Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP
KE-1)
Sekolah : SMK YZA 2 Kota Bogor
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
XI/Ganjil
Materi Pokok : Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.
Alokasi Waktu : 5 x 3 Jam Pelajaran (JP)
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang pesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK) :
1.1
|
Meyakini bahwa taat pada aturan,
kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama.
1.1.1 Menerima bahwa taat pada aturan, kompetisi
dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
1.1.2 Meyakini
bahwa taat
pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
1.1.3 Menunjukkan taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan,
dan etos kerja sebagai perintah agama
|
2.1
|
Menaati aturan, tanggung jawab,
berkompetisi dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105serta Hadis yang
terkait.
2.1.1 Mematuhi taat
pada aturan, tanggung
jawab, berkompetisi dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9:
105 serta Hadis yang terkait.
2.1.2 Membiasakan taat pada aturan, tanggung jawab, berkompetisi dalam kebaikan dan
kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait.
2.1.3 Mempertahankan kebiasaan
taat pada aturan, tanggung jawab, berkompetisi dalam kebaikan dan kerja keras
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait.
|
3.1
|
Menganalisis makna Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105, serta hadis
tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
3.1.1
Menulis Q.S.
Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan tartil
serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja
3.1.2
Menjelaskan kaidah tajwid dari Q.S. Al-Maida/ 5: 48,
Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105
3.1.3
Mengemukakan
kandungan Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105
serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja
3.1.4 Mengartikan Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan
Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan tartil serta hadits tentang kompetensi dalam
kebaikan, ketaatan dan etos kerja
|
4.1.1
|
Membaca Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf.
·
Membaca Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf
|
4.1.2
|
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105dengan
fasih dan lancar.
·
Membaca Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4:
59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 dengan fasih dan lancar
·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al Maidah/5:
48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 dengan fasih
dan lancar
|
4.1.3
|
Menyajikan keterkaitan antara
perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan
Allah sesuai dengan pesan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.
·
Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi
dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S.
al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9:
105.
|
C.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui
model pembelajaran discoveri learning peserta didik mampu
: Menganalisis makna Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah
/9: 105, serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan
etos kerja, Membaca, Mendemonstrasikan hafalan,serta Menyajikan keterkaitan
antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan
Allah sesuai dengan pesan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah
/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf. sehingga peserta didik Meyakini
bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai
perintah agama dan Menaati
aturan, tanggung jawab, berkompetisi dalam kebaikan dan kerja keras sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah
/9: 105serta Hadis yang terkait.
D. Materi Pembelajaran :
Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59
dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan tartil serta hadits tentang kompetensi dalam
kebaikan, ketaatan dan etos kerja
E.
Metode Pembelajaran
1. Braiding Method
2. Kepala Bernomor
3. Drill
4. Gallery Walk
5. Performance
F.
Media Pembelajaran
6. Laptop dan LCD Projector
7. Power point dan media audio visual
lainnya sesuai materi pembelajaran
G.
Sumber Belajar
8. Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag
RI
9. Buku tajwid
10. Buku teks siswa PAI dan Budi
Pekerti SMA Kelas XI
11. Kitab Tafsir (al-Maraghi,
Jalalain, dll).
12. Buku lain yang relevan.
13. Perpustakaan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi:
3.1.5
Menjelaskan kaidah tajwid dari Q.S. Al-Maidah/ 5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S.
At-Taubah/9: 105
4.1.1.1 Membaca Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi
Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas.
Meminta siswa memimpin doa dan kisah
inspiratif
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaranpembelajaran
Melakukan
appersepsi:
Memberi
motivasi kepada peserta didik
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti : KEPALA BERNOMOR
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing 5-6 orang.
Diskusi
kelompok untuk mengisi LK dibuku masing-masing .
Setiap
anggota kelompok diberi nomor (kepala bernomor)
Untuk
presentasi tiap kelompok diundi
nomornya yang harus maju ke muka kelas.
Nomor
yang terundi dari satu kelompok maju ke muka kelas dan mengambil undian
materi yang harus dijelaskannya.
Demikian
seterusnya secara bergantian menjelaskan hukum bacaan sesuai dengan undian.
Peserta
didik secara bersama-sama membaca Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105 dan 12 dengan fasih.
|
105 Menit
|
|
A.
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
PR
menulis Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadits terkait.
Menyampaikan
rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa
dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Kedua
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.
Mengartikan Q.S.
Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan tartil
serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja
2.
Menterjemahkan Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan
tartil serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain,
kebersihan kelas.
Meminta siswa
memimpin doa dan kisah inspiratif
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
|
B.
Kegiatan Inti : DRILL
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Peserta didik menulis arti kata QS.Al Hujraat ayat 10 dan 12
serta hadits terkait dengan diskusi kelompok.
Pendidik bersama-sama peserta didik membahas arti kata QS.Al
Hujraat ayat 10 dan 12 serta hadits terkait
Peserta didik latihan mengartikan perkata .S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S.
At-Taubah/9: 105 Serta hadits terkait.
Secara berkelompok peserta didik saling mengetes kemampuan
menyebutkan arti .S. Al-Maidah/5:
48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits terkait
dengan mengisi format penilaian yang telah disediakan.
Beberapa perwakilan peserta didik mendemontrasikan
menyebutkan arti kata .S.
Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
Beberapa peserta didik menerjemahkan .S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S.
At-Taubah/9: 105
|
105 Menit
|
|
C.
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Mencari tafsir .S.
Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dari
kitab-kitab tafsir.
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan
datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan Ketiga
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.
Menguraikan kandungan Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan
Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan
dan etos kerja dengan
merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
2.
Menguraikan kandungan Q.S.
Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits
tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja dengan merujuk pada tafsir Ibnu
Katsir dan Al-Maraghi
3.
Menguraikan kandungan Q.S.
Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits
tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerjadengan merujuk pada tafsir Ibnu
Katsir dan Al-Maraghi
4.
Menyimpulkan kandungan Q.S.
Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits
tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja dengan merujuk pada tafsir Ibnu
Katsir dan Al-Maraghi
5.
Menyimpulkan kandungan Q.S.
Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits
tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja dengan merujuk pada tafsir Ibnu
Katsir dan Al-Maraghi
6.
Menyimpulkan kandungan Q.S.
Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits
tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerjadengan merujuk pada tafsir Ibnu
Katsir dan Al-Maraghi
7.
Menemukan pesan tersirat QQ.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105
serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja dengan merujuk pada tafsir Ibnu
Katsir dan Al-Maraghi
8.
Menemukan pesantersirat Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S.
An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam
kebaikan, ketaatan dan etos kerja) dengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
9.
Menemukan pesantersirat Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S.
An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits tentang kompetensi dalam
kebaikan, ketaatan dan etos kerjadengan merujuk pada tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
|
D.
Kegiatan Inti : GALLERY WALK
|
|
1
2
3
|
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok,
masing-masing 5-6 orang.
Diskusi kelompok untuk membuat peta konsep di kartoon yang
telah disediakan tentang kandungan
Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105
serta hadits tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja) sesuai dengan pesan Q.S.
Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 serta hadits
tentang kompetensi dalam kebaikan, ketaatan dan etos kerja), serta hadis terkait
Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
|
90 Menit
|
|
E.
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
4
|
Refleksi
Tugas menghapal Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan
Q.S. At-Taubah/9: 105
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan
datang
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan keempat
Indikator Pencapaian Kompetensi:
n
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5: 48,
Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendauluan
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakain, kebersihan kelas
minta siswa memimpin do’a dan kisah inspiratif.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan
pembelajaranpembelajaran
Melakukan appersepsi:
Memberi motivasi kepada peserta didik :
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti : PERFORMANCE
|
|
|
Peserta didik secara individu mendemontrasikan hapalan QQ.S.
Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105
|
105 Menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan
datang yaitu ulangan tertulis tentang
pengertian kontrol kontrol diri, baik sangka dan persaudaraan, hukum bacaan
Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S. At-Taubah/9: 105, arti
kata, kandungan Q.S. Al-Maidah/5: 48, Q.S. An-Nisa/4: 59 dan Q.S.
At-Taubah/9: 105 serta hadits terkait.
Doa dan penutup
|
15 Menit
|
I.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
b.
Teknik Penilaian:
1.
Sikap : Observasi dan jurnal
2. Pengetahuan : Tes Tertulis
3. Keterampilan : Unjuk Kerja
c. Bentuk
Penilaian:
1. Sikap : lembar observasi sikap (Lampiran1)
2. Pengetahuan : soal esai (Lampiran 2)
3. Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran 3)
d.
Remedial
1. Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.
Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial
teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan
tes.
e.
Pengayaan
· Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran
pengayaan sebagai berikut:
1.
Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) nn (maksimum) diberikan materi masih
dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2.
Siswa yang mencapai nilai n n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman
sebagai pengetahuan tambahan.
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Zella Fitri Nurdiani, SH. M.Pd. Badru
Zaman, S.Ag
LAMPIRAN
1.
Penilaian Sikap
a.
Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Kerjasama
|
a. Mendapat
bagian dalam mencari
informasi yang diperlukan
b.
Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c. Mendapat bagian dalam menyusun kesimpulan
d. Mendapat bagian dalam
mempresentasikan hasil diskusi
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
2
|
Disiplin
|
a. Mencari informasi
yang diperlukan
b. Terlibat aktif dalam diskusi atau
presentasi
c. Terlibat aktif dalam menyusun kesimpulan
d. Terlibat aktif dalam mempresentasikan
hasil diskusi.
|
1.
Jika 4 kriteria
muncul maka
diberi sebutan
selalu
2. Jika
3 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
sering
3. Jika
2 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
kadang-
kadang
4. Jika
1 kriteria muncul
maka diberi
sebutan
jarang
|
b.
Jurnal
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Prilaku
|
Aspek Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan (Tes Tulis) :
3. Ketrampilan
a.
Presentasi
RubrikUnjuk Kerja
Presentasi
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya (*)
|
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
|
Memberi masukan/Saran (*)
|
Nilai Keterampilan (**)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman Penskoran
|
1
|
Kemampuan
bertanya
|
Skor
4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor
1, apabila tidak pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan
menjawab/argumentasi
|
Skor
4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor
3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak
jelas
Skor
1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan
memberi masukan
|
Skor
4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor
3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor
2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor
1, apabila tidak pernah member masukan/saran
|
(*) diisi sesuai dengan perolehan
skor
sesuai dengan
pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan
diperoleh dari penghitungan