Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-6)
Sekolah : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi
Pokok : Meneladani Perjuangan Rasulullah saw.di Mekah
Alokasi
Waktu :
2 x 3 Jam Pelajaran (JP)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yangspesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
1.10
|
Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
|
|
1.10.1
Menerima
kebenaran dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah
1.10.2
Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah
1.10.3 Mempertahankan keyakinan kebenaran
dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah
|
2.10
|
Bersikap
tangguh dan rela
berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah
strategi dakwah Nabi di Makkah.
2.10.1 Menunjukkan sikap tangguh dan rela berkorban
menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah
2.10.2 Membiasakan sikap tangguh dan rela berkorban menegakkan
kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah
2.10.3
Menjaga
kebiasaan berikap tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai
’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah
|
3.10
|
Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah.
|
|
3.10.1
Menguraikan substansi dakwah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
3.10.2 Menguraikan dakwah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
3.10.3 Menguraikan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw periode Makkah
3.10.4
Menemukan pesan
moral dari dakwah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
|
4.10
|
Menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi
dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah.
|
|
4.10.1 Mempresentasikan substansi dan strategi dengan
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
4.10.2 Mempresentasikan pesan moral dari dakwah Nabi Muhammad SAW
periode Makkah
|
C.
Tujuan
Pembelajaran :
Melalui pembelajaran menggunakan metode Calender Story, sungai kehidupan
dankencan singkat peserta didik dapat menganalisis substansi, strategi, dan
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah; menyajikan
keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah; sehingga mereka meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
dan Bersikap tangguh dan rela berkorban menegakkan
kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah.
D.
Materi
Pembelajaran :
1. Substansi
dakwah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
2. Strategi dakwah
Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
3. Indikator
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw perode Makkah
E.
Metode
Pembelajaran :
1.
Calender
Story
2.
Sungai
Kehidupan (Time Line)
3.
Inquiry
F.
Media
Pembelajaran :
·
Laptop dan
LCD Projector
·
Power point
dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
G.
Sumber
Belajar :
·
Al-Qur’an dan
terjemahnya, Depag RI
·
Buku teks
siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas X
·
Buku sejarah
·
Buku lain yang relevan.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran:
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:
3.10.1
Menguraikan
substansi dakwah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
3.10.2 Menguraikan dakwah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
3.10.3 Menguraikan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw periode Makkah
3.10.4 Menemukan pesan moral dari dakwah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan
kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta
didik :
|
15 Menit
|
Kegiatan
Inti: Callender
Story, Time Line
|
||
1. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok hetorogen
yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, dengan tingkat kemampuan dan latar
pendidikan yang beragam.
2. Setiap
kelompok diberi tugas untuk membaca sebuah materi tentang Hijrah Nabi Muhamad
ke Madinah dengan sistem silent
reading dan menggunakan berbagai macam literasi yang beragam
3. Dari
naskah yang dibaca oleh setiap kelompok kini saatnya kelompok untuk membuat
buku tentang Hijrah Nabi Muhamad ke
madinah sesuai dengan topik topik yang
dipelajari
4. Buku
cerita yang harus dibuat oleh kelompok susunannya sebagai berikut cover
berisi judul dan nama kelompok yang membuatnya. Cover dibuat dengan lay out
sebagus mungkin sehingga menarik dan membangkitkan selera orang untuk
membacanya. Kemudian halaman kedua berisi cerita atau kisah tentang perjalanan Hijrah Nabi ke Madinah
yang ditulis dengan lengkap dan runtut. Halaman berikutnya berisi tulisan bagaimana Pengalamanmu? Di halaman
ini setiap kelompok menuliskan pengalaman yang menggambarkan peristiwa hijrah
abi Muhamad seperti pegalaman peserta didik meninggalkan hal-hal atau
perbuatan buruk atau perbuatan dosa dan berpindah melakukan hal-hal yang baik
dan bermanfaat dalam kehidupan sehari hari pernah dilakukan oleh beberapa
peserta didik .
5. Halaman
berikutnya setiap kelompok harus membuat peta pikiran atau mind mapping
tentag kisah peristiwa Nabi Muhamad Hijrah. Beberapa hal yang dituliskan
dalam peta konsep tidak lepas dari pertayaan 4 W ( what, why, where, when dan
1 H (how) Peta pikiran atau mind map
disajikan dengan berbagai tampilan yang sangat menarik dan dalam bentuk yang
sangat bervariasi bentuknya bisa gambar pohon, gambar bunga di taman, gambar
teratai di kolam gambar kendaraan, dan sebagainya sesuai dengan imajinasi dan
kreatifitas kelompok
6. Halaman
berikutnya berisi Tokoh Dalam Cerita di halaman ini setiap kelompok harus
menuliskan siapa saja tokoh yang ada dalam cerita atau kisah peristiwa Hijrah
Nabi Muhamad dan setiap tokoh harus
dideskripsikan dengan jelas dan lengkap
7. Halaman
selanjutnya berjudul puisi salah satu tokoh yang ada dalam kisah atau cerita
Nabi Muhamad Hijrah
8. Halaman
selanjutnya ceerita imajinatif yang berisi apa yang akan dilakukan apabila
kalian menjadi salah satu tokoh yang ada dalam kisah tersebut.
9. Halaman
berikutnya berisi tentang siapa tokoh yang paling disukai selain Nabi Muhamad
dalam kisah atau cerita Nabi Muhamad
hijrah. Dan jelaskan alasannya
10. Halaman
selanjutnya berisi tentang refleksi tentang peristiwa hijrah yang harus
diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
11. Halaman
selanjutnya berisi map atau peta perjalanan hijrah Nabi Muhamad
12. Halaman
berikutnya berisi tentang referensi
yang digunakan untuk membuat buku tersebut
13. Halaman
terakhir dikosongkan karena akan diisi oleh berbagai komentar dari
teman-teman yang membaca buku tersebut
14. Langkah
selanjutnya adalah setiap kelompok menukar hasil karya satu kelompok dengan
kelompok lain dan minta kelompok lain untuk memberikan komentar
15. Giliran
setiap kelompok mengadakan presentasi dengan mengujungi kelas lain
|
105 Menit
|
|
A. Kegiatan
Penutup
B.
|
||
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Mempresentasikan substansi dan strategi dengan
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad
saw. di Makkah
2.
Mempresentasikan
pesan moral dari dakwah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan
kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta
didik :
|
15 Menit
|
Kegiatan
Inti: Inquiry
|
||
a)
Orientasi
1)
Guru menjelaskan topik, tujuan, dan hasil
belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik.
2)
Guru menjelaskan pokok-pokok kegiatan yang
harus dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai tujuan. Pada tahap ini
dijelaskan langkah-langkah inkuiri serta tujuan setiap langkah, mulai dari
langkah merumuskan masalah sampai dengan merumuskan kesimpulan.
3) Guru
menjelaskan pentingnya topik dan kegiatan belajar. Hal ini dilakukan dalam
rangka memberikan motivasi belajar siswa.
4)
Membagi peserta didik dalam 4-5 kelompok.
b)
Merumuskan masalah
atau menyajikan pertanyaan
1)
Guru menyajikan pertanyan atau persoalan
yang menantang peserta untuk berpikir dan memecahkannya.
2)
Masalah bisa dituliskan di papan tulis atau
dalam bentuk lembar kerja (worksheet) di kertas.
3) Guru
membimbing peseta didik mengidentifikasi masalah yang disajikan
c) Merumuskan Hipotesis
1) Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk curah pendapat dalam membuat
hipotesis.
2) Guru
membimbing peserta didik dalam menentukan hipotesis yang relevan dengan
permasalahan dan memprioritaskan hipotesis mana yang menjadi prioritas
penyelidikan.
d) Mengumpulkan data
Guru
memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengumpulkan data dan
menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang diajukan.
e) Menguji Hipotesis
Guru
memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk menentukan jawaban yang
dianggap diterima sesuai dengan data atau informasi yang diperoleh
berdasarkan pengumpulan data.
|
105 Menit
|
|
C. Kegiatan
Penutup
D.
|
||
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
I.
Penilain
Hasil Pembelajaran
a.
TeknikPenilaian:
1. Sikap : Observasi dan jurnal
2. Pengetahuan : Tes Tertulis
3. Keterampilan : Unjuk Kerja
b. Bentuk Penilaian:
1. Sikap : lembar
observasisikap (Lampiran1)
2. Pengetahuan : soal esai (Lampiran 2)
3. Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c. Remedial
1. Pembelajaran remedial dilakukan bagisiswa yang
capaian KD nya belum
tuntas
2. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui
remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d. Pengayaan
· Bagisiswa yang sudah
mencapai
nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
1.
Siwa yang
mencapai nilai
n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan
materi
masih dalam
cakupan
KD dengan pendalaman
sebagai
pengetahuan
tambahan
2. Siwa yang mencapai nilai n
n(maksimum)diberikan materi melebihi
cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui
: Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Fitri Nurdiani, SH. M.Pd. Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN
1. Penilaian
Sikap
a.
Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat
bagian dalam mencari
informasi yang diperlukan
b.
Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c. Mendapat
bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat
bagian dalam
mempresentasikan
hasil diskusi
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencariinformasiyangdiperlukan
b. Terlibat
aktif dalam diskusi atau presentasi
c. Terlibat
aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat
aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b.
Jurnal
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek
Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
dst
|
2. Pengetahuan
(Tes Tulis)
3. Ketrampilan
a.
Presentasi
RubrikUnjuk Kerja
Presentasi
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Kemampuan
Bertanya (*)
|
Kemampuan
Menjawab/
Argumentasi
(*)
|
Memberi
masukan/Saran (*)
|
Nilai
Keterampilan (**)
|
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman
Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3,
apabila sering bertanya
Skor 2,
apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah
bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban
benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban
benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2,
apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban
tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu memberi
masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi
masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang
memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah
member masukan/saran
|
(*)diisi sesuai dengan perolehan
skor
sesuai dengan
pedoman penskoran
(**) nilai
keterampilan
diperoleh dari penghitungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.