Sponsor

Rabu, 10 April 2019

RPP 1.1 KLS X_GJL_2013_PAI_KONTROL DIRI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP KE-1)

Sekolah                                :    SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                  :    X/ Gasal
Materi Pokok                      :    Kontrol Diri (Mujahadah An-Nafs), Prasangka Baik (Husnuzan),                                                                dan Persaudaraan (Ukhuwah)
Alokasi Waktu                   :     5 x 3JP


A.       Kompetensi Inti

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1
Terbiasa membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama

1.1.1  Menerima bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs) adalah perintah agama.
1.1.2  Menerima bahwa prasangka baik (husnuzzan) adalah perintah agama
1.1.3  Menerimabahwa persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
1.1.4  Meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs) adalah perintah agama.
1.1.5  Meyakini bahwa prasangka baik (husnuzzan) adalah perintah agama
1.1.6  Meyakinibahwa persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
1.1.7  Mempertahankan keyakinan bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs) adalah perintah agama.
1.1.8  Mempertahankan keyakinan bahwa prasangka baik (husnuzzan) adalah perintah agama
1.1.9  Mempertahankan keyakinanbahwa persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
2.1
Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12serta Hadis terkait

2.1.1  Menampilkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.2  Menampilkan perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.3  Menampilkan perilaku persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.4  Membiasakan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.5  Membiasakan perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.6  Membiasakan perilaku persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.7  Menjaga kebiasaan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.8  Menjaga kebiasaan perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.9  Menjaga kebiasaan perilaku persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
3.1
Menganalisis Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)

3.1.1  Mengidentifikasi hukum bacaan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan   12;  tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.1.2   Menyebutkan arti perkata Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan   12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.1.3  Menterjemahkan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan   12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.1.4  Menguraikan kandungan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
3.1.5  Menguraikan kandungan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12tentang prasangka baik (husnuzan) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
3.1.6  Menguraikan kandungan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentag  persaudaraan (ukhuwah) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
3.1.7  pesan tersirat  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
3.1.8  Menemukan pesantersirat Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12tentang prasangka baik (husnuzan) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
3.1.9  Menemukan pesantersirat  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentag  persaudaraan (ukhuwah) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
4.1.1
Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.1.1.1 Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid
4.1.1.2 Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan makharijul huruf
4.1.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, dengan fasih dan lancar

4.1.2.1         Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih
4.1.2.2         Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan lancar
4.1.3
Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta Hadis terkait

4.1.3.1 Mempresentasikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait
4.1.3.2         Mempresentasikan hubungan antara kualitas keimanan dengan prasangka baik (husnuzzan)sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait
4.1.3.3         Mempresentasikan hubungan antara kualitas keimanan dengan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait

C.        Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran menggunakan model Braiding, kepala bernomor, drill, gallery walk dan performance, siswa dapat  menganalisis Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah); Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf; Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, dengan fasih dan lancar; Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta Hadis terkait sehingga siswa terbiasa membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama; dan Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12serta Hadis terkait

D.       Materi Pembelajaran
1.    Hukum Bacaan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2.    Arti perkata Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.    Terjemah n Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.    Kandungan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
5.    Pesan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan12; serta hadis terkait tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
6.    hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait
7.    hubungan antara kualitas keimanan dengan prasangka baik (husnuzzan) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait
8.    hubungan antara kualitas keimanan dengan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait


E.        Metode Pembelajaran
1.    Braiding Method
2.    Kepala Bernomor
3.    Drill
4.    Gallery Walk
5.    Performance

F.        Media Pembelajaran
1.    Laptop dan LCD Projector
2.    Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran

G.       Sumber Belajar
1.    Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
2.    Buku tajwid
3.    Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
4.    Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
5.    Buku lain yang relevan.
6.    Perpustakaan

H.      Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:

2.1.1        Menampilkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.2        Menampilkan perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.3        Menampilkan perilaku persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.4        Membiasakan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.5        Membiasakan perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.6        Membiasakan perilaku persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.7        Menjaga kebiasaan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.8        Menjaga kebiasaan perilaku prasangka baik (husnuzan) implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.9        Menjaga kebiasaan perilaku persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait


NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2

3
4

5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15  Menit


A.               Kegiatan Inti: BRAIDING METHODS


1
2
3

4





5

6






7

8

9





10
11
12

13
Membaca membuka relung hati dan mengkritisi sekitar kita.
Perwakilan peserta didik menyampaikan isi bacaan
Menayangkan gambar-gambar tentang peristiwa-peristiwa  perpecahan di masyarakat
Mengajukan dan menerima pertanyaan terkait bacaan dan  penayangan gambar diantaranya:
a.       Mengapa terjadi pengrusakan alam ?
b.      Mengapa terjadi perpecahan dan pertikaian di masyarakat ?
c.       Nilai-nilai apa yang harus dibangun agar tidak terjadi perpecahan dan pertikaian tersebut ?
Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok masing-masing terdiri dari 5-6 orang.
Setiap kelompok dibagi kartu yang berisi nilai-nilai yang terdiri dari : simpati, empati, kasih sayang, bekerja sama, komunikasi, persaudaraan, pengendalian diri, husnudzan, santun, tidak diskriminasi, tolong menolong, saling menghormati.
Peserta didik memilih lima nilai yang terpenting dari 12 nilai tersebut yang harus dibagun agar tidak terjadi perpecahan dan pertikaian di masyarakat.
Peserta didik menyusun kelima nilai yang telah dipilihnya dan menyusunnya di karton yang telah disediakan. (10 menit)
Setiap kelompok mempresentasikan alasan memilih nilai-nilai tersebut serta keterkaitannya.
Pendidik menuliskan di papan tulis nilai-nilai yang dipilih oleh setiap kelompok, dan memilih 4-5 nilai yang paling banyak dipilih oleh semua kelompok. Nilai yang paling banyak dipilih, itulah nilai yang disepakati bersama bahwa nilai-nilai tersebut sangat penting untuk dibagun agar tidak terjadi perpecahan dan pertikaian di masyarakat.
Peserta didik menulis 4-5 nilai tersebut di buku masing-masing.
Peserta didik membaca buku sumber tentang  kontrol  diri, husnudzan dan persaudaraan.
Perwakilan peserta didik mempresentasikan  hasil bacaan tentang  kontrol  diri, husnudzan dan persaudaraan.
Peserta didik mencatat kesimpulan di buku masing-masing
105 Menit


B.     Kegiatan Penutup
C.       

1
2
3

Refleksi
PR menulis QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15 Menit














Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.    Mengidentifikasi hukum bacaan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan   12;  (hukum nun mati dan tanwin, mad wajib dan mad jaiz)
2.    Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5
6
7
8
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit


Kegiatan Inti : KEPALA BERNOMOR


1

2
3
4

5

6

7
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang.
Diskusi kelompok untuk mengisi LK dibuku masing-masing .
Setiap anggota kelompok diberi nomor (kepala bernomor) 
Untuk presentasi tiap kelompok diundi  nomornya yang harus maju ke muka kelas.
Nomor yang terundi dari satu kelompok maju ke muka kelas dan mengambil undian materi yang harus dijelaskannya.
Demikian seterusnya secara bergantian menjelaskan hukum bacaan sesuai dengan undian.
Peserta didik secara bersama-sama membaca QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 dengan fasih.
105 Menit


D.  Kegiatan Penutup
E.       

1
2
3

Refleksi
PR menulis QS.Al Hujurat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit




Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.    Menyebutkan arti perkata Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan   12; serta hadis tentang kontrol diri(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2.    Menterjemahkan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan   12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit


F.   Kegiatan Inti : DRILL


1

2

3

4


5

6

Peserta didik menulis arti kata QS.Al Hujraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait dengan diskusi kelompok.
Pendidik bersama-sama peserta didik membahas arti kata QS.Al Hujraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait
Peserta didik latihan mengartikan perkata QS. Al hujuraat ayat 10 dan 12. Serta hadits terkait.
Secara berkelompok peserta didik saling mengetes kemampuan menyebutkan arti QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait dengan mengisi format penilaian yang telah disediakan.
Beberapa perwakilan peserta didik mendemontrasikan menyebutkan arti kata QS.Al Hujuraat ayat 10 dan 12.
Beberapa peserta didik menerjemahkan QS.Al Hujuraat ayat 10 dan 12
105 Menit


G.   Kegiatan Penutup
H.     

1
2
3

Refleksi
Mencari tafsir QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 dari kitab-kitab tafsir.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit



Pertemuan Keempat
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.      Menguraikan kandungan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
2.      Menguraikan kandungan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12tentang prasangka baik (husnuzan) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
3.      Menguraikan kandungan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentag  persaudaraan (ukhuwah) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
4.      Menyimpulkan kandungan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
5.      Menyimpulkan kandungan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12tentang prasangka baik (husnuzan) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
6.      Menyimpulkan kandungan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentag  persaudaraan (ukhuwah) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
7.      Menemukan pesan tersirat  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
8.      Menemukan pesantersirat Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12tentang prasangka baik (husnuzan) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
9.      Menemukan pesantersirat  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 tentag  persaudaraan (ukhuwah) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit


I.       Kegiatan Inti : GALLERY WALK


1

2






3

Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang.
Diskusi kelompok untuk membuat peta konsep di kartoon yang telah disediakan tentang kandungan  Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan   12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah) berdasarkan salah satu mufasir, serta  hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait
Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

90 Menit


J.     Kegiatan Penutup
K.      

1
2
3

4

Refleksi
Tugas menghapal QS. Al hujuraat ayat 10 dan 12
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan kelima
Indikator Pencapaian Kompetensi:
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran-pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit


Kegiatan Inti : PERFORMANCE





Peserta didik secara individu mendemontrasikan hapalan QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12.
105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2




3

Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datangyaitu ulangan tertulis tentang pengertian kontrol kontrol diri, baik sangka dan persaudaraan, hukum bacaan QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12, arti kata, kandungan QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait.
Doa dan penutup
15  Menit





I.         Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
1.    Sikap                           : Observasi dan jurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian:
1.    Sikap                          : lembar observasi sikap (Lampiran1)
2.    Pengetahuan            : soal esai (Lampiran 2)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.     Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d.    Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


Mengetahui :                                                                           Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




            Zella Nurfititriani, SH, M.Pd                                               Badru Zaman, S.Ag



LAMPIRAN
1.    Penilaian Sikap
a.    Observasi
No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
aMendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
aMencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.    Jurnal

No
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






dst







2.    Pengetahuan (Tes Tulis)
3.    Ketrampilan
a.    Presentasi
RubrikUnjuk Kerja Presentasi
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)













Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah member masukan/saran
(*)diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan








Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-2)

Sekolah                                : SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran                   : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                : X/ Ganjil
Materi Pokok                    : Iman kepada Allah SWT (Asmaul Husn: al-Kariim, al-Mu’min, al-
      Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
Alokasi Waktu                  : 3 x 3 Jam Pelajaran (JP)

A.       Kompetensi Inti

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :

1.3
Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir.

1.3.1     Menerima bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
1.3.2     Mengimani bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
1.3.3     Mempertahankan keimanan bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
2.3
Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.

2.3.1    Menampilkan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman  Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
2.3.2    membiasakan diri memiliki keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman  Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
2.3.3    Menjaga kebiasaan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman  Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3
Menganalisis makna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.

3.3.1     Mengartikan Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
3.3.2     Menunjukkan dalil tentang Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
3.3.3     Mengidentifikasi contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3.4     Menguraikan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3.5     Menemukan pesan moral Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir

4.3
Menyajikan hubunganmakna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.

4.3.1     Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Karim dengan perilakupemurah.
4.3.2     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-mumin dengan perilaku pemberi rasa aman
4.3.3     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-wakil dengan perilaku tawakal
4.3.4     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Matin dengan perilaku keteguhan hati
4.3.5     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Jami dengan perilaku berteman
4.3.6     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Jami dengan perilaku berteman
4.3.7     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-akhir dengan perilaku memilih tujuan
4.3.8     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-adldengan perilaku adil

C.        Tujuan Pembelajaran :
Melalui pembelajaran menggunakan model make a match, inside outside circle, market place activity, siswa dapat menganalisis makna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir; menyajikan hubunganmakna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil; sehingga siswa meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir; dan Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.


D.       Materi Pembelajaran :
1.    Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdalam berdoa.
2.    Keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman  Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
3.    Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.    Dalil tentang Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
5.    Makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
6.    Pesan MoralAsmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
7.    Contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
8.    Contoh keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.

E.        Metode Pembelajaran :
1.    Make a Match
2.    Inside Outside Circle
3.    Market Place Activity

F.        Media Pembelajaran :
1.    Laptop dan LCD Projector
2.    Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran


G.       Sumber Belajar :
1.    Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
2.    Buku tajwid
3.    Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
4.    Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
5.    Buku lain yang relevan.
6.    Lingkungan
7.    Perpustakaan

H.       Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.    Mengartikan Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
2.    Menunjukkan dalil tentang Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.







NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15  Menit


Kegiatan Inti: MAKE A MATCH


1

2


3

4





5
6


7
8
Guru menyuruh siswa untuk memahami teks bacaan terkait materi yang akan dipelajari.
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/jawaban.
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya. Misalnya: pemegang kartu yang bertuliskan nama Asmaul Husna akan berpasangan dengan deskripsinya. Berhadapan dengan pasangan dan menjelaskan makna kartu kepada pasangan.
Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
Guru menunjuk pasangan untuk presentasi.
Setiap pasangan mempresentasikan secara bergiliran hasil temuan mereka, sementara pasangan lain memperhatikan dan memberikan tanggapan dan koreksi.
Siswa membuat kesimpulan dari hasil yang dipresentasikan.
Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya.

105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2
3

Refleksi
PR menulis QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit






Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§  Mengidentifikasi contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
§  Menguraikan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
§  Menemukan pesan moralAsmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit


Kegiatan Inti : INSIDE OUTSIDE CIRCLE





Menurut  Spencer  Kagan,  ada  lima  langkah utama  dalam  penerapan Model  IOC ini, yaitu:
1.      Langkah pertama, separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar.
2.      Langkah kedua, separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama dan menghadap ke dalam.
3.      Langkah ketiga, kemudian dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.      Langkah keempat, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam, sehingga masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru.
5.      Langkah terakhir, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya.

Anita Lie mengembangkan langkah-langkah yang dirumuskan Kagan. Dalam pengembangan (Anita Lie, 2008:66), siswa dalam kelas dibagi menjadi dua lingkaran, yaitu lingkaran individu dan lingkaran kelompok. Penjelasannya sebagai berikut :

a. Lingkaran individu
1.    Separuh kelas (atau seperempat jika  jumlah  siswa terlalu banyak) berdiri membentuk lingkaran kecil. Mereka berdiri melingkar dan menghadap keluar.
2.    Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran yang pertama. Dengan kata lain, mereka berdiri menghadap ke dalam dan berpasangan dengan siswa yang berada di lingkaran dalam.
3.    Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan lingkaran besar berbagi informasi. Siswa yang berada di lingkaran kecil yang memulai. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.    Kemudian, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah perputaran jarum jam. Dengan cara ini, masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru untuk berbagi informasi.
5.    Sekarang giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagikan informasi. Demikian seterusnya.

b. Lingkaran kelompok
1.    Satu kelompok berdiri di  lingkaran kecil menghadap keluar. Kelompok yang lain berdiri di lingkaran besar.
2.    Kelompok berputar seperti prosedur lingkaran individu yang dijelaskan di atas dan saling berbagi.

105 Menit


A.     Kegiatan Penutup
B.      

1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Karim dengan perilakupemurah.
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-mumin dengan perilakupemberi rasa aman
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-wakil dengan perilakutawakal
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Matin dengan perilakuketeguhan hati
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Jami dengan perilakuberteman
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Jami dengan perilakuberteman
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-akhir dengan perilakumemilih tujuan
§  Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-adl dengan perilaku adil











NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit


Kegiatan Inti : MARKET PLACE ACTIVITY

















1.      Setiap kelompok mempersiapkan barang yang akan dijual (pokok/sub pokok bahasan hasil pembagian guru, masing-masing kelompok berbeda kontennya), Pada tahap ini siswa mengamati, menanya dan mengeksplorasi pokok/sub pokok bahasan melalui refferensi yang akurat antar sesama kelompok. Satu konten lebih dari satu referensi.
2.      Barang yang dijual harus menarik (bisa menggunkan mind map, peta konsep, desain gambar dll). Siswa mengasosiasi dan mengomunikasikan hasil eksplornya melalui produk seperti mind map, peta konsep, desain gambar dll.
3.      Setiap kelompok dibagi menjadi dua bagian (kelompok penjual dan kelompok pembeli) Kelompok penjual menjelaskan kehebatan produknya secara detail. Kelompok pembeli menilai atau mendengarkan penjelasan dan mencatatnya
4.      Pembeli akan berkunjung ke stan penjual (diberi kesempatan 5-6 menit) Pembeli mengunjungi penjual dan mencatat apa yang dijelaskan penjual.Ini harus dicatat karena pembeli ini harus menjelaskan kepada penjual di kelompoknya.
5.      Pembeli menyampaikan laporan hasil kunjungannya kepada kelompoknya. Pembeli menjelaskan hasil kunjungan kepada penjual dikelompoknya. Pembeli dan penjual menilai mana kelompok terbaik pada saat kunjungan dan dikunjungi.
6.      Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam bentuk lagu, puisi, atau pantun.

105 Menit


C.      Kegiatan Penutup


1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit



I.          Penilaian Hasil Pembelajaran :
a.     TeknikPenilaian:
1.    Sikap                           : Observasidanjurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian:
1.    Sikap                          :lembar observasisikap (Lampiran1)
2.    Pengetahuan            : soal esai (Lampiran 2)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.     Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagisiswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d.    Pengayaan
·      Bagi siswa  yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n(ketuntasan)nn(maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siwa yang mencapai nilai n n(maksimum)diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


Mengetahui :                                                                          Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                       Guru Mata Pelajaran




Zella Nurfititriani, SH, M.Pd                                     Badru Zaman, S.Ag
























LAMPIRAN

1.    Penilaian Sikap
a.     Observasi

No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
aMendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
aMencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

b.    Jurnal

No
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






dst







2.    Pengetahuan (Tes Tulis)
3.    Ketrampilan
a.     Presentasi
RubrikUnjuk Kerja Presentasi
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)

















Pedoman Penskoran

No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah member masukan/saran

(*)diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-2)

Sekolah                                : SMK YZA 2 Kota Bogor
Matapelajaran                   : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                : X/ Ganjil
Materi Pokok                    : Iman kepada Allah SWT (Asmaul Husn: al-Kariim, al-Mu’min, al-
  Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
Alokasi Waktu                  : 3 x 3 Jam Pelajaran (JP)

A.       Kompetensi Inti

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :

1.3
Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir.

1.3.1     Menerima bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
1.3.2     Mengimani bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
1.3.3     Mempertahankan keimanan bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
2.3
Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.

2.3.1    Menampilkan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman  Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
2.3.2    membiasakan diri memiliki keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman  Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
2.3.3    Menjaga kebiasaan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman  Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3
Menganalisis makna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.

3.3.1     Mengartikan Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
3.3.2     Menunjukkan dalil tentang Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
3.3.3     Mengidentifikasi contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3.4     Menguraikan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3.5     Menemukan pesan moral Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir

4.3
Menyajikan hubunganmakna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.

4.3.1     Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Karim dengan perilakupemurah.
4.3.2     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-mumin dengan perilaku pemberi rasa aman
4.3.3     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-wakil dengan perilaku tawakal
4.3.4     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Matin dengan perilaku keteguhan hati
4.3.5     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Jami dengan perilaku berteman
4.3.6     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-Jami dengan perilaku berteman
4.3.7     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-akhir dengan perilaku memilih tujuan
4.3.8     Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-adldengan perilaku adil

C.        Tujuan Pembelajaran :
Melalui pembelajaran menggunakan model make a match, inside outside circle, market place activity, siswa dapat menganalisis makna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir; menyajikan hubunganmakna al-Asma al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil; sehingga siswa meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir; dan Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.


D.       Materi Pembelajaran :
1.    Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdalam berdoa.
2.    Keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal, dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman  Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
3.    Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.    Dalil tentang Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
5.    Makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
6.    Pesan MoralAsmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
7.    Contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
8.    Contoh keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.

E.        Metode Pembelajaran :
1.    Make a Match
2.    Inside Outside Circle
3.    Market Place Activity

F.        Media Pembelajaran :
1.    Laptop dan LCD Projector
2.    Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran


G.       Sumber Belajar :
1.    Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
2.    Buku tajwid
3.    Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
4.    Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
5.    Buku lain yang relevan.
6.    Lingkungan
7.    Perpustakaan

H.       Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.    Mengartikan Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
2.    Menunjukkan dalil tentang Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.







NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15  Menit


Kegiatan Inti: MAKE A MATCH


1

2


3

4





5
6


7
8
Guru menyuruh siswa untuk memahami teks bacaan terkait materi yang akan dipelajari.
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/jawaban.
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya. Misalnya: pemegang kartu yang bertuliskan nama Asmaul Husna akan berpasangan dengan deskripsinya. Berhadapan dengan pasangan dan menjelaskan makna kartu kepada pasangan.
Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
Guru menunjuk pasangan untuk presentasi.
Setiap pasangan mempresentasikan secara bergiliran hasil temuan mereka, sementara pasangan lain memperhatikan dan memberikan tanggapan dan koreksi.
Siswa membuat kesimpulan dari hasil yang dipresentasikan.
Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya.

105 Menit


Kegiatan Penutup


1
2
3

Refleksi
PR menulis QS. Al Hujuraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit






Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§  Mengidentifikasi contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
§  Menguraikan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
§  Menemukan pesan moralAsmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit


Kegiatan Inti : INSIDE OUTSIDE CIRCLE





Menurut  Spencer  Kagan,  ada  lima  langkah utama  dalam  penerapan Model  IOC ini, yaitu:
1.      Langkah pertama, separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar.
2.      Langkah kedua, separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama dan menghadap ke dalam.
3.      Langkah ketiga, kemudian dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.      Langkah keempat, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam, sehingga masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru.
5.      Langkah terakhir, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya.

Anita Lie mengembangkan langkah-langkah yang dirumuskan Kagan. Dalam pengembangan (Anita Lie, 2008:66), siswa dalam kelas dibagi menjadi dua lingkaran, yaitu lingkaran individu dan lingkaran kelompok. Penjelasannya sebagai berikut :

a. Lingkaran individu
1.    Separuh kelas (atau seperempat jika  jumlah  siswa terlalu banyak) berdiri membentuk lingkaran kecil. Mereka berdiri melingkar dan menghadap keluar.
2.    Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran yang pertama. Dengan kata lain, mereka berdiri menghadap ke dalam dan berpasangan dengan siswa yang berada di lingkaran dalam.
3.    Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan lingkaran besar berbagi informasi. Siswa yang berada di lingkaran kecil yang memulai. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.    Kemudian, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah perputaran jarum jam. Dengan cara ini, masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru untuk berbagi informasi.
5.    Sekarang giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagikan informasi. Demikian seterusnya.

b. Lingkaran kelompok
1.    Satu kelompok berdiri di  lingkaran kecil menghadap keluar. Kelompok yang lain berdiri di lingkaran besar.
2.    Kelompok berputar seperti prosedur lingkaran individu yang dijelaskan di atas dan saling berbagi.

105 Menit


A.     Kegiatan Penutup
B.      

1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Karim dengan perilakupemurah.
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-mumin dengan perilakupemberi rasa aman
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-wakil dengan perilakutawakal
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Matin dengan perilakuketeguhan hati
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Jami dengan perilakuberteman
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-Jami dengan perilakuberteman
§  Mempresentasikan hubunganmakna asmaul husna al-akhir dengan perilakumemilih tujuan
§  Mempresentasikan hubungan makna asmaul husna al-adl dengan perilaku adil











NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu


Pendahuluan


1
2
3
4

5

6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran pembelajaran
Melakukan  appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit


Kegiatan Inti : MARKET PLACE ACTIVITY

















1.      Setiap kelompok mempersiapkan barang yang akan dijual (pokok/sub pokok bahasan hasil pembagian guru, masing-masing kelompok berbeda kontennya), Pada tahap ini siswa mengamati, menanya dan mengeksplorasi pokok/sub pokok bahasan melalui refferensi yang akurat antar sesama kelompok. Satu konten lebih dari satu referensi.
2.      Barang yang dijual harus menarik (bisa menggunkan mind map, peta konsep, desain gambar dll). Siswa mengasosiasi dan mengomunikasikan hasil eksplornya melalui produk seperti mind map, peta konsep, desain gambar dll.
3.      Setiap kelompok dibagi menjadi dua bagian (kelompok penjual dan kelompok pembeli) Kelompok penjual menjelaskan kehebatan produknya secara detail. Kelompok pembeli menilai atau mendengarkan penjelasan dan mencatatnya
4.      Pembeli akan berkunjung ke stan penjual (diberi kesempatan 5-6 menit) Pembeli mengunjungi penjual dan mencatat apa yang dijelaskan penjual.Ini harus dicatat karena pembeli ini harus menjelaskan kepada penjual di kelompoknya.
5.      Pembeli menyampaikan laporan hasil kunjungannya kepada kelompoknya. Pembeli menjelaskan hasil kunjungan kepada penjual dikelompoknya. Pembeli dan penjual menilai mana kelompok terbaik pada saat kunjungan dan dikunjungi.
6.      Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam bentuk lagu, puisi, atau pantun.

105 Menit


C.      Kegiatan Penutup


1
2

3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit



I.          Penilaian Hasil Pembelajaran :
a.     TeknikPenilaian:
1.    Sikap                           : Observasidanjurnal
2.    Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.    Keterampilan           : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian:
1.    Sikap                          :lembar observasisikap (Lampiran1)
2.    Pengetahuan            : soal esai (Lampiran 2)
3.    Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.     Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagisiswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d.    Pengayaan
·      Bagi siswa  yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n(ketuntasan)nn(maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siwa yang mencapai nilai n n(maksimum)diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


Mengetahui :                                                                          Bogor, Juli 2018
Kepala Sekolah,                                                                     Guru Mata Pelajaran




Zella Nurfititriani, SH, M.Pd                                           Badru Zaman, S.Ag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...