Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Materi Pokok : Sejarah Perkembangan Islam
di Indonesia
Alokasi Waktu :
2X 3 Jam Pelajaran (JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.9
|
Meyakini bahwa
dakwah dengan cara damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia
|
1.9.1
Menerima kebenaran bahwa dakwah dengan cara damai,
Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia
1.9.2 Mengakui kebenaran bahwa dakwah dengan cara
damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia
|
|
2.9
|
Menjunjung tinggi
kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
|
2.9.1
Menampilkan sikap menjunjung tinggi kerukunan dan
kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
2.9.2
Membiasakan sikap kerukunan dan kedamaian dalam
kehidupan sehari-hari
2.9.3
Menjaga kebiasaan rukun dan damai dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
3.9
|
Menganalisis dan mengevaluasi
sejarah perkembangan Islam di Indonesia
|
3.9.1
Menelusuri sejarah perkembangan Islam di Indonesia
3.9.2
Menelaah sejarah perkembangan Islam di Indonesia
3.9.3
Mengemukakan sejarah perkembangan Islam di Indonesia
3.9.4
Menyimpulkan sejarah perkembangan Islam di Indonesia
|
|
4.9
|
Menyajikan
nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di
Indonesia
|
4.9.1
Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam
sejarah perkembangan Islam di Indonesia
4.9.2
Mendemonstrasikan nilai-nilai keteladanan
tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
4.9.3
Mencontoh
nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari
|
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui
model pembelajaran Calender Story dan Pesta Topeng peserta didik
dapat menganalisis dan mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia;
menyajikan
nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di
Indonesia, sehingga meyakini bahwa dakwah
dengan cara damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia dan menjunjung tinggi
kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
D. Materi
Pembelajaran
·
Kebenaran bahwa dakwah dengan cara damai, Islam
diterima oleh masyarakat di Indonesia
·
Kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
·
Sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·
Nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah
perkembangan Islam di Indonesia
E. Model/Metode Pembelajaran
·
Calender Story
·
Pesta Topeng
F.
Media Pembelajaran
·
Laptop dan LCD Projector
·
Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran
·
Kertas karton
·
Peta atau globe
·
White board
·
Spidol
·
Penghapus, dll.
G. Sumber
Belajar
·
Al-Quran dan terjemahnya Depag RI
·
Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
·
Buku lain yang relevan
·
Lingkungan
·
Perpustakaan
·
Guru
·
Tokoh sejarah
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menelusuri sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·
Menelaah sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·
Mengemukakan sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·
Menyimpulkan sejarah perkembangan Islam di Indonesia
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek
kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Melakukan apersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti: Calender Story
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
15
16
|
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok hetorogen yang terdiri dari laki-laki
dan perempuan, dengan tingkat kemampuan dan latar pendidikan yang beragam
Setiap kelompok diberi tugas untuk membaca sebuah
materi tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia dengan sistem silent reading dan menggunakan berbagai macam literasi yang
beragam
Dari naskah yang dibaca oleh setiap kelompok kini
saatnya kelompok untuk membuat buku
tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia sesuai dengan topik topik
yang dipelajari
Buku cerita yang harus dibuat oleh kelompok
susunannya sebagai berikut cover berisi judul dan nama kelompok yang
membuatnya. Cover dibuat dengan lay out
sebagus mungkin sehingga menarik dan membangkitkan selera orang untuk
membacanya. Kemudian halaman kedua berisi cerita atau kisah tentang sejarah perkembangan Islam di
Indonesia yang ditulis dengan lengkap
dan runtut. Halaman berikutnya berisi
tulisan bagaimana pengalamanmu? Di halaman ini setiap kelompok menuliskan
pengalaman yang menggambarkan peristiwa sejarah perkembangan Islam di
Indonesia seperti pegalaman peserta
didik mengimplementasikan
nilai-nilai perjuangan para tokoh.
Halaman berikutnya setiap kelompok harus membuat
peta pikiran atau mind mapping
tentag sejarah
perkembangan Islam di Indonesia.
Beberapa hal yang dituliskan dalam peta konsep tidak lepas dari pertayaan 4 W
(what, why, where, when, who) dan 1 H (how). Peta pikiran atau mind map disajikan dengan berbagai tampilan yang
sangat menarik dan dalam bentuk yang sangat bervariasi bentuknya bisa gambar
pohon, gambar bunga di taman, gambar teratai di kolam gambar kendaraan, dan
sebagainya sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas kelompok
Halaman berikutnya berisi tokoh dalam cerita di halaman ini setiap kelompok harus menuliskan siapa saja
tokoh yang ada dalam cerita atau kisah peristiwa sejarah perkembangan Islam di
Indonesia dan setiap tokoh harus
dideskripsikan dengan jelas dan lengkap
Halaman selanjutnya berjudul puisi salah satu tokoh
yang ada dalam kisah atau cerita sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Halaman selanjutnya ceerita imajinatif yang berisi
apa yang akan dilakukan apabila kalian menjadi salah satu tokoh yang ada
dalam kisah tersebut
Halaman berikutnya berisi tentang siapa tokoh yang
paling disukai dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Halaman selanjutnya berisi tentang refleksi tentang
peristiwa kemajuan peradaban Islam dunia yang
harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
Halaman selanjutnya berisi map atau peta perjalanan para penyebar Islam
sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Halaman berikutnya
berisi tentang referensi yang digunakan untuk membuat buku tersebut
Halaman terakhir dikosongkan karena akan diisi oleh
berbagai komentar dari teman-teman yang membaca buku tersebut
Langkah selanjutnya adalah setiap kelompok menukar
hasil karya satu kelompok dengan kelompok lain dan minta kelompok lain untuk
memberikan komentar
Giliran setiap kelompok mengadakan presentasi dengan
mengujungi kelas lain
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan dating yaitu demontrasi tokoh-tokoh perjuang Islam sejarah perkembangan Islam
di Indonesia
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam
sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·
Mendemonstrasikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh
dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·
Mencontoh
nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek
kerapihan berpakain, kebersihan kelas
Meminta siswa memimpin doa dan kultum
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Melakukan apersepsi
Memberi motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti: Pesta
Topeng
|
|
1
2
3
4
5
|
Peserta didik dibagi
menjadi 4-6 kelompok
Guru membagikan
nama-nama tokoh sejarah
Setiap peserta didik
mendalami semua karakter, pemikiran, biografi dan karya-karya tokoh sejarah
Peserta didik membuat
topeng sesuai dengan nama tokoh sejarah
Setiap kelompok
presentasi sesuai dengan nama tohoh sejarah
|
105 Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datangyaitu penilaian harian tertulis
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
a. TeknikPenilaian
1.
Sikap : Observasi
dan jurnal
2.
Pengetahuan : Tes Tertulis
3.
Keterampilan : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Penilaian
1.
Sikap : lembar observasi sikap (Lampiran)
2.
Pengetahuan : Soal PG
dan (Lampiran)
3.
Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran)
a. Remedial
1. Pembelajaran remedial dilakukan bagi
siswa yang
capaian KD nya belum
tuntas
2. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui
remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
b. Pengayaan
· Bagi siswa yang sudah
mencapai
nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
1. Siswa yang mencapai nilai
n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan
materi
masih dalam
cakupan
KD dengan pendalaman
sebagai
pengetahuan
tambahan
2.
Siswa yang mencapai nilai n
n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui
: Bogor,
Juli 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Saepuddin Al-Malik, M.Pd.I. Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN 1
PENILAIAN
A. Penilaian Sikap
a.
Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat
bagian dalam mencari
informasi yang diperlukan
b.
Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c. Mendapat
bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat
bagian dalam
mempresentasikan
hasil diskusi
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari informasi
yang diperlukan
b. Terlibat
aktif dalam diskusi atau presentasi
c. Terlibat
aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat
aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b.
Jurnal
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
B. Pengetahuan
a. Tes Tulis
C. Ketrampilan
a. Presentasi
Kelompok Model
Rubrik Unjuk Kerja
Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya (*)
|
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberi masukan/
Saran (*)
|
Nilai Keterampilan (**)
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman
Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang
bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar,
tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
|
(*) diisi sesuai dengan perolehan
skor
sesuai dengan
pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan