Sponsor

Selasa, 14 Mei 2019

RPP 1.1 Kls XII_GJL_2013_PAI_SIKAP KRITIS


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                        : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII/Ganjil
Materi Pokok              : Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 tentang Berfikir Kritis dan Demokrasi
Alokasi Waktu            : 4X 3 Jam Pelajaran (JP)

A.  Kompetensi Inti
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1
Meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
1.1.1.      Menerima bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
1.1.2.      Meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
1.1.3.      Mempertahankan keyakinan bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
2.1
Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta hadis terkait
2.1.1.      Menampilkan sikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait
2.1.2.      Membiasakan sikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait
2.1.3.      Menjaga kebiasaan bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait
3.1
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang, berpikir kritis dan bersikap demokratis.

3.1.1.      Menjelaskan arti Q.S. Ali Imran/3:190-191 serta hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.1.2.      Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran/3:190-191 serta hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.1.3.      Mengilustrasikan makna ayat dan hadits tentang  berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.1.4.      Mengkritisi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis
3.1.5.      Menyimpulkan makna ayat dan hadits tentang  berpikir kritis dan bersikap demokratis
4.1.1
Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf

4.1.1.1  Membaca QS. Ali-Imran: 159,190-191 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf dengan benar
4.1.1.2  Menyebutkan arti Q.S. Ali Imran (3): 190-191,dan Q.S. Ali Imran (3): 159
4.1.1.3  Mengurai hukum tajwid yang terkandung pada QS. Ali-Imran : 159,190-191
4.1.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan lancer

4.1.2.1  Mendemostrasikan hafalanQ.S. Ali-Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran(3): 159 dengan lancar
4.1.2.2  Mendemostrasikan hafalan hadits tentang sikap kritis dan demokratis
4.1.3
Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191

4.1.3.1  Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191
4.1.3.2  Mengimplementasikan sikap kritis dalam kehidupan sehari-hari sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191

C.  Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Braiding Method, Kepala Bernomor, Drill, Gallery Walk, Performancepeserta didik dapatmenganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis; membaca, mendomeonstrasikan hafalanQ.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf; menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191; sehingga meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis dan; sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta hadis terkait

D.  Materi Pembelajaran
·      Agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
·      Sikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait
·      Asbabu Nuzul Q.S. Ali Imran (3): 190-191,dan Q.S. Ali Imran (3): 159
·      TerjemahQ.S. Ali Imran (3): 190-191,dan Q.S. Ali Imran (3): 159. Serta hadis
·      Isi kandungan Q.S. Ali Imran (3): 190-191,dan Q.S. Ali Imran (3): 159
·      Isi kandungan hadits tentang sikap kritis dan demokratis
·      Pengertian sikap kritis dan demokratis
·      Contoh sikap kritis dan demokratis
·      QS. Ali-Imran: 159,190-191 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf dengan benar.
·      Arti Q.S. Ali Imran (3): 190-191,dan Q.S. Ali Imran (3): 159 serta hadis
·      Hukum tajwid yang terkandung pada QS. Ali-Imran : 159,190-191
·      Menulis Q.S. Ali Imran (3): 190-191,dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan baik dan benar
·      Menghafal Q.S. Ali-Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran(3): 159 dengan lancar
·      Menghapalhadits tentang sikap kritis dan demokratis
·      Ciri-ciri orang yang bersikap kritis sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191
·      Sikap kritis dalam kehidupan sehari-hari sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191

E.  Model/Metode Pembelajaran
·      Braiding Method
·      Kepala Bernomor
·      Drill
·      Gallery Walk
·      Performance


F.   Media Pembelajaran
·      Laptop dan LCD Projector
·      Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
·      Kertas karton
·      White board
·      Spidol
·      Penghapus

G. Sumber Belajar
·      Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
·      Buku tajwid
·      Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
·      Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, Ibnu Katsir, dll).
·      Buku lain yang relevan
·      Perpustakaan

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Mengidentifikasi hukum bacaan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis(hukum nun mati dan tanwin, mad wajib dan mad jaiz)
·      Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

7
8
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan apersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit


Kegiatan Inti: Kepala Bernomor


1

2
3
4

5

6

7
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang
Diskusi kelompok untuk mengisi LK dibuku masing-masing
Setiap anggota kelompok diberi nomor (kepala bernomor) 
Untuk presentasi tiap kelompok diundi  nomornya yang harus maju ke muka kelas
Nomor yang terundi dari satu kelompok maju ke muka kelas dan mengambil undian materi yang harus dijelaskannya
Demikian seterusnya secara bergantian menjelaskan hukum bacaan sesuai dengan undian
Peserta didik secara bersama-sama membaca QS. Ali-Imran 190-191dan Q.S. Ali Imran/3: 159dengan fasih
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2

3

4
Refleksi
PR menulis QS.Ali-Imran: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159serta hadits terkait
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Menyebutkan arti perkata Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis
·      Menterjemahkan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15
Menit


Kegiatan Inti: Drill


1

2

3

4


5


6

Peserta didik menulis arti kata Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait dengan diskusi kelompok
Pendidik bersama-sama peserta didik membahas arti kata Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait
Peserta didik latihan mengartikan perkata Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait
Secara berkelompok peserta didik saling mengetes kemampuan menyebutkan arti Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait dengan mengisi format penilaian yang telah disediakan
Beberapa perwakilan peserta didik mendemontrasikan menyebutkan arti kata Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait
Beberapa peserta didik menerjemahkan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2

3

4
Refleksi
Mencari tafsir Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait pada kitab Tafsir Al-Maraghi dan Ibnu Katsir
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Menguraikan kandungan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·      Menguraikan Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·      Menguraikan kandungan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·      Menyimpulkan kandungan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·      Menyimpulkan kandungan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12tentang prasangka baik (husnuzan) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·      Menyimpulkan kandungan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·      Menemukan pesan tersirat  Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·      Menemukan pesantersirat Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
·      Menemukan pesantersirat  Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi


NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit

Kegiatan Inti: Gallery Walk

1

2


3
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang
Diskusi kelompok untuk membuat peta konsep di kartoon yang telah disediakan tentang kandungan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait
Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
105 Menit

Kegiatan Penutup

1
2
3

4
Refleksi
Tugas menghapal QS. Al hujuraat ayat 10 dan 12
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan keempat
Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191,dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan fasihdan lancar
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan appersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit


Kegiatan Inti: Happy Performance


1

2


Peserta didik secara individu mendemontrasikan hapalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait
Peserta didik mewakili kelompoknya untuk menampilkan puisi, ceramah, atau kisah inspiratif sesuai dengan tema
105 Menit

Kegiatan Penutup


1
2



3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datingyaitu penialain tertulis tentang pengertian Bab Berfikir Kritis dan Demokrasi sesuai denganQ.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159serta hadits terkait
Doa dan penutup
15  Menit
I.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    TeknikPenilaian
1.    Sikap                        : Observasidanjurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian
1.    Sikap                        : lembar observasisikap (Lampiran)
2.    Pengetahuan            : Soal PG dan (Lampiran)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran)
a.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
b.    Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Saepuddin Al-Malik, M.Pd.I                                                Badru Zaman, S.Ag
                                                                                                                              











LAMPIRAN 1

PENILAIAN

1.    Penilaian Sikap
a.    Observasi
No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.   Jurnal
No.
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






Dst.









2.    Pengetahuan
a.    Tes Tulis (www.socrative.com) dan Soal di Bawah ini
No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan  perbuatan  yang termasuk  berfikir kritis?

-          Selalu ingin tahu dan berani melangkah
-          Berfikir positif dan beraksi
-          Tidak puas dengan hasil yang ada, dan selalu ingin menemukan hal yang baru
-          dll
2.
Jelaskan isi kandungan
Q.S. AliImran (3) : 190-191
·         Allah menciptakan langit dan bumi dan silih bergantinya waktu itu menunjukkan tanda-tanda kekuasaan Allah dan itu menjadi pemikiran bagi manusia yang berakal dan berfikir
·         Manusia yang berfikir yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka
3.
Jelaskan isi kandungan
Q.S. Ali Imran ayat 159
o   Nabi Muhammad berhasil dalam berdakwah karena memiliki cara lemah lembut dan itu atas dasar karena Allah sehingga banyak manusia yang mengikutinya dan bagi mereka yang menolak bahkan memusuhi, Rasulullah selalu memaafkan
·         Harus selalu bermusyawarah dalam memutuskan suatu permasalahan
·         Terkahir kita harus bertawakal kepada Allah dalam segala urusan, itulah nilai-nilai yang harus kita laksanakan dan teladani
4.
Berikan contoh orang yang berpikir kritis dalam sebuah diskusi panel?
o   Tidak gampang menyalahkan pendapat orang lain
-          Mengkritisi pendapat orang lain dan memberi solusi ril
5.
Jelaskan hikmah dan manfaat berpikir kritis dan bersikap demokratis?
·         Hidup akan lebih terarah karena berhati-hati dalam berfikir dan bertindak
·         Akan banyak saudara dengan hidup bersikap toleran dan demokratis, dll.

b.   Lembar Kerja Siswa
Q.S. Ali-Imran: 190-191
NO.
LAFAZH
ARTI KATA
HUKUM BACAAN
PENJELASAN

إِنَّ




فِي




























































































































Q.S. Ali-Imran: 159
NO.
LAFAZH
ARTI KATA
HUKUM BACAAN
PENJELASAN

فَبِمَا




رَحۡمَةٖ




مِّنَ ٱللَّهِ






لِنتَ ۖ




لَهُمۡ




وَلَوۡ




كُنتَ




غَلِيظَ




ٱلۡقَلۡبِ




لَٱنفَضُّواْ




مِنۡ




حَوۡلِكَۖ




فَٱعۡفُ




عَنۡهُمۡ




وَٱسۡتَغۡفِرۡ




لَهُمۡ




وَشَاوِرۡهُمۡ





فِي ٱلۡأَمۡرِ




فَإِذَا ۚ







عَزَمۡتَ




فَتَوَكَّلۡ




عَلَى ٱللَّهِ




إِنَّ ٱللَّهَ




يُحِبُّ




ٱلۡمُتَوَكِّلِينَ١٥٩



           
B.  Ketrampilan
a.    Presentasi
Rubriu Unjuk Kerja Presentasi
No.
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/
Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)
1





2





3





4





5





Dst.






Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan


















LAMPIRAN 2
MATERI PEMBELAJARAN
A.  Q.S. Ali-Imran: 190-191 Berfikir Kritis
إِنَّ فِي خَلۡقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ وَٱخۡتِلَٰفِٱلَّيۡلِ وَٱلنَّهَارِ لَأٓيَٰتٖ لِّأُوْلِي ٱلۡأَلۡبَٰبِ ١٩٠ ٱلَّذِينَ يَذۡكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمٗا وَقُعُودٗا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمۡ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلۡقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هَٰذَا بَٰطِلٗا سُبۡحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ ١٩١
190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal
191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka

B.  Ali-Imran: 159 Demokrasi
فَبِمَا رَحۡمَةٖ مِّنَ ٱللَّهِ لِنتَ لَهُمۡۖ وَلَوۡ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ ٱلۡقَلۡبِ لَٱنفَضُّواْ مِنۡ حَوۡلِكَۖ فَٱعۡفُ عَنۡهُمۡ وَٱسۡتَغۡفِرۡ لَهُمۡ وَشَاوِرۡهُمۡ فِي ٱلۡأَمۡرِۖ فَإِذَا عَزَمۡتَ فَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلۡمُتَوَكِّلِينَ ١٥٩
159. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...