkata Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan
Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis
·
Menterjemahkan Q.S. Ali
Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir
kritis dan bersikap demokratis
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta
didik
|
15
Menit
|
Kegiatan Inti: Drill
|
||
1
2
3
4
5
6
|
Peserta didik menulis arti kata Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait dengan diskusi
kelompok
Pendidik bersama-sama peserta didik
membahas arti kata Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan 159serta
hadits terkait
Peserta didik latihan mengartikan
perkata Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan 159serta
hadits terkait
Secara berkelompok peserta didik
saling mengetes kemampuan menyebutkan arti Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait dengan mengisi
format penilaian yang telah disediakan
Beberapa perwakilan peserta didik
mendemontrasikan menyebutkan arti kata Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait
Beberapa peserta didik
menerjemahkan Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan 159serta
hadits terkait
|
105 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
||
1
2
3
4
|
Refleksi
Mencari tafsir Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait pada
kitab Tafsir Al-Maraghi dan Ibnu Katsir
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15
Menit
|
Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian
Kompetensi
·
Menguraikan kandungan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan
Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·
Menguraikan Q.S. Ali
Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir
kritis dan bersikap demokratis) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan
Al-Maraghi
·
Menguraikan kandungan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan
Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·
Menyimpulkan kandungan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan
Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
· Menyimpulkan
kandungan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan
12tentang prasangka baik (husnuzan) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan
Al-Maraghi
·
Menyimpulkan kandungan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan
Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·
Menemukan pesan tersirat Q.S. Ali
Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir
kritis dan bersikap demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·
Menemukan pesantersirat Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis
tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis dengan merujuk pada tafsir
Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·
Menemukan pesantersirat Q.S. Ali
Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir
kritis dan bersikap demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah
inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta
didik
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti: Gallery Walk
|
||
1
2
3
|
Peserta didik dibagi menjadi
beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang
Diskusi kelompok untuk membuat peta
konsep di kartoon yang telah disediakan tentang kandungan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait
Tiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi kelompok
|
105 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
||
1
2
3
4
|
Refleksi
Tugas menghapal QS. Al hujuraat
ayat 10 dan 12
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15
Menit
|
Pertemuan keempat
Indikator Pencapaian
Kompetensi
· Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali
Imran (3): 190-191,dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan fasihdan lancar
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta
didik
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti: Happy
Performance
|
||
1
2
|
Peserta didik secara individu
mendemontrasikan hapalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait
Peserta
didik mewakili kelompoknya untuk menampilkan puisi, ceramah, atau kisah
inspiratif sesuai dengan tema
|
105 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
||
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datingyaitu penialain
tertulis tentang
pengertian Bab Berfikir Kritis dan Demokrasi sesuai denganQ.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait
Doa dan penutup
|
15
Menit
|
I.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
a. TeknikPenilaian
1.
Sikap : Observasidanjurnal
2. Pengetahuan
: Tes Tertulis
3. Keterampilan
: Unjuk Kerja
b. Bentuk Penilaian
1. Sikap : lembar
observasisikap (Lampiran)
2. Pengetahuan
: Soal PG dan (Lampiran)
3. Keterampilan
: rubrik presentasi (Lampiran)
a. Remedial
1. Pembelajaran remedial dilakukan bagi
siswa yang
capaian KD nya belum
tuntas
2. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui
remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
b. Pengayaan
· Bagi siswa yang sudah
mencapai
nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
1. Siswa yang mencapai nilai
n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan
materi
masih dalam
cakupan
KD dengan pendalaman
sebagai
pengetahuan
tambahan
2. Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai
pengetahuan tambahan.
Mengetahui
: Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Saepuddin Al-Malik, M.Pd.I Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN 1
PENILAIAN
1.
Penilaian
Sikap
a.
Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat
bagian dalam mencari
informasi yang diperlukan
b.
Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c. Mendapat
bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat
bagian dalam
mempresentasikan
hasil diskusi
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari informasi
yang diperlukan
b. Terlibat
aktif dalam diskusi atau presentasi
c. Terlibat
aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat
aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b.
Jurnal
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
Dst.
|
2. Pengetahuan
No.
|
Butir-butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Sebutkan perbuatan yang
termasuk berfikir kritis?
|
-
Selalu ingin tahu dan berani melangkah
-
Berfikir positif dan beraksi
-
Tidak puas dengan hasil yang ada, dan selalu
ingin menemukan hal yang baru
-
dll
|
2.
|
Jelaskan
isi kandungan
Q.S. AliImran (3) : 190-191
|
·
Allah menciptakan langit dan bumi dan silih
bergantinya waktu itu menunjukkan tanda-tanda kekuasaan Allah dan itu menjadi
pemikiran bagi manusia yang berakal dan berfikir
·
Manusia yang berfikir yaitu orang-orang yang
mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan
mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata):
"Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha
suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka
|
3.
|
Jelaskan
isi kandungan
Q.S. Ali Imran ayat 159
|
o
Nabi Muhammad berhasil dalam berdakwah karena
memiliki cara lemah lembut dan itu atas dasar karena Allah sehingga banyak
manusia yang mengikutinya dan bagi mereka yang menolak bahkan memusuhi,
Rasulullah selalu memaafkan
·
Harus selalu bermusyawarah dalam memutuskan
suatu permasalahan
·
Terkahir kita harus bertawakal kepada Allah
dalam segala urusan, itulah nilai-nilai yang harus kita laksanakan dan
teladani
|
4.
|
Berikan
contoh orang yang berpikir kritis dalam sebuah diskusi panel?
|
o
Tidak gampang menyalahkan pendapat orang
lain
-
Mengkritisi pendapat orang lain dan memberi
solusi ril
|
5.
|
Jelaskan
hikmah dan manfaat berpikir kritis dan bersikap demokratis?
|
·
Hidup akan lebih terarah karena berhati-hati
dalam berfikir dan bertindak
·
Akan banyak saudara dengan hidup bersikap
toleran dan demokratis, dll.
|
b. Lembar
Kerja Siswa
Q.S. Ali-Imran:
190-191
NO.
|
LAFAZH
|
ARTI KATA
|
HUKUM BACAAN
|
PENJELASAN
|
إِنَّ
|
||||
فِي
|
||||
Q.S. Ali-Imran:
159
NO.
|
LAFAZH
|
ARTI KATA
|
HUKUM BACAAN
|
PENJELASAN
|
فَبِمَا
|
||||
رَحۡمَةٖ
|
||||
مِّنَ ٱللَّهِ
|
||||
لِنتَ ۖ
|
||||
لَهُمۡ
|
||||
وَلَوۡ
|
||||
كُنتَ
|
||||
غَلِيظَ
|
||||
ٱلۡقَلۡبِ
|
||||
لَٱنفَضُّواْ
|
||||
مِنۡ
|
||||
حَوۡلِكَۖ
|
||||
فَٱعۡفُ
|
||||
عَنۡهُمۡ
|
||||
وَٱسۡتَغۡفِرۡ
|
||||
لَهُمۡ
|
||||
وَشَاوِرۡهُمۡ
|
||||
فِي ٱلۡأَمۡرِ
|
||||
فَإِذَا ۚ
|
||||
عَزَمۡتَ
|
||||
فَتَوَكَّلۡ
|
||||
عَلَى ٱللَّهِ
|
||||
إِنَّ ٱللَّهَ
|
||||
يُحِبُّ
|
||||
ٱلۡمُتَوَكِّلِينَ١٥٩
|
B. Ketrampilan
a.
Presentasi
Rubriu Unjuk Kerja Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya (*)
|
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberi masukan/
Saran (*)
|
Nilai Keterampilan (**)
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
Dst.
|
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman
Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang
bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar,
tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
|
(*) diisi sesuai dengan perolehan
skor
sesuai dengan
pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan
LAMPIRAN 2
MATERI
PEMBELAJARAN
A. Q.S. Ali-Imran: 190-191 Berfikir Kritis
إِنَّ فِي خَلۡقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ وَٱخۡتِلَٰفِٱلَّيۡلِ
وَٱلنَّهَارِ لَأٓيَٰتٖ لِّأُوْلِي ٱلۡأَلۡبَٰبِ ١٩٠ ٱلَّذِينَ يَذۡكُرُونَ ٱللَّهَ
قِيَٰمٗا وَقُعُودٗا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمۡ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلۡقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ
وَٱلۡأَرۡضِ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هَٰذَا بَٰطِلٗا سُبۡحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ
١٩١
190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih
bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal
191. (yaitu) orang-orang yang mengingat
Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka
memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan
kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka
peliharalah kami dari siksa neraka
B.
Ali-Imran:
159 Demokrasi
فَبِمَا رَحۡمَةٖ مِّنَ ٱللَّهِ لِنتَ لَهُمۡۖ وَلَوۡ كُنتَ
فَظًّا غَلِيظَ ٱلۡقَلۡبِ لَٱنفَضُّواْ مِنۡ حَوۡلِكَۖ فَٱعۡفُ عَنۡهُمۡ وَٱسۡتَغۡفِرۡ
لَهُمۡ وَشَاوِرۡهُمۡ فِي ٱلۡأَمۡرِۖ فَإِذَا عَزَمۡتَ فَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِۚ
إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلۡمُتَوَكِّلِينَ ١٥٩
159. Maka disebabkan rahmat dari
Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap
keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.
Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan
bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah
membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah
menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.