Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-2)
Sekolah :
SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi Pokok :
Iman kepada
Allah SWT (Asmaul Husn: al-Kariim, al-Mu’min,
al-
Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan
al-Akhiir)
Alokasi Waktu :
3 x 3 Jam Pelajaran (JP)
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK) :
1.3
|
Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara,
Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir.
|
|
1.3.1
Menerima bahwa
Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna
Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
1.3.2
Mengimani bahwa
Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna
Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
1.3.3
Mempertahankan
keimanan bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha
Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
|
2.3
|
Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi dari
pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir.
|
|
2.3.1 Menampilkan
perilaku keluhuran
budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman Asmaul
Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir
2.3.2 membiasakan
diri memiliki keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal,
dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
2.3.3
Menjaga kebiasaan perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman Asmaul
Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir
|
3.3
|
Menganalisis makna al-Asma al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
|
|
3.3.1 Mengartikan Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir.
3.3.2
Menunjukkan
dalil tentang Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir.
3.3.3
Mengidentifikasi
contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan makna Asmaul Husna al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3.4
Menguraikan
makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3.5
Menemukan
pesan moral Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir
|
4.3
|
Menyajikan
hubunganmakna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman,
tawakal dan perilaku adil.
|
|
4.3.1 Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Karim dengan perilakupemurah.
4.3.2
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-mumin dengan perilaku
pemberi rasa aman
4.3.3
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-wakil dengan perilaku
tawakal
4.3.4
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Matin dengan perilaku
keteguhan hati
4.3.5
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Jami dengan perilaku berteman
4.3.6
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Jami dengan perilaku berteman
4.3.7
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-akhir dengan perilaku
memilih tujuan
4.3.8 Mempresentasikan hubungan
makna asmaul husna al-adldengan perilaku adil
|
C.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui pembelajaran menggunakan model make a match, inside outside circle,
market place activity, siswa dapat menganalisis makna al-Asma al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir; menyajikan
hubunganmakna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman,
tawakal dan perilaku adil;
sehingga siswa meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan,
Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan
Maha Akhir; dan Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa
aman, tawakal dan adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
D.
Materi Pembelajaran :
1. Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhirdalam berdoa.
2.
Keluhuran
budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir.
3.
Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.
Dalil
tentang Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
5. Makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
6. Pesan MoralAsmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir.
7. Contoh perilaku sehari-hari yang
mencerminkan makna Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
8. Contoh keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi
dari pemahaman makna Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
E.
Metode Pembelajaran :
1. Make a Match
2. Inside Outside Circle
3. Market Place Activity
F.
Media Pembelajaran :
1. Laptop dan LCD
Projector
2. Power point dan media
audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
G.
Sumber Belajar :
1. Al-Qur’an dan
terjemahnya, Depag RI
2. Buku tajwid
3. Buku teks siswa PAI
dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
4. Kitab Tafsir
(al-Maraghi, Jalalain, dll).
5. Buku lain yang
relevan.
6. Lingkungan
7. Perpustakaan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan
Pertama
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1.
Mengartikan
Asmaul Husna al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
2.
Menunjukkan
dalil tentang Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan
kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta
didik :
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti: MAKE A MATCH
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Guru menyuruh siswa untuk memahami teks
bacaan terkait materi yang akan dipelajari.
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi
beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu
soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang
bertuliskan soal/jawaban.
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari
kartu yang dipegang.
Setiap siswa mencari pasangan kartu yang
cocok dengan kartunya. Misalnya: pemegang kartu yang bertuliskan nama Asmaul
Husna akan berpasangan dengan deskripsinya. Berhadapan dengan pasangan dan
menjelaskan makna kartu kepada pasangan.
Setiap siswa yang dapat mencocokkan
kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
Guru menunjuk pasangan untuk presentasi.
Setiap pasangan mempresentasikan secara
bergiliran hasil temuan mereka, sementara pasangan lain memperhatikan dan
memberikan tanggapan dan koreksi.
Siswa membuat kesimpulan dari hasil yang
dipresentasikan.
Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar
tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya.
|
105 Menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
PR menulis QS. Al Hujuraat ayat
10 dan 12 serta hadits terkait.
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Mengidentifikasi
contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan makna Asmaul Husna al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
§ Menguraikan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
§ Menemukan
pesan moralAsmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan
kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta
didik :
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti : INSIDE OUTSIDE CIRCLE
|
|
|
Menurut Spencer
Kagan, ada lima langkah utama dalam
penerapan Model IOC ini, yaitu:
1.
Langkah
pertama, separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap
keluar.
2.
Langkah
kedua, separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama
dan menghadap ke dalam.
3.
Langkah
ketiga, kemudian dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar
berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua
pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.
Langkah
keempat, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa
yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum
jam, sehingga masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru.
5.
Langkah
terakhir, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagi
informasi. Demikian seterusnya.
Anita Lie mengembangkan
langkah-langkah yang dirumuskan Kagan. Dalam pengembangan (Anita Lie,
2008:66), siswa dalam kelas dibagi menjadi dua lingkaran, yaitu lingkaran
individu dan lingkaran kelompok. Penjelasannya sebagai berikut :
a. Lingkaran
individu
1.
Separuh
kelas (atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak) berdiri
membentuk lingkaran kecil. Mereka berdiri melingkar dan menghadap keluar.
2.
Separuh
kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran yang pertama. Dengan kata
lain, mereka berdiri menghadap ke dalam dan berpasangan dengan siswa yang
berada di lingkaran dalam.
3.
Dua siswa
yang berpasangan dari lingkaran kecil dan lingkaran besar berbagi informasi.
Siswa yang berada di lingkaran kecil yang memulai. Pertukaran informasi ini
bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.
Kemudian,
siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang
berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah perputaran
jarum jam. Dengan cara ini, masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru
untuk berbagi informasi.
5.
Sekarang
giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagikan informasi.
Demikian seterusnya.
b.
Lingkaran kelompok
1.
Satu
kelompok berdiri di lingkaran kecil menghadap keluar. Kelompok yang
lain berdiri di lingkaran besar.
2.
Kelompok
berputar seperti prosedur lingkaran individu yang dijelaskan di atas dan
saling berbagi.
|
105 Menit
|
|
A. Kegiatan
Penutup
B.
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Karim dengan perilakupemurah.
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-mumin dengan perilakupemberi rasa aman
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-wakil dengan perilakutawakal
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Matin dengan perilakuketeguhan hati
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Jami dengan perilakuberteman
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Jami dengan perilakuberteman
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-akhir dengan perilakumemilih tujuan
§ Mempresentasikan hubungan
makna asmaul husna al-adl dengan perilaku adil
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta
didik :
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti : MARKET PLACE ACTIVITY
|
|
|
1.
Setiap
kelompok mempersiapkan barang yang akan dijual (pokok/sub pokok bahasan hasil
pembagian guru, masing-masing kelompok berbeda kontennya), Pada tahap ini
siswa mengamati, menanya dan mengeksplorasi pokok/sub pokok bahasan melalui
refferensi yang akurat antar sesama kelompok. Satu konten lebih dari satu
referensi.
2.
Barang
yang dijual harus menarik (bisa menggunkan mind map, peta konsep, desain
gambar dll). Siswa mengasosiasi dan mengomunikasikan hasil eksplornya melalui
produk seperti mind map, peta konsep, desain gambar dll.
3.
Setiap
kelompok dibagi menjadi dua bagian (kelompok penjual dan kelompok pembeli)
Kelompok penjual menjelaskan kehebatan produknya secara detail. Kelompok
pembeli menilai atau mendengarkan penjelasan dan mencatatnya
4.
Pembeli
akan berkunjung ke stan penjual (diberi kesempatan 5-6 menit) Pembeli
mengunjungi penjual dan mencatat apa yang dijelaskan penjual.Ini harus
dicatat karena pembeli ini harus menjelaskan kepada penjual di kelompoknya.
5.
Pembeli
menyampaikan laporan hasil kunjungannya kepada kelompoknya. Pembeli
menjelaskan hasil kunjungan kepada penjual dikelompoknya. Pembeli dan penjual
menilai mana kelompok terbaik pada saat kunjungan dan dikunjungi.
6.
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam bentuk lagu, puisi,
atau pantun.
|
105 Menit
|
|
C. Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran :
a.
TeknikPenilaian:
1.
Sikap :
Observasidanjurnal
2.
Pengetahuan : Tes Tertulis
3.
Keterampilan : Unjuk Kerja
b.
Bentuk
Penilaian:
1.
Sikap :lembar observasisikap (Lampiran1)
2.
Pengetahuan : soal esai (Lampiran 2)
3.
Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.
Remedial
1.
Pembelajaran remedial dilakukan bagisiswa yang
capaian KD nya belum
tuntas
2.
Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial
teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan
tes.
d.
Pengayaan
· Bagi siswa
yang
sudah mencapai
nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
1. Siswa
yang mencapai
nilai n(ketuntasan)nn(maksimum) diberikan materi
masih dalam
cakupan
KD dengan pendalaman
sebagai
pengetahuan
tambahan
2.
Siwa yang
mencapai nilai n n(maksimum)diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui : Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Nurfititriani, SH, M.Pd Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN
1.
Penilaian Sikap
a.
Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat
bagian dalam mencari
informasi yang diperlukan
b.
Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c. Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil
diskusi
|
1. Jika 4 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
selalu
2. Jika 3 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
sering
3. Jika 2 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
kadang-
kadang
4. Jika 1 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari informasi
yang diperlukan
b. Terlibat aktif dalam diskusi atau
presentasi
c. Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat aktif dalam mempresentasikan
hasil diskusi.
|
1. Jika 4 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
selalu
2. Jika 3 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
sering
3. Jika 2 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b.
Jurnal
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
3. Ketrampilan
a. Presentasi
RubrikUnjuk
Kerja Presentasi
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya (*)
|
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberi masukan/Saran (*)
|
Nilai Keterampilan (**)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman
Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang
bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah
bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban
benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban
benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban
benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban
tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu memberi
masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi
masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang
memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah
member masukan/saran
|
(*)diisi sesuai
dengan
perolehan skor sesuai dengan pedoman
penskoran
(**) nilai
keterampilan
diperoleh dari penghitungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.