Sponsor

Senin, 13 Mei 2019

RPP 1.11 Kls XI_GNP_2013_PAI_ISLAM MODERN


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-11)

Sekolah                      : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester         : XI/ Genap
Materi Pokok             : Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
Alokasi Waktu            : 3 x 3 Jam Pelajaran (JP)

A.       KOMPETENSI INTI

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
1.11
Mempertahankan keyakinan yang benar sesuai ajaran islam dalam sejarah peradaban Islam pada masa modern.
1.11.1Menerima kebenaran ajaran islam dalam sejarah peradaban Islam pada masa modern.
1.11.2Meyakini kebenaran ajaran islam dalam sejarah peradaban Islam pada masa modern.
1.11.4Mempertahankan keyakinan kebenaran ajaran islam dalam sejarah peradaban Islam pada masa modern
2.11
Menjaga kerukunan dan berkompetisi dalam kebaikan sebagai implementasi dari nilai-nilaisejarah peradaban Islam pada masa modern
2.11.1Menunjukkansikap rukun dan berkompetisi dalam kebaikan sebagai implementasi dari nilai-nilai sejarahperadaban Islam pada masa modern.
2.11.2Membiasakansikap rukun dan berkompetisi dalam kebaikan sebagai implementasi dari nilai-nilai sejarah peradaban Islam pada masa modern
2.11.3 Mempertahankan kebiasaansikap rukun dan berkompetisi dalam kebaikan sebagai implementasi dari nilai-nilai sejarah peradaban Islam pada masa modern
3.11
Menelaah perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
3.11.3Menguraikan hikmah perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
4.11.1
Menyajikan prinsip-prinsip perkembangan Islam pada masa modern (1800 sekarang)
4..11.1.1 Mengidentifikasi prinsip-prinsip perkembangan Islam pada masa   
                  modern  (1800sekarang)
4.11.1.2 Mempresentasikan prinsip-prinsip perkembangan Islam pada masa modern (1800sekarang)
4.11.2
Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan Islam pada masa modern
4.11.2.1          Mengidentifikasi prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan Islam pada masa modern
4.11.2.2          Mempresentasikan prinsip-prinsip pembaharuan pemikiran islam pada masa Modern



C.        Tujuan Pembelajaran :
Melalui metode discoveri Learning  peserta didik diharapkan mampu Menelaah perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).;  Menyajikan  prinsip-prinsip perkembangan Islam pada masa modern (1800sekarang) sehngga peserta didik mampu  ; Mempertahankan keyakinan yang benar sesuai ajaran islam dalam sejarah peradaban Islam pada masa modern. ;  Menjaga kerukunan dan berkompetisi dalam kebaikan sebagai implementasi dari nilai-nilaisejarah peradaban Islam pada masa modern

D.       Materi Pembelajaran :
n Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

E.        Metode Pembelajaran :
1.    Calender Story
2.    Sungai Kehidupan (Time Line)
3.    Kencan Singkat (Share)

F.        Media Pembelajaran :
·         Laptop dan LCD Projector
·         Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran

G.       Sumber Belajar :
·         Al-Quran dan terjemahnya, Depag RI
·         Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas X
·         Buku sejarah
·         Buku lain yang relevan.

H.      Langkah-langkah Pembelajaran :
1.     Pertemuan Pertama
Indikator: 
n  Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
n  Menggambarkan peta konsep perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
n  Menguraikan hikmah perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang
a.       Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)     Guru membuka pembelajaran dengan salam dan membaca dalil yang berhubungan dengan subtansi perkembangan dan pembaharuan pemikiran  Islam pada masa modern (1800sekarang)
2)     Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian dan kebersihan kelas.
3)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4)     Guru menjelaskan garis besar kegiatan yang akan dilakukan
5)     Guru membagi kelas menjadi 5 kelompok
b.      Kegiatan Inti  (115 menit)
  Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Callendar Storylangkah-langkah sebagai berikut;    
-          Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok hetorogen yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, dengan tingkat kemampuan dan latar pendidikan yang beragam.
-          Setiap kelompok diberi tugas untuk membaca sebuah materi tentang perkembangan dan pembaharuan pemikiran  Islam pada masa modern   (1800 sekarang)  dengan sistem silent reading dan menggunakan berbagai macam literasi yang beragam
-          Dari naskah yang dibaca oleh setiap kelompok kini saatnya kelompok untuk membuat buku  tentang perkembangan dan pembaharuan pemikiran  Islam pada masa modern   (1800 sekarang)  sesuai dengan topik topik yang dipelajari
-          Buku cerita yang harus dibuat oleh kelompok susunannya sebagai berikut cover berisi judul dan nama kelompok yang membuatnya. Cover dibuat dengan lay out sebagus mungkin sehingga menarik dan membangkitkan selera orang untuk membacanya. Kemudian halaman kedua berisi cerita atau kisah  tentang perkembangan dan pembaharuan pemikiran  Islam pada masa modern   (1800 sekarang) yang ditulis dengan lengkap dan runtut. Halaman  berikutnya berisi tulisan bagaimana Pengalamanmu? Di halaman ini setiap kelompok menuliskan pengalaman yang menggambarkan perkembangan dan pembaharuan pemikiran  Islam pada masa modern   (1800 sekarang) seperti pengalaman peserta didik meninggalkan hal-hal atau perbuatan buruk atau perbuatan dosa dan berpindah melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat dalam kehidupan sehari hari pernah dilakukan oleh beberapa peserta didik .
-          Halaman berikutnya setiap kelompok harus membuat peta pikiran atau mind mapping tentag perkembangan dan pembaharuan pemikiran  Islam pada masa modern   (1800 sekarang)h. Beberapa hal yang dituliskan dalam peta konsep tidak lepas dari pertayaan 4 W ( what, why, where, when dan 1 H (how)  Peta pikiran atau mind map disajikan dengan berbagai tampilan yang sangat menarik dan dalam bentuk yang sangat bervariasi bentuknya bisa gambar pohon, gambar bunga di taman, gambar teratai di kolam gambar kendaraan, dan sebagainya sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas kelompok
-          Halaman berikutnya berisi Tokoh Dalam Cerita di halaman ini setiap kelompok harus menuliskan siapa saja tokoh yang ada dalam cerita atau perkembangan dan pembaharuan pemikiran  Islam pada masa modern   (1800 sekarang)  dan setiap tokoh harus dideskripsikan dengan jelas dan lengkap
-          Halaman selanjutnya berjudul puisi salah satu tokoh yang ada dalam kisah atau cerita Nabi Muhamad Hijrah
-          Halaman selanjutnya ceerita imajinatif yang berisi apa yang akan dilakukan apabila kalian menjadi salah satu tokoh yang ada dalam kisah tersebut.
-          Halaman berikutnya berisi tentang siapa tokoh yang paling disukai dalam perkembangan dan pembaharuan pemikiran  Islam pada masa modern (1800sekarang) dan jelaskan alasannya
-          Halaman selanjutnya berisi tentang refleksi tentang perkembangan dan pembaharuan pemikiran  Islam pada masa modern   (1800 sekarang) yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
-          Halaman selanjutnya berisi map atau peta perkembangan dan pembaharuan pemikiran  Islam pada masa modern   (1800 sekarang)
-          Halaman berikutnya  berisi tentang referensi yang digunakan untuk membuat buku tersebut
-          Halaman terakhir dikosongkan karena akan diisi oleh berbagai komentar dari teman-teman yang membaca buku tersebut
-          Langkah selanjutnya adalah setiap kelompok menukar hasil karya satu kelompok dengan kelompok lain dan minta kelompok lain untuk memberikan komentar
-          Giliran setiap kelompok mengadakan presentasi dengan mengujungi kelas lain
c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
1)     Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
2)     Guru memimpin penguatan dan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3)     Bersama-sama menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan salam.


2.     Pertemuan Kedua
Indikator : 
n  Mengidentifikasi prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan Islam pada masa modern
n  Mempresentasikan prinsip-prinsip pembaharuan pemikiran islam pada masa
       Modern)

a.       Kegiatan Pendahuluan(10 menit)
1.      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan membaca dalil yang berhubungan dengan berbusana muslim/muslimah danmenutup aurat.
2.      Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian dan kebersihan kelas.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.   Guru mengaitkan tujuan pembelajaran dengan kondisi kontekstual pentingnya berpakaian yang sesuai dengan Syariat Islam.
5.      Guru menjelaskan garis besar kegiatan yang akan dilakukan
6.      Guru membagi kelas menjadi 5 kelompok
b.      Kegiatan Inti  (115 menit)
Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Inquiry langkah-langkah sebagai berikut;
a)     Orientasi
1)      Guru menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik.
2)  Guru menjelaskan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai tujuan. Pada tahap ini dijelaskan langkah-langkah inkuiri serta tujuan setiap langkah, mulai dari langkah merumuskan masalah sampai dengan merumuskan kesimpulan.
3)      Guru menjelaskan pentingnya topik dan kegiatan belajar. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan motivasi belajar siswa.
4)      Membagi peserta didik dalam 4-5 kelompok.
b)     Merumuskan masalah atau menyajikan pertanyaan
1)     Guru menyajikan pertanyan atau persoalan yang menantang peserta untuk berpikir dan memecahkannya.
2)     Masalah bisa dituliskan di papan tulis atau dalam bentuk lembar kerja (worksheet) di kertas.
3)     Guru membimbing peseta didik mengidentifikasi masalah yang disajikan
4)     Merumuskan Hipotesis
5)     Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk curah pendapat dalam membuat hipotesis.
6)   Guru membimbing peserta didik dalam menentukan hipotesis yang relevan dengan permasalahan dan memprioritaskan hipotesis mana yang menjadi prioritas penyelidikan.
7)     Mengumpulkan data
8)    Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengumpulkan data dan menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang diajukan.
9)     Menguji Hipotesis
10)Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data atau informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data.
c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
1)     Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
2)     Guru memimpin penguatan dan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3)     Bersama-sama menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan salam.

A.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
1.    Sikap                           : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian:
1.    Sikap                          : lembar observasi sikap (Lampiran1)
2.    Pengetahuan            : soal esai (Lampiran 2)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.     Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d.    Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Zella Nurfititriani, SH, M.Pd                                               Badru Zaman, S.Ag












LAMPIRAN

1.    Penilaian Sikap
a.    Observasi

No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.    Jurnal

No
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






dst







2.    Pengetahuan (Tes Tulis)
3.    Ketrampilan
a.    Presentasi
RubrikUnjuk Kerja Presentasi
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)












Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...