Sponsor

Kamis, 02 Mei 2019

RPP 1.1 Kls XI_GJL_2013_PAI_TAAT ATURAN


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP KE-1)

Sekolah                                  : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                     : XI/Ganjil
Materi Pokok                        : Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.
Alokasi Waktu                     : 5 x 3 Jam Pelajaran (JP)

A.                  KOMPETENSI INTI
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang pesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
















B.                  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :

1.1
Meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama.
1.1.1  Menerima bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
1.1.2  Meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
1.1.3  Menunjukkan  taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
2.1
Menaati aturan, tanggung jawab, berkompetisi dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105serta Hadis yang terkait.
2.1.1   Mematuhi taat pada aturan, tanggung jawab, berkompetisi dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait.
2.1.2    Membiasakan taat pada aturan, tanggung jawab, berkompetisi dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait.
2.1.3  Mempertahankan kebiasaan taat pada aturan, tanggung jawab, berkompetisi dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait.
3.1
Menganalisis makna Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105, serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
3.1.1       Menulis Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan tartil serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja
3.1.2       Menjelaskan  kaidah tajwid dari Q.S. Al-Maida/ 5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105
3.1.3      Mengemukakan kandungan Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja
3.1.4       Mengartikan Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan tartil serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja
4.1.1
Membaca Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
·        Membaca Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105dengan fasih dan lancar.
·       Membaca Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 dengan fasih dan lancar
·       Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 dengan fasih dan lancar
4.1.3
Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.
·        Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.





























C.        Tujuan Pembelajaran :
Melalui  model pembelajaran discoveri learning peserta didik  mampu  : Menganalisis makna Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105, serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja, Membaca, Mendemonstrasikan hafalan,serta Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf. sehingga peserta didik Meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama dan Menaati aturan, tanggung jawab, berkompetisi dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105serta Hadis yang terkait.

D.   Materi Pembelajaran :
Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan tartil serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja

E.        Metode Pembelajaran
1.     Braiding Method
2.     Kepala Bernomor
3.     Drill
4.     Gallery Walk
5.     Performance

F.         Media Pembelajaran
6.     Laptop dan LCD Projector
7.     Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran

G.        Sumber Belajar
8.     Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
9.     Buku tajwid
10. Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XI
11. Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
12. Buku lain yang relevan.
13. Perpustakaan
H.        Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:

3.1.5      Menjelaskan  kaidah tajwid dari Q.S. Al-Maidah/ 5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105
4.1.1.1 Membaca Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik
15 Menit

Kegiatan Inti : KEPALA BERNOMOR

1
2
3
4

5

6

7
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang.
Diskusi kelompok untuk mengisi LK dibuku masing-masing .
Setiap anggota kelompok diberi nomor (kepala bernomor) 
Untuk presentasi tiap kelompok diundi  nomornya yang harus maju ke muka kelas.
Nomor yang terundi dari satu kelompok maju ke muka kelas dan mengambil undian materi yang harus dijelaskannya.
Demikian seterusnya secara bergantian menjelaskan hukum bacaan sesuai dengan undian.
Peserta didik secara bersama-sama membaca Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 dan 12 dengan fasih.
105 Menit

A.      Kegiatan Penutup

1
2

3

Refleksi
PR menulis Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadits terkait.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit






























Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.     Mengartikan Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan tartil serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja
2.     Menterjemahkan  Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan tartil serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
 Meminta siswa memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit

B.      Kegiatan Inti : DRILL

1

2

3

4


5

6
Peserta didik menulis arti kata QS.Al Hujraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait dengan diskusi kelompok.
Pendidik bersama-sama peserta didik membahas arti kata QS.Al Hujraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait
Peserta didik latihan mengartikan perkata .S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 Serta hadits terkait.
Secara berkelompok peserta didik saling mengetes kemampuan menyebutkan arti .S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits terkait dengan mengisi format penilaian yang telah disediakan.
Beberapa perwakilan peserta didik mendemontrasikan menyebutkan arti kata .S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
Beberapa peserta didik menerjemahkan .S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105
105 Menit

C.      Kegiatan Penutup

1
2

3

Refleksi
Mencari tafsir .S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dari kitab-kitab tafsir.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit


Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.       Menguraikan kandungan   Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
2.       Menguraikan kandungan  Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
3.       Menguraikan kandungan  Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerjadengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
4.       Menyimpulkan kandungan  Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
5.       Menyimpulkan kandungan  Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
6.       Menyimpulkan kandungan  Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerjadengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
7.       Menemukan pesan tersirat  QQ.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
8.       Menemukan pesantersirat Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
9.       Menemukan pesantersirat Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerjadengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi

NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit

D.      Kegiatan Inti : GALLERY WALK

1
2





3
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang.
Diskusi kelompok untuk membuat peta konsep di kartoon yang telah disediakan tentang kandungan  Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja) sesuai dengan pesan Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja), serta hadis terkait
Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
90 Menit

E.      Kegiatan Penutup

1
2

3
4
Refleksi
Tugas menghapal Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
15  Menit

Pertemuan keempat
Indikator Pencapaian Kompetensi:
n  Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar


NO
Kegiatan  Pembelajaran
Alokasi Waktu

Pendauluan

1
2
3
4
5
6
7
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
15 Menit

Kegiatan Inti : PERFORMANCE



Peserta didik secara individu mendemontrasikan hapalan QQ.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105
105 Menit

Kegiatan Penutup

1
2




3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang  yaitu ulangan tertulis tentang pengertian kontrol kontrol diri, baik sangka dan persaudaraan, hukum bacaan Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105, arti kata, kandungan Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits terkait.
Doa dan penutup
15  Menit

I.          Penilaian Proses dan Hasil Belajar
b.     Teknik Penilaian:
1.     Sikap                        : Observasi dan jurnal
2.     Pengetahuan            : Tes Tertulis
3.     Keterampilan           : Unjuk Kerja
c.     Bentuk Penilaian:
1.     Sikap                        : lembar observasi sikap (Lampiran1)
2.     Pengetahuan            : soal esai (Lampiran 2)
3.     Keterampilan           : rubrik presentasi (Lampiran 3)
d.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.    Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial    teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
e.     Pengayaan
·      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1.    Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.    Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran




Zella Fitri Nurdiani, SH. M.Pd.                                           Badru Zaman, S.Ag



















































LAMPIRAN

1.     Penilaian Sikap
a.     Observasi
No
Indikator
Kriteria
Keterangan
1
Kerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.   Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.    Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d.   Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

2
Disiplin
a.  Mencari informasi yang diperlukan
b.   Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.    Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d.   Terlibat aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi.
1.  Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2. Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3. Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4. Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang


b.     Jurnal

No
Waktu
Nama
Kejadian/Prilaku
Aspek Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






dst






2.     Pengetahuan (Tes Tulis) :
3.     Ketrampilan
a.     Presentasi
RubrikUnjuk Kerja Presentasi
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi masukan/Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)













Pedoman Penskoran
No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan menjawab/argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3
Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah member masukan/saran
 (*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan

RPP 1.11 Kls XII_GNP_2013_PAI_KEMUNDURAN ISLAM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah                         : SMK YZA 2 Kota Bogor Mata P elajaran             : Pen...