RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP KE-1)
Sekolah :
SMK YZA 2
Kota Bogor
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
X/ Gasal
Materi Pokok : Kontrol Diri
(Mujahadah An-Nafs), Prasangka Baik (Husnuzan), dan Persaudaraan (Ukhuwah)
Alokasi
Waktu : 5 x 3JP
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1
|
Terbiasa membaca Al-Qur’an
dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) adalah
perintah agama
|
1.1.1 Menerima
bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs) adalah perintah agama.
1.1.2 Menerima
bahwa prasangka baik (husnuzzan) adalah perintah agama
1.1.3 Menerimabahwa
persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
1.1.4 Meyakini
bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs) adalah perintah agama.
1.1.5 Meyakini
bahwa prasangka baik (husnuzzan) adalah perintah agama
1.1.6 Meyakinibahwa
persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
1.1.7 Mempertahankan
keyakinan bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs) adalah perintah agama.
1.1.8 Mempertahankan
keyakinan bahwa prasangka baik (husnuzzan) adalah perintah agama
1.1.9
Mempertahankan keyakinanbahwa persaudaraan (ukhuwah)
adalah perintah agama
|
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuz-zan), dan persaudaraan
(ukhuwah) sebagai implementasi
perintah Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12serta Hadis terkait
|
2.1.1
Menampilkan perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs)sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta
Hadis terkait
2.1.2 Menampilkan
perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49:
10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.3 Menampilkan
perilaku persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al-
Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.4 Membiasakan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)sebagai implementasi perintah Q.S.
al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.5 Membiasakan
perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49:
10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.6 Membiasakan
perilaku persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al-
Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.7 Menjaga
kebiasaan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)sebagai implementasi
perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.8 Menjaga
kebiasaan perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah Q.S. al-
Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.9
Menjaga kebiasaan perilaku persaudaraan (ukhuwah)
sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis
terkait
|
|
3.1
|
Menganalisis Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
3.1.1 Mengidentifikasi
hukum bacaan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10
dan 12; tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.1.2 Menyebutkan arti perkata Q.S. al-Hujurat/
49: 10 dan 12; serta hadis tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan
(ukhuwah)
3.1.3 Menterjemahkan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.1.4 Menguraikan
kandungan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan
12 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu
Katsir dan Al-Maraghi
3.1.5 Menguraikan
kandungan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan
12tentang prasangka baik (husnuzan) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir
dan Al-Maraghi
3.1.6 Menguraikan
kandungan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan
12 tentag persaudaraan (ukhuwah)
dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
3.1.7 pesan
tersirat Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan
12 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu
Katsir dan Al-Maraghi
3.1.8 Menemukan
pesantersirat Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12tentang prasangka baik (husnuzan)
dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
3.1.9 Menemukan
pesantersirat Q.S. al-Hujurat/ 49: 10
dan 12 tentag persaudaraan (ukhuwah)
dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
|
|
4.1.1
|
Membaca
Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf
|
4.1.1.1 Membaca
Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid
4.1.1.2 Membaca
Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan makharijul huruf
|
|
4.1.2
|
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, dengan fasih dan lancar
|
4.1.2.1
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih
4.1.2.2
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan lancar
|
|
4.1.3
|
Menyajikan hubungan antara
kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai
dengan pesan Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta Hadis terkait
|
4.1.3.1
Mempresentasikan
hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs),
sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait
4.1.3.2
Mempresentasikan hubungan antara kualitas keimanan
dengan prasangka baik (husnuzzan)sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10
dan 12, serta hadis terkait
4.1.3.3
Mempresentasikan hubungan antara kualitas keimanan
dengan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan
12, serta hadis terkait
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran menggunakan model Braiding, kepala bernomor, drill,
gallery walk dan performance, siswa dapat
menganalisis
Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12serta hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah); Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10
dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf; Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, dengan fasih dan lancar; Menyajikan hubungan
antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
sesuai dengan pesan Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta Hadis terkait sehingga
siswa terbiasa membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama; dan
Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi perintah Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12serta Hadis terkait
D.
Materi Pembelajaran
1. Hukum
Bacaan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2. Arti
perkata Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3. Terjemah
n Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4. Kandungan
Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
5. Pesan
Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan12; serta hadis terkait tentang kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
6. hubungan
antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), sesuai dengan
pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait
7. hubungan
antara kualitas keimanan dengan prasangka baik (husnuzzan) sesuai dengan pesan
Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait
8. hubungan
antara kualitas keimanan dengan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait
E.
Metode Pembelajaran
1. Braiding
Method
2. Kepala
Bernomor
3. Drill
4. Gallery
Walk
5. Performance
F.
Media Pembelajaran
1. Laptop
dan LCD Projector
2. Power
point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
G.
Sumber Belajar
1. Al-Qur’an
dan terjemahnya, Depag RI
2. Buku
tajwid
3. Buku
teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
4. Kitab
Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
5. Buku
lain yang relevan.
6. Perpustakaan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:
2.1.1
Menampilkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)sebagai implementasi
perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.2
Menampilkan perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah Q.S.
al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.3
Menampilkan perilaku persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah
Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.4
Membiasakan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)sebagai implementasi
perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.5
Membiasakan perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah Q.S.
al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.6
Membiasakan perilaku persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah
Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.7
Menjaga kebiasaan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)sebagai
implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.8
Menjaga kebiasaan perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah
Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.9
Menjaga kebiasaan perilaku persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi
perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
A.
Kegiatan Inti: BRAIDING METHODS
|
||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
|
Membaca membuka relung hati dan
mengkritisi sekitar kita.
Perwakilan peserta didik
menyampaikan isi bacaan
Menayangkan
gambar-gambar
tentang peristiwa-peristiwa perpecahan
di masyarakat
Mengajukan dan menerima pertanyaan terkait bacaan dan penayangan gambar diantaranya:
a.
Mengapa terjadi pengrusakan alam ?
b.
Mengapa
terjadi perpecahan dan pertikaian di masyarakat ?
c.
Nilai-nilai
apa yang harus dibangun agar tidak terjadi perpecahan dan pertikaian tersebut
?
Peserta didik dibagi kedalam
beberapa kelompok masing-masing terdiri dari 5-6 orang.
Setiap kelompok dibagi kartu
yang berisi nilai-nilai yang terdiri dari : simpati, empati, kasih sayang,
bekerja sama, komunikasi, persaudaraan, pengendalian diri, husnudzan, santun,
tidak diskriminasi, tolong menolong, saling menghormati.
Peserta didik memilih lima
nilai yang terpenting dari 12 nilai tersebut yang harus dibagun agar tidak
terjadi perpecahan dan pertikaian di masyarakat.
Peserta didik menyusun kelima
nilai yang telah dipilihnya dan menyusunnya di karton yang telah disediakan.
(10 menit)
Setiap kelompok
mempresentasikan alasan memilih nilai-nilai tersebut serta keterkaitannya.
Pendidik menuliskan di papan
tulis nilai-nilai yang dipilih oleh setiap kelompok, dan memilih 4-5 nilai
yang paling banyak dipilih oleh semua kelompok. Nilai yang paling banyak
dipilih, itulah nilai yang disepakati bersama bahwa nilai-nilai tersebut sangat
penting untuk dibagun agar tidak terjadi perpecahan dan pertikaian di
masyarakat.
Peserta didik menulis 4-5 nilai
tersebut di buku masing-masing.
Peserta didik membaca buku
sumber tentang kontrol diri, husnudzan dan persaudaraan.
Perwakilan peserta didik
mempresentasikan hasil bacaan
tentang kontrol diri, husnudzan dan persaudaraan.
Peserta didik mencatat
kesimpulan di buku masing-masing
|
105 Menit
|
B.
Kegiatan Penutup
C.
|
||
1
2
3
|
Refleksi
PR menulis
QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait.
Menyampaikan
rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan
penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1.
Mengidentifikasi
hukum bacaan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10
dan 12;
(hukum nun mati dan tanwin, mad wajib dan mad jaiz)
2.
Membaca Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti : KEPALA BERNOMOR
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang.
Diskusi
kelompok untuk mengisi LK dibuku masing-masing .
Setiap
anggota kelompok diberi nomor (kepala bernomor)
Untuk
presentasi tiap kelompok diundi
nomornya yang harus maju ke muka kelas.
Nomor yang
terundi dari satu kelompok maju ke muka kelas dan mengambil undian materi
yang harus dijelaskannya.
Demikian
seterusnya secara bergantian menjelaskan hukum bacaan sesuai dengan undian.
Peserta
didik secara bersama-sama membaca QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 dengan
fasih.
|
105 Menit
|
D. Kegiatan
Penutup
E.
|
||
1
2
3
|
Refleksi
PR menulis
QS.Al Hujurat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait.
Menyampaikan
rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan
penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Ketiga
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1.
Menyebutkan
arti perkata Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan
12; serta hadis tentang kontrol diri(mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2.
Menterjemahkan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
F.
Kegiatan Inti : DRILL
|
||
1
2
3
4
5
6
|
Peserta
didik menulis arti kata QS.Al Hujraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait
dengan diskusi kelompok.
Pendidik
bersama-sama peserta didik membahas arti kata QS.Al Hujraat ayat 10 dan 12
serta hadits terkait
Peserta
didik latihan mengartikan perkata QS. Al hujuraat ayat 10 dan 12. Serta
hadits terkait.
Secara berkelompok
peserta didik saling mengetes kemampuan menyebutkan arti QS. Al Hujuraat ayat
10 dan 12 serta hadits terkait dengan mengisi format penilaian yang telah
disediakan.
Beberapa
perwakilan peserta didik mendemontrasikan menyebutkan arti kata QS.Al Hujuraat
ayat 10 dan 12.
Beberapa
peserta didik menerjemahkan QS.Al Hujuraat ayat 10 dan 12
|
105 Menit
|
G.
Kegiatan Penutup
H.
|
||
1
2
3
|
Refleksi
Mencari
tafsir QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 dari kitab-kitab tafsir.
Menyampaikan
rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan
penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Keempat
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1.
Menguraikan kandungan Q.S.
al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan
merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
2.
Menguraikan kandungan Q.S.
al-Hujurat/ 49: 10 dan 12tentang prasangka baik (husnuzan) dengan merujuk pada
tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
3.
Menguraikan kandungan Q.S.
al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentag
persaudaraan (ukhuwah) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan
Al-Maraghi
4.
Menyimpulkan kandungan Q.S.
al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan
merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
5.
Menyimpulkan kandungan Q.S.
al-Hujurat/ 49: 10 dan 12tentang prasangka baik (husnuzan) dengan merujuk pada
tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
6.
Menyimpulkan kandungan Q.S.
al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentag
persaudaraan (ukhuwah) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan
Al-Maraghi
7.
Menemukan pesan tersirat Q.S.
al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan
merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
8.
Menemukan pesantersirat Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12tentang prasangka
baik (husnuzan) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
9.
Menemukan pesantersirat Q.S.
al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentag
persaudaraan (ukhuwah) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan
Al-Maraghi
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
I.
Kegiatan Inti : GALLERY WALK
|
||
1
2
3
|
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang.
Diskusi
kelompok untuk membuat peta konsep di kartoon yang telah disediakan tentang
kandungan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10
dan 12; serta hadis tentang kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan
(ukhuwah) berdasarkan salah satu mufasir, serta hubungan antara kualitas keimanan dengan
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12,
serta hadis terkait
Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
|
90 Menit
|
J.
Kegiatan Penutup
K.
|
||
1
2
3
4
|
Refleksi
Tugas
menghapal QS. Al hujuraat ayat 10 dan 12
Menyampaikan
rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan
penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan kelima
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaran-pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti : PERFORMANCE
|
||
Peserta
didik secara individu mendemontrasikan hapalan QS. Al Hujuraat ayat 10 dan
12.
|
105 Menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
||
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan
rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datangyaitu ulangan tertulis
tentang pengertian kontrol kontrol diri, baik sangka dan persaudaraan, hukum
bacaan QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12, arti kata, kandungan QS. Al Hujuraat
ayat 10 dan 12 serta hadits terkait.
Doa dan
penutup
|
15 Menit
|
I.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.
Teknik Penilaian:
1.
Sikap : Observasi dan jurnal
2. Pengetahuan : Tes Tertulis
3. Keterampilan : Unjuk Kerja
b. Bentuk Penilaian:
1. Sikap : lembar
observasi sikap (Lampiran1)
2. Pengetahuan : soal esai (Lampiran 2)
3. Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c. Remedial
1. Pembelajaran remedial dilakukan bagi
siswa yang
capaian KD nya belum
tuntas
2.
Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial
teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan
tes.
d. Pengayaan
· Bagi siswa yang sudah
mencapai
nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
1.
Siswa
yang mencapai
nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan
materi
masih dalam
cakupan
KD dengan pendalaman
sebagai
pengetahuan
tambahan
2.
Siswa yang mencapai nilai n
n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai
pengetahuan tambahan.
Mengetahui : Bogor,
Juli 2018
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
LAMPIRAN
1.
Penilaian Sikap
a.
Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b. Mendapat bagian dalam diskusi atau
presentasi
c. Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat bagian dalam
mempresentasikan
hasil diskusi
|
1. Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari informasi yang diperlukan
b. Terlibat aktif dalam diskusi atau
presentasi
c. Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat aktif dalam mempresentasikan
hasil diskusi.
|
1. Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang
|
b.
Jurnal
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
dst
|
2. Pengetahuan
(Tes Tulis)
3. Ketrampilan
a.
Presentasi
RubrikUnjuk
Kerja Presentasi
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Kemampuan
Bertanya (*)
|
Kemampuan
Menjawab/
Argumentasi
(*)
|
Memberi
masukan/Saran (*)
|
Nilai
Keterampilan (**)
|
Pedoman
Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman Penskoran
|
1
|
Kemampuan
bertanya
|
Skor 4,
apabila selalu bertanya
Skor 3,
apabila sering bertanya
Skor 2,
apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1,
apabila tidak pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan
menjawab/argumentasi
|
Skor 4,
apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3,
apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2,
apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1,
apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan
memberi masukan
|
Skor 4,
apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3,
apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2,
apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1,
apabila tidak pernah member masukan/saran
|
(*)diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh
dari penghitungan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-2)
Sekolah :
SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi Pokok :
Iman kepada
Allah SWT (Asmaul Husn: al-Kariim, al-Mu’min,
al-
Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan
al-Akhiir)
Alokasi Waktu :
3 x 3 Jam Pelajaran (JP)
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK) :
1.3
|
Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara,
Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir.
|
1.3.1
Menerima bahwa
Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna
Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
1.3.2
Mengimani bahwa
Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna
Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
1.3.3
Mempertahankan
keimanan bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha
Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
|
|
2.3
|
Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi dari
pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir.
|
2.3.1 Menampilkan
perilaku keluhuran
budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman Asmaul
Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir
2.3.2 membiasakan
diri memiliki keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal,
dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
2.3.3
Menjaga kebiasaan perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman Asmaul
Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir
|
|
3.3
|
Menganalisis makna al-Asma al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
|
3.3.1 Mengartikan Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir.
3.3.2
Menunjukkan
dalil tentang Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir.
3.3.3
Mengidentifikasi
contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan makna Asmaul Husna al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3.4
Menguraikan
makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3.5
Menemukan
pesan moral Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir
|
|
4.3
|
Menyajikan
hubunganmakna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman,
tawakal dan perilaku adil.
|
4.3.1 Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Karim dengan perilakupemurah.
4.3.2
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-mumin dengan perilaku
pemberi rasa aman
4.3.3
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-wakil dengan perilaku
tawakal
4.3.4
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Matin dengan perilaku
keteguhan hati
4.3.5
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Jami dengan perilaku berteman
4.3.6
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Jami dengan perilaku berteman
4.3.7
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-akhir dengan perilaku
memilih tujuan
4.3.8 Mempresentasikan hubungan
makna asmaul husna al-adldengan perilaku adil
|
C.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui pembelajaran menggunakan model make a match, inside outside circle,
market place activity, siswa dapat menganalisis makna al-Asma al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir; menyajikan
hubunganmakna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman,
tawakal dan perilaku adil;
sehingga siswa meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan,
Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan
Maha Akhir; dan Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa
aman, tawakal dan adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
D.
Materi Pembelajaran :
1. Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhirdalam berdoa.
2.
Keluhuran
budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir.
3.
Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.
Dalil
tentang Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
5. Makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
6. Pesan MoralAsmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir.
7. Contoh perilaku sehari-hari yang
mencerminkan makna Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
8. Contoh keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi
dari pemahaman makna Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
E.
Metode Pembelajaran :
1. Make a Match
2. Inside Outside Circle
3. Market Place Activity
F.
Media Pembelajaran :
1. Laptop dan LCD
Projector
2. Power point dan media
audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
G.
Sumber Belajar :
1. Al-Qur’an dan
terjemahnya, Depag RI
2. Buku tajwid
3. Buku teks siswa PAI
dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
4. Kitab Tafsir
(al-Maraghi, Jalalain, dll).
5. Buku lain yang
relevan.
6. Lingkungan
7. Perpustakaan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan
Pertama
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1.
Mengartikan
Asmaul Husna al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
2.
Menunjukkan
dalil tentang Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan
kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta
didik :
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti: MAKE A MATCH
|
||
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Guru menyuruh siswa untuk memahami teks
bacaan terkait materi yang akan dipelajari.
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi
beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu
soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang
bertuliskan soal/jawaban.
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari
kartu yang dipegang.
Setiap siswa mencari pasangan kartu yang
cocok dengan kartunya. Misalnya: pemegang kartu yang bertuliskan nama Asmaul
Husna akan berpasangan dengan deskripsinya. Berhadapan dengan pasangan dan
menjelaskan makna kartu kepada pasangan.
Setiap siswa yang dapat mencocokkan
kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
Guru menunjuk pasangan untuk presentasi.
Setiap pasangan mempresentasikan secara
bergiliran hasil temuan mereka, sementara pasangan lain memperhatikan dan
memberikan tanggapan dan koreksi.
Siswa membuat kesimpulan dari hasil yang
dipresentasikan.
Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar
tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya.
|
105 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
||
1
2
3
|
Refleksi
PR menulis QS. Al Hujuraat ayat
10 dan 12 serta hadits terkait.
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Mengidentifikasi
contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan makna Asmaul Husna al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
§ Menguraikan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
§ Menemukan
pesan moralAsmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan
kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta
didik :
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti : INSIDE OUTSIDE CIRCLE
|
||
Menurut Spencer
Kagan, ada lima langkah utama dalam
penerapan Model IOC ini, yaitu:
1.
Langkah
pertama, separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap
keluar.
2.
Langkah
kedua, separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama
dan menghadap ke dalam.
3.
Langkah
ketiga, kemudian dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar
berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua
pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.
Langkah
keempat, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa
yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum
jam, sehingga masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru.
5.
Langkah
terakhir, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagi
informasi. Demikian seterusnya.
Anita Lie mengembangkan
langkah-langkah yang dirumuskan Kagan. Dalam pengembangan (Anita Lie,
2008:66), siswa dalam kelas dibagi menjadi dua lingkaran, yaitu lingkaran
individu dan lingkaran kelompok. Penjelasannya sebagai berikut :
a. Lingkaran
individu
1.
Separuh
kelas (atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak) berdiri
membentuk lingkaran kecil. Mereka berdiri melingkar dan menghadap keluar.
2.
Separuh
kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran yang pertama. Dengan kata
lain, mereka berdiri menghadap ke dalam dan berpasangan dengan siswa yang
berada di lingkaran dalam.
3.
Dua siswa
yang berpasangan dari lingkaran kecil dan lingkaran besar berbagi informasi.
Siswa yang berada di lingkaran kecil yang memulai. Pertukaran informasi ini
bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.
Kemudian,
siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang
berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah perputaran
jarum jam. Dengan cara ini, masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru
untuk berbagi informasi.
5.
Sekarang
giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagikan informasi.
Demikian seterusnya.
b.
Lingkaran kelompok
1.
Satu
kelompok berdiri di lingkaran kecil menghadap keluar. Kelompok yang
lain berdiri di lingkaran besar.
2.
Kelompok
berputar seperti prosedur lingkaran individu yang dijelaskan di atas dan
saling berbagi.
|
105 Menit
|
|
A. Kegiatan
Penutup
B.
|
||
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Karim dengan perilakupemurah.
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-mumin dengan perilakupemberi rasa aman
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-wakil dengan perilakutawakal
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Matin dengan perilakuketeguhan hati
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Jami dengan perilakuberteman
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Jami dengan perilakuberteman
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-akhir dengan perilakumemilih tujuan
§ Mempresentasikan hubungan
makna asmaul husna al-adl dengan perilaku adil
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta
didik :
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti : MARKET PLACE ACTIVITY
|
||
1.
Setiap
kelompok mempersiapkan barang yang akan dijual (pokok/sub pokok bahasan hasil
pembagian guru, masing-masing kelompok berbeda kontennya), Pada tahap ini
siswa mengamati, menanya dan mengeksplorasi pokok/sub pokok bahasan melalui
refferensi yang akurat antar sesama kelompok. Satu konten lebih dari satu
referensi.
2.
Barang
yang dijual harus menarik (bisa menggunkan mind map, peta konsep, desain
gambar dll). Siswa mengasosiasi dan mengomunikasikan hasil eksplornya melalui
produk seperti mind map, peta konsep, desain gambar dll.
3.
Setiap
kelompok dibagi menjadi dua bagian (kelompok penjual dan kelompok pembeli)
Kelompok penjual menjelaskan kehebatan produknya secara detail. Kelompok
pembeli menilai atau mendengarkan penjelasan dan mencatatnya
4.
Pembeli
akan berkunjung ke stan penjual (diberi kesempatan 5-6 menit) Pembeli
mengunjungi penjual dan mencatat apa yang dijelaskan penjual.Ini harus
dicatat karena pembeli ini harus menjelaskan kepada penjual di kelompoknya.
5.
Pembeli
menyampaikan laporan hasil kunjungannya kepada kelompoknya. Pembeli
menjelaskan hasil kunjungan kepada penjual dikelompoknya. Pembeli dan penjual
menilai mana kelompok terbaik pada saat kunjungan dan dikunjungi.
6.
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam bentuk lagu, puisi,
atau pantun.
|
105 Menit
|
|
C. Kegiatan
Penutup
|
||
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran :
a.
TeknikPenilaian:
1.
Sikap :
Observasidanjurnal
2.
Pengetahuan : Tes Tertulis
3.
Keterampilan : Unjuk Kerja
b.
Bentuk
Penilaian:
1.
Sikap :lembar observasisikap (Lampiran1)
2.
Pengetahuan : soal esai (Lampiran 2)
3.
Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.
Remedial
1.
Pembelajaran remedial dilakukan bagisiswa yang
capaian KD nya belum
tuntas
2.
Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial
teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan
tes.
d.
Pengayaan
· Bagi siswa
yang
sudah mencapai
nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
1. Siswa
yang mencapai
nilai n(ketuntasan)nn(maksimum) diberikan materi
masih dalam
cakupan
KD dengan pendalaman
sebagai
pengetahuan
tambahan
2.
Siwa yang
mencapai nilai n n(maksimum)diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui : Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Nurfititriani, SH, M.Pd Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN
1.
Penilaian Sikap
a.
Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat
bagian dalam mencari
informasi yang diperlukan
b.
Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c. Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil
diskusi
|
1. Jika 4 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
selalu
2. Jika 3 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
sering
3. Jika 2 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
kadang-
kadang
4. Jika 1 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari informasi
yang diperlukan
b. Terlibat aktif dalam diskusi atau
presentasi
c. Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat aktif dalam mempresentasikan
hasil diskusi.
|
1. Jika 4 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
selalu
2. Jika 3 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
sering
3. Jika 2 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b.
Jurnal
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
dst
|
2. Pengetahuan (Tes
Tulis)
3. Ketrampilan
a. Presentasi
RubrikUnjuk
Kerja Presentasi
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya (*)
|
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberi masukan/Saran (*)
|
Nilai Keterampilan (**)
|
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman
Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang
bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah
bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban
benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban
benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban
benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban
tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu memberi
masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi
masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang
memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah
member masukan/saran
|
(*)diisi sesuai
dengan
perolehan skor sesuai dengan pedoman
penskoran
(**) nilai
keterampilan
diperoleh dari penghitungan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-2)
Sekolah :
SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi Pokok :
Iman kepada
Allah SWT (Asmaul Husn: al-Kariim, al-Mu’min,
al-
Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan
al-Akhiir)
Alokasi Waktu :
3 x 3 Jam Pelajaran (JP)
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK) :
1.3
|
Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara,
Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir.
|
1.3.1
Menerima bahwa
Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna
Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
1.3.2
Mengimani bahwa
Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna
Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
1.3.3
Mempertahankan
keimanan bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha
Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
|
|
2.3
|
Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi dari
pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir.
|
2.3.1 Menampilkan
perilaku keluhuran
budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman Asmaul
Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir
2.3.2 membiasakan
diri memiliki keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal,
dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
2.3.3
Menjaga kebiasaan perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman Asmaul
Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir
|
|
3.3
|
Menganalisis makna al-Asma al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
|
3.3.1 Mengartikan Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir.
3.3.2
Menunjukkan
dalil tentang Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir.
3.3.3
Mengidentifikasi
contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan makna Asmaul Husna al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3.4
Menguraikan
makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3.5
Menemukan
pesan moral Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir
|
|
4.3
|
Menyajikan
hubunganmakna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman,
tawakal dan perilaku adil.
|
4.3.1 Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Karim dengan perilakupemurah.
4.3.2
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-mumin dengan perilaku
pemberi rasa aman
4.3.3
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-wakil dengan perilaku
tawakal
4.3.4
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Matin dengan perilaku
keteguhan hati
4.3.5
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Jami dengan perilaku berteman
4.3.6
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Jami dengan perilaku berteman
4.3.7
Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-akhir dengan perilaku
memilih tujuan
4.3.8 Mempresentasikan hubungan
makna asmaul husna al-adldengan perilaku adil
|
C.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui pembelajaran menggunakan model make a match, inside outside circle,
market place activity, siswa dapat menganalisis makna al-Asma al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir; menyajikan
hubunganmakna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman,
tawakal dan perilaku adil;
sehingga siswa meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan,
Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan
Maha Akhir; dan Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa
aman, tawakal dan adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
D.
Materi Pembelajaran :
1. Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhirdalam berdoa.
2.
Keluhuran
budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir.
3.
Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.
Dalil
tentang Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
5. Makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
6. Pesan MoralAsmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir.
7. Contoh perilaku sehari-hari yang
mencerminkan makna Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
8. Contoh keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi
dari pemahaman makna Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
E.
Metode Pembelajaran :
1. Make a Match
2. Inside Outside Circle
3. Market Place Activity
F.
Media Pembelajaran :
1. Laptop dan LCD
Projector
2. Power point dan media
audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
G.
Sumber Belajar :
1. Al-Qur’an dan
terjemahnya, Depag RI
2. Buku tajwid
3. Buku teks siswa PAI
dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
4. Kitab Tafsir
(al-Maraghi, Jalalain, dll).
5. Buku lain yang
relevan.
6. Lingkungan
7. Perpustakaan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan
Pertama
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1.
Mengartikan
Asmaul Husna al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
2.
Menunjukkan
dalil tentang Asmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan
kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta
didik :
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti: MAKE A MATCH
|
||
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Guru menyuruh siswa untuk memahami teks
bacaan terkait materi yang akan dipelajari.
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi
beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu
soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang
bertuliskan soal/jawaban.
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari
kartu yang dipegang.
Setiap siswa mencari pasangan kartu yang
cocok dengan kartunya. Misalnya: pemegang kartu yang bertuliskan nama Asmaul
Husna akan berpasangan dengan deskripsinya. Berhadapan dengan pasangan dan
menjelaskan makna kartu kepada pasangan.
Setiap siswa yang dapat mencocokkan
kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
Guru menunjuk pasangan untuk presentasi.
Setiap pasangan mempresentasikan secara
bergiliran hasil temuan mereka, sementara pasangan lain memperhatikan dan
memberikan tanggapan dan koreksi.
Siswa membuat kesimpulan dari hasil yang
dipresentasikan.
Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar
tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya.
|
105 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
||
1
2
3
|
Refleksi
PR menulis QS. Al Hujuraat ayat
10 dan 12 serta hadits terkait.
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Mengidentifikasi
contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan makna Asmaul Husna al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
§ Menguraikan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
§ Menemukan
pesan moralAsmaul Husna
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan
kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta
didik :
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti : INSIDE OUTSIDE CIRCLE
|
||
Menurut Spencer
Kagan, ada lima langkah utama dalam
penerapan Model IOC ini, yaitu:
1.
Langkah
pertama, separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap
keluar.
2.
Langkah
kedua, separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama
dan menghadap ke dalam.
3.
Langkah
ketiga, kemudian dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar
berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua
pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.
Langkah
keempat, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa
yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum
jam, sehingga masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru.
5.
Langkah
terakhir, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagi
informasi. Demikian seterusnya.
Anita Lie mengembangkan
langkah-langkah yang dirumuskan Kagan. Dalam pengembangan (Anita Lie,
2008:66), siswa dalam kelas dibagi menjadi dua lingkaran, yaitu lingkaran
individu dan lingkaran kelompok. Penjelasannya sebagai berikut :
a. Lingkaran
individu
1.
Separuh
kelas (atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak) berdiri
membentuk lingkaran kecil. Mereka berdiri melingkar dan menghadap keluar.
2.
Separuh
kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran yang pertama. Dengan kata
lain, mereka berdiri menghadap ke dalam dan berpasangan dengan siswa yang
berada di lingkaran dalam.
3.
Dua siswa
yang berpasangan dari lingkaran kecil dan lingkaran besar berbagi informasi.
Siswa yang berada di lingkaran kecil yang memulai. Pertukaran informasi ini
bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.
Kemudian,
siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang
berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah perputaran
jarum jam. Dengan cara ini, masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru
untuk berbagi informasi.
5.
Sekarang
giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagikan informasi.
Demikian seterusnya.
b.
Lingkaran kelompok
1.
Satu
kelompok berdiri di lingkaran kecil menghadap keluar. Kelompok yang
lain berdiri di lingkaran besar.
2.
Kelompok
berputar seperti prosedur lingkaran individu yang dijelaskan di atas dan
saling berbagi.
|
105 Menit
|
|
A. Kegiatan
Penutup
B.
|
||
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Karim dengan perilakupemurah.
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-mumin dengan perilakupemberi rasa aman
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-wakil dengan perilakutawakal
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Matin dengan perilakuketeguhan hati
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Jami dengan perilakuberteman
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Jami dengan perilakuberteman
§ Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-akhir dengan perilakumemilih tujuan
§ Mempresentasikan hubungan
makna asmaul husna al-adl dengan perilaku adil
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta
didik :
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti : MARKET PLACE ACTIVITY
|
||
1.
Setiap
kelompok mempersiapkan barang yang akan dijual (pokok/sub pokok bahasan hasil
pembagian guru, masing-masing kelompok berbeda kontennya), Pada tahap ini
siswa mengamati, menanya dan mengeksplorasi pokok/sub pokok bahasan melalui
refferensi yang akurat antar sesama kelompok. Satu konten lebih dari satu
referensi.
2.
Barang
yang dijual harus menarik (bisa menggunkan mind map, peta konsep, desain
gambar dll). Siswa mengasosiasi dan mengomunikasikan hasil eksplornya melalui
produk seperti mind map, peta konsep, desain gambar dll.
3.
Setiap
kelompok dibagi menjadi dua bagian (kelompok penjual dan kelompok pembeli)
Kelompok penjual menjelaskan kehebatan produknya secara detail. Kelompok
pembeli menilai atau mendengarkan penjelasan dan mencatatnya
4.
Pembeli
akan berkunjung ke stan penjual (diberi kesempatan 5-6 menit) Pembeli
mengunjungi penjual dan mencatat apa yang dijelaskan penjual.Ini harus
dicatat karena pembeli ini harus menjelaskan kepada penjual di kelompoknya.
5.
Pembeli
menyampaikan laporan hasil kunjungannya kepada kelompoknya. Pembeli
menjelaskan hasil kunjungan kepada penjual dikelompoknya. Pembeli dan penjual
menilai mana kelompok terbaik pada saat kunjungan dan dikunjungi.
6.
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam bentuk lagu, puisi,
atau pantun.
|
105 Menit
|
|
C. Kegiatan
Penutup
|
||
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran :
a.
TeknikPenilaian:
1.
Sikap :
Observasidanjurnal
2.
Pengetahuan : Tes Tertulis
3.
Keterampilan : Unjuk Kerja
b.
Bentuk
Penilaian:
1.
Sikap :lembar observasisikap (Lampiran1)
2.
Pengetahuan : soal esai (Lampiran 2)
3.
Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.
Remedial
1.
Pembelajaran remedial dilakukan bagisiswa yang
capaian KD nya belum
tuntas
2.
Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial
teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan
tes.
d.
Pengayaan
· Bagi siswa
yang
sudah mencapai
nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
1. Siswa
yang mencapai
nilai n(ketuntasan)nn(maksimum) diberikan materi
masih dalam
cakupan
KD dengan pendalaman
sebagai
pengetahuan
tambahan
2.
Siwa yang
mencapai nilai n n(maksimum)diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui : Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Nurfititriani, SH, M.Pd Badru
Zaman, S.Ag
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.